PENGERTIAN PRESS RELEASE & CARA MEMBUATNYA
Pengertian Press Release
Press release adalah “pseudonew story” yang dikirim kepada media untuk dimuat, berisi kisah berita yang menarik perhatian khalayak. Dalam praktik press release bisa dilengkapi dengan penulisan backgrounders, yang bertujuan untuk memberikan kelengkapan informasi press release. Press release atau News Release adalah sebuah berita atau informasi yang disusun oleh sebuah organisasi yang menggambarkan kegiatannya
Fungsi Press Release
Fungsi : Sebagai wahana informasi tentang kegiatan public relations yang dikirim ke media dengan maksud agar informasi yang ada dalam press release dimuat dalam bentuk berita oleh media. Jadi, pada dasarnya press release merupakan berita tentang perusahaan (individu, kegiatan, pelayanan atau produk) berita tersebut dikirimkan atau disiarkan melalui media, sehingga disebut juga siaran pers atau news release. Praktisi PR, Daniel Janal mengatakan bahwa “press release adalah alat untuk meyakinkan reporter untuk menceritakan kepada pembacanya tentang perusahaan anda”
![]() |
Pengertian Press Release & Cara Membuatnya |
- Contoh Press Release Launching Produk Baru
- Contoh Press Release Launching SmartPhone
- Contoh Proposal Launching Produk + Press Release
Jenis-jenis press release
Berdasarkan pada Penekanan Topik (keys-issue) yang ditampilkan, menurut Thomas Bivins :- Basic Publicity Release
- Product Release
- Financial Release
- Product Release
- Executive Statement Release
- Feature Article
- Release tidak mengandung news value
- Teknik penulisan release yang jelek
- Release salah media dan salah sasaran
- Terlalu sering mengirim release
- PR gagal dalam membuat “beda” dengan kompetitor
- Release terkesan sebagai alat promosi langsung
- Faktor penulisan ( kaidah jurnalistik)
- Kualitas hubungan media (Press Relations)
TIPS PENGERTIAN PRESS RELEASE & CARA MEMBUATNYA
Teknik Praktis Menulis Press Release
- Menentukan satu tema (keys issue atau News-values)
- Buat sesuai pola piramida terbalik
- Release harus informatif
- Hindari pesan-pesan menjual
- Paragraf singkat
- Format: jangan tulis tangan
- Identifikasi
- Tanggal Release
- Waktu pengiriman
- Pilih media pengiriman yang tepat
- Pilih aksesori yang menarik
- Undang media
- Tulis ekslusif
- Beri tanda diakhir Release
- Jangan salah ketik
- Pertimbangkan rumus tujuh unsur (SOLAADS)
Pengertian Press Release & Cara Membuatnya - Solaads |
Format penulisan Press Release
- Gunakan kertas putih ukuran 8 ½ x 11 inchi atau kertas HVS (Legal), Quarto (Letter), dan (A4)
- Identifikasi pengirim, alamat dan nomor telepon di pojok kiri atas
- Cantumkan kata “segera” di bawah identitas pengirim jika bermaksud menerbitkan press release dengan segera di edisi berikutnya.
- Beri ruang 2 spasi sebelum dan 4 spasi setelah judul (headline) kemudian isi materi (teks) Headline harus merujuk pada ide pokok
- Mulai teks dengan ringkasan informasi (lead) penting yang relevan dengan isu yang dihadapi
- Gunakan margin paling tidak satu inchi disetiap sisi dan 2 spasi untuk setiap baris.
- Jangan memisahkan suatu paragraf dari satu halaman ke halaman berikutnya.
- Gunakan nomor halaman dibagian atas halaman
- Akhir press release berisi boilerplate
- Akhiri press release dengan tanda ‘###’ untuk memberitahu editor media massa bahwa press release sudah berakhir
Peletakan Berita
Pengertian Press Release & Cara Membuatnya - Peletakan Berita |
" TIPS PENGERTIAN PRESS RELEASE & CARA MEMBUATNYA "
Posting Komentar