APA ITU ANALISIS PEST?
PENGERTIAN ANALISIS PEST & CONTOHNYA

PEST da;am dunia ke-PRan memasng sudah tidak asing lagi untuk teman-teman yang saat ini sedang belajar ilmu Public relations atau lebih tepatnya Strategi Kampanye Public Relations tentu diharuskan mengerti yang namanya Analisis Pest. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang apa itu Analisi Pest untuk tambahan mengenai Gambaran dari penerapan Analisis Pest ini silahkan baca : Analisis Situasi Perencanaan Kampanye Narkoba dan jika sudah mari kita masuk ke pembahasan.

PENGERTIAN ANALISIS PEST


Apa itu PEST, Pest adalah sebuah singkatan dari Politik, Ekonomi, Sosial & Teknologi yang biasanya dilakikan analisis mengunakan metode ini ketika ingin melakukan sebuah kampanye ataupun kegiatan PR lainya. Analisis PEST membagi pembahasannya pada empat area yang secara keseluruhan dapat mempengaruhi atau melatar belakangi kampanye yaitu Politik, ekonomi, social dan teknologi. 

  1. Area politik meliputi : berbagai peraturan pemerintah yang berhubungan dengan program dan pesan kampanye, serta keadaan politik atau pemerintahan.
  2. Area ekonomi, meliputi; kondisi nilai tukar mata uang, inflasi, keadaan ekonomi dunia serta harga berbagai sumber daya.
  3. Area sosial, meliputi ; gaya hidup, tingkat pendidikan, pola hidup, perilaku sosial, dan perkembangan populasi.
  4. Area Teknologi, meliputi; berbagai perubahan teknologi yang berkaitan dengan program kampanye.

Bahwa keempat area tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain. Perubahan kondisi satu area akan memberikan dampak perubahan pada area yang lainnya. Kondisi masing-masing area akan berbeda-beda bagi setiap organisasi, industri, atau program yang dianalisis. Analisis PEST, membantu mengindentifikasi faktor penggerak terjadinya perubahan yang bersifat jangka panjang. 

Contoh : Pasar-pasar tertentu menjadi lebih global dan sangat penting untuk mengenali faktor-faktor
yang terlibat didalamnya seperti penggunaan teknologi.
Proses analisis PEST juga dapat mengidentifikasi bagaimana pengaruh eksternal membawa akibat yang berbeda bagi organisasi. 
Contoh; Perusahaan yang secara tradisonal mendapatkan bahan baku dari beberapa negara akan lebih tahan terhadap krisis politik dibandingkan dengan perusahaan yang mendapatkan bahan baku dari satu pemasok yang murah, yang berlokasi di satu negara yang tidak stabil kondisi politiknya

CONTOH ANALISIS PEST

Berikut ini adalah sebuah contoh Analisi Pest berdasarkan Situasi dengat tujuan Perencanaan Kampanye Sosial Penanggulangan narkoba yang dilakukan oleh BKNN/BNN :

01.  Analisis PEST
v  Politik
  ü  Analisi Politik di Indonseia saat ini cukup stabil dan tidak memberi dampak pada Organisasi dalam melakukan kegiatan kampanye
  ü  Sebagai organisasi non profit milik negara, situasi politik setabil seperti ini dapat memberi manfaat positif bagi BKNN
v  Ekonomi
  ü  Kondisi ekonomi Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan dikarenakan adanya sistem Amnesty Pajak namun ini tidak memberi jaminan akan terus bertahan
  ü  Kondisi ekonomi seperti ini tidak meberi dampak pada Organisasi non profit seperti BKNN
v  Sosial
  ü  Masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami proses globalisasi dikeranakan invasi teknologi dan ini dapat berpengaruh terhadap perusahaan karena dapat membawa dampak pada penggunaan narkoba yang akan semakin marak karena efek Globalisasi yang semakin meluas.
v  Teknology
  ü  Teknologi di Indonesia saat ini berkembang dengan sangat cepat dikarenakan penggunaan smartphone dan juga sosial media yang makin marak.
  ü  Ini dapat berpengaruh terhadap organisasi karena dapat menjadikan peredaran narkoba akan lebih marak dan sulit dikendalikan

Nah itu tadi adalah sebuah contoh dan juga pengertian dari Analisis PEST semoga dapat memberi manfaat bagi teman-teman semua. Cukup sekian dan salam .


" Apa itu pest? - Pengertian Analisis PEST & Contohnya "

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama