KOMUNITAS ON LINE & MANFAATNYA BAGI PUBLIC RELATIONS


Komunitas Online - Di zaman yang serb online seperti ini sangat mudah sekali kita temui Komunitas Online yang memiliki beragam topik yang beragam pula. Namun komunitas online ini juga membawa era baru pula bagi perkembangan Dunia Public Relation, dimana komunitas-komunitas ini juga dapat membawa manfaat bagi kegiatan seorang praktisi humas. 

komunitas online, online community
Komunitas online

PENGERTIAN KOMUNITAS ONLINE

  • Manusia adalah makhluk hidup yang suka berkelompok – kelompok dan hidup serta bergaul secara bergerombol.
  • Sebagai makhluk sosial manusia membutuhkan interaksi dan informasi dalam menjalani kehiudpannya.
  • Teknologi internet telah mempermudah dan mempercepat berkembangnya komunitas on-line yang sering juga disebut online forum, newsgroup, atau doscusion group.
  • Komunitas on line bermula dari kumpul-kumpul para akedemisi si dunia maya untuk saling bertukar informasi atau riset yang mereka minati bersama.
Komunitas maya atau disebut newsgroup ini bersifat hierarki dan disusun berdasarkan pokok kategori.setiap newsgroup mencakup berbagai topik. Semua pengunjung yang ingin bergabung dengan komunitas online ini dapat mengirimkan pesan mereka asalkan mereka sudah bergabung. Ada tiga jenis pengunjung newsgroups yaitu:
  1. Pengunjung yang bertanya atau meminta saran.
  2. Pengunjung yang siap menjawab atau memberi saran
  3. Pengunjung yang hanya mengamat-amati dan membaca tanpa ikut nimbrung. 

Komunitas maya tempat ideal untuk membangun merek


Bagi seorang PR komunitas online merupakan tempat yang baik untuk mengindentifikasi pesaing maupun trend terbaru atau industri yang sifatnya complimentary dengan produk yang kita tawarkan, tip dan info berharga dari para pakar dan sekaligus untuk meriset pasar.

Kategori newsgroup yang utama terdiri dari :
  • alt = Diskusi seputar topik-topik yang bervariasi
  • biz = Diskusi seputar bisnis
  • comp = Diskusi seputar komputer
  • humanities = Diskusi seputar kesenian, literatur, filsafat
  • misc = Diskusi seputar topik yang tidak memiliki kategori seperti lowongan pekerjaan, kesehtan, dan topik- topik lainnya. 
  • sci = Diskusi seputar sains
  • soc = diskusi seputar masalah sosial
Masing-masing kategori utama memiliki subgroup dan masing masing subgroup memiliki subsubgroup.
Contoh :

  • rec.sports.
  • rec.sports.football
  • rec.sports.football.id
  • rec.sports.football.id.persebaya

MANFAAT KOMUNITAS ONLINE BAGI PUBLIC RELATIONS


Ada banyak manfaat yang dapat dimaksimalkan seorang PR lewat partisipasinya di berbagai newsgroup, antara lain:
  1. Menjangkau calon pelanggan yang prospektif.
    Dalam hal ini, pesan-pesan yang positif dari PR dapat di baca dengan begitu banyak anggota dari suatu newsgroup yang targetted.
  2. Berkomunikasi dan memupuk hubungan yang positif dengan publik. 
  3. Riset Pasar.
    Walaupun ini bukan tugas seorang PR, namun PR dapat menginformasikannya ke bagian departemen pemasaran.
  4. Membangun reputasi.
    Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan orang dan membantu memcahkan masalah mereka, hal ini dapat membangun reputasi yang baik bagi perusahaan.
  5. Traffic meningkat. Informasi-informasi yang baik yang diberikan ke public di suatu newsgroup tertentu akan dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web korporat.

Mengemas Pesan Efektif Untuk Komunitas Online


Berikut beberapa aturan dasar agar pesan pesan yang dikirimkan oleh PRO lewat email ke komunitas online dapat diterima dengan baik
  1. Pastikan sesuai dengan topik diskusinya, karena mereka yang berpartisipasi dalam komunitas online tidak suka apabila topik diskusinya tidak berhubungan dengan topik newsgroup.
  2. Tetap di jalur topik diskusi (thread) sewaktu hendak menjawab suatu pesan, hendaklah klik “option” agar tetap berada di jalur diskusi (thread)
  3. Berikan informasi yang bermutu memberikan informasi yang bermutu akan meningkatkan kredibilitas perusahaan yang diwakili PRO. Hal inipun akan menggugah mereka untuk mengunjungi situs web korporat untuk mengetahui hal lain seputar perusahaan.
  4. Jangan mengirimkan pesan-pesan komersial atau promosi

Spamming dan Cross-Posting


Cross-posting adalah mengirimkan pesan email yang sama ke sejumlah komunitas on line yang tidak berkaitan. Spamming adalah mengirimkan pesan promosi atau pesan yang tidak berkaitan dengan topik suatu newsgroup ke berbagai newsgroup yang topiknya tidak relevan atau ke email massal.

Cara untuk mengatasi adanya anggota komunitas yang tidak suka dengan mencerca perusahaan atau pribadi anda maka yang perlu dilakukan adalah :
  1. Pertahankan komentar dengan argumen yang tepat dan jitu.
  2. Kirim juga komentar pribadi melalui email pribadi bukan diforum umum
  3. Atau biarkan saja. 

Aturan main di komunitas online

  1. Jangan gunakan HURUF BESAR
  2. Jangan berpromosi jika tidak dibolehkan
  3. Selalu siap memberikan kontribusi yang berguna
  4. Jangan kasar dan sarkastis
  5. Jangan memasukan pesan yang tidak relevan
  6. Periksa pesan dengan hati-hati, tata bahasa dan ejaannya.
  7. Jangan lupa menggunakan sig.file
  8. Jangan melakukan spamming atau cross-posting
  9. Jangan sekedar menjawab tanpa menyampaikan informasi yang edukatif
Baca artikel lainya :
  •  Apa itu feature? mengenal feature dan contohnya
  • Memahami individu dalam komunikasi antar pribadi
  • Pengertian artikel dan tips-tips membuatnya
  
" Komunitas Online & Manfaatnya bagi Public Relations "

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama