MEDIA KAMPANYE
STRATEGI KAMPANYE PR
STRATEGI KAMPANYE PR
Media Kampanye - Dalam kaitanya dengan Kapanye perusahaan, media disini sangat membantu perusahaan dalam menyampaikan pesan-pesan kampanye yang diggagas oleh perusahaan lewat PR. Nah pada kali ini Alfan.id ingin membahas mengenai media apa saja yang digunakan dalam berkampanye, berikut kita simak.
MEDIA / SALURAN KAMPANYE
Marshall McLuhan menyatakan : media adalah pesan itu sendiri. Bahwa teknologi komunikasi baru tidak hanya mengubah jumlah ketersediaan informasi dimasyarakat tapi juga mempengaruhi isi pesan yang ditransmisikan. Dengan kata lain bentuk media yang mempresentasikan informasi akan menentukan makna pesan yang “disampaikan” dan juga derajat ambiguitas pesan tersebut.
Baca : Membuat perencanaan kampanye
Saluran Kampanye
Schramm mengartikan saluran kampanye sebagai perantara apapun yang memungkinkan pesan-pesan sampai kepada penerima.Klingemann dan Rommele secara lebih spesifik mengartikan saluran kampanye sebagai segala bentuk media yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. Dalam kampanye komunikasi, media massa cenderung ditempatkan sebagai saluran komunikasi utama karena hanya lewat media inilah khalayak dalam jumlah besar dapat diraih. Disamping kemampuan melipatgandakan penyebaran informasi, media masa juga memiliki kemampuan untuk mempersuasi khalayak.
Dalam hal kemampuan media menyampaikan persuasi, Klapper (Antar Venus) membedakan 6 jenis perubahan yang mungkin terjadi akibat penggunaan media massa yakni:
- Menyebabkan perubahan yang diinginkan
- Menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan
- Menyebabkan perubahan kecil (baik dalam bentuk maupun itensitasnya)
- Memperlancar perubahan (diinginkan atau tidak)
- Memperkuat apa yang ada (tidak ada perubahan)
- Mencegah perubahan.
- Menerapkan strategi satu arah (Uni-directional campaign) atau disebut juga media oriented campaign.
- Menerapkan strategi dua arah (bi-directional campaign) atau disebut juga Audience oriented campaign.
Penggunaan Media Kampanye
Penggunaan media kampanye yang berbeda-beda adalah mengacu pada subjeck permasalahan dan afiliasi demografis khalayak serta pencapaian tujuantujuan tertentu dari komunikator untuk menciptakan efek tertentu pada khalayaknya. untuk efisiensi biaya yang harus dikeluarkan untuk kegiatan kampanye, pemilihan media sebagai saluran kampanye dilakukan dengan mengukur dan menganalisis kesempatan untuk melihat format dan isi pesan kampanye, nilai respons, biaya per penayangan pesan kampanye, akibat yang ditimbulkan dan kreteria lainnya.
Baca artikel PR lainya :
- Menentukan khalayak sasaran kampanye
- Analisis situasi terkait kampanye PR
- Perencanaan pesan kampanye PR
Dalam kegiatan kampanye harus ditentukan dulu aspekaspek yang akan mempengaruhi pemilihan media yang digunakan sebagai saluran kampanye, sebagai berikut;
- Jangkauan ;
Jumlah orang yang memberi perhatian tertentu dalam batas geografis tertentu dan merupakan bagian dari seluruh populasi - Tipe Khalayak :
Profil dari orang yang potensial dan memberi perhatian tertentu, seperti nilai, gaya hidup, dll. - Ukuran khalayak:
Seberapa banyak orang yang terhubung - Biaya :
Ongkos produksi dan pembelian media - Waktu :
Skala waktu untuk respons yang dikehendaki, hubungan dengan penggunaan media lain dan sebagainya. - Keharusan Pembelian Media:
Waktu penyiaran yang terjual melalui penawaran yang kompetitif dan membutuhkan pemesanan selama beberapa minggu sebelumnya. - Batasan atau aturan :
Pengaturan untuk mencegah masuknya produkproduk atau hal-hal tertentu dari media tertentu. - Aktivitas pesaing:
Kapan, dimana dan kenapa selalu bersaing dengan penyedia jasa periklanan.
- Siapa dan bagaimana tipe pembacanya (audiensinya)
- Kebijakan umum keredaksian, peliputan beritanya.
- Reach, jangkauan media bersangkutan untuk menjangkau audiensinya.
- Bagaimana kredibilitas dan keahlian wartawan yang bersangkutan.
- Frekuensinya, bagaimana kuantitas atau jumlah tiras yang terjual dan terbitnya; harian, mingguan, atau bulanan serta kualitas cetakan.
- Media bersangkutan berpengaruh atau tidak dimata para pembacanya.
Khalayak harus segera “melihat” perilaku yang dikampanyekan dengan segera dan dapat langsung mengaktualisasikannya pada kehidupan sehari-hari.
Menurut Lattimore, dkk (2010:164) terdapat 3 pertimbangan dasar dari pemilihan media, antara lain:
- Audiensi, publik menjadi tujuan sebuah pesan, dengan mengidentifikasi siapa publik yang akan dijangkau dan mencari tahu apa ketertarikan mereka.
- Waktu, kebutuhan akan waktu yang tepat untuk menjangkau audiensi dalam menerima pesan.
- Anggaran, biasanya keputusan pertama yang harus dibuat adalah apakah pesan perlu disampaikan dengan lebih dari satu medium. Jika diperlukan banyak media, maka perlu mempertimbangkan biaya ketika memutuskan media mana yang akan digunakan.
Jenis-Jenis Media Kampanye
Media cetak
media cetak |
Media elektronik
elektronik sebagai media kampanye |
Media luar ruang (Spanduk, Billboard dan Poster)
media kampanye billboard & poster |
media kampanye spanduk |
Film/bioskop
Media kampanye film/bioskop |
Film pendek “Save Water”
Film pendek “Save Water” |
Media Sosial
Media sosial |
Perencanaan Anggaran Media
01. Pemasangan iklan di media surat kabar
02. Pemasangan iklan di media online
- Deskripsi : 4 x 270 mmk (display) bonus tulisan 3x 270 FC untuk Lipsus.
- Insertions : 2 x Surat kabar (2 Lipsus)
- Harga Iklan di Koran : @ Rp. 75.600.000
- Total : Rp. 151.200.000
- Harga Khusus di Koran : @ Rp. 35.000.000
- Total : 2 x 35.000.000 = Rp. 70.000.000
- Total Harga + Ppn 100 % : Rp. 89.000.000
- Include Ppn 100 % : Rp. 11.000.000
- Harga Keseluruhan : Rp. 240.300.000
- Jadwal terbit iklan : 31 April 2011, dan 15 Mei 2011.
02. Pemasangan iklan di media online
Pemasangan iklan di media online |
03. Pemasangan iklan di majalah
- The Basic
Frekuensi : Bi – weekly
Format : 14 x 18 cm
Publisher : PT. Media Satu Group
Launcher : Oktober 2010
Sirkulasi : 40.000
Readership : 160.000
- Covers
Front cover (dps) : Rp. 84.000.000
Front covers (full pages) : Rp. 62.000.000
Inside front cover (dps) : Rp. 42.000.000
Inside front cover (full pages) : Rp. 24.000.000
Back cover (dps) : Rp. 58.500.000
Back cover (full pages) : Rp. 34.000.000
Inside back cover (dps) : Rp. 26.500.000
Inside back cover (full pages) : Rp. 21.500.000
- Inside
Double page spread (dps) : Rp. 26.500.000
Full pages : Rp. 16.000.000
½ pages : Rp. 14.000.000
¼ pages : Rp. 9.500.000
" Media Kampanye - Strategi Kampanye PR "
Posting Komentar