PUBLIKASI ON LINE
PEMANFAATAN EZINE DALAM PUBLISITAS ONLINE
PEMANFAATAN EZINE DALAM PUBLISITAS ONLINE
Ezine - Adalah sebuah singkatan dari Elektronik Magazine yang berarti tempat publikasi online sebuah perusahaan, dalam kaitanya dengan publisitas online ini Public Relations bertanggung jawab penuh atas pembuatan konsep hingga konten yang ingin dipublikasikan, kegiatan ini sering kita sebut dengan istilah Cyber Publi Relations.
Untuk mengenal lebih jauh mengenai pemanfaatan Ezine daam publisitas online kali ini Alfan.id akan membahas mengenai pemanfatan serta cara membuangun sebuah ezine yang baik.
PENULISAN DI MEDIA ONLINE
- Kenalilah karakteristik dari audiensi target, dan menulislah untuk mereka.
- Bangun dan sampaikanlah kemajuan yang logis dari sebuah ide.
- Tulislah blok tidak lebih dari 75 kata pada setiap halaman awal situs. Teks yang lebih panjang dapat ditulis pada halaman berikutnya.
- Jangan menggunakan clever headline, namun susunlah artikel anda dengan beberapa level headline sehingga pembaca dapat menyelesaikan bagian tersebut dan melanjutkan membaca atau memutuskan untuk meninggalkan halaman.
- Tulislah kurang dari 50% pada awal sebuah artikel. Kebanyakan pengguna internet melakukan scan copy sebelum memutuskan untuk menghabiskan waktu membaca artikel lebih dalam.
- Sorotlah kata-kata kunci melalui Link Hypertext, variasi ukuran huruf, atau warna.
- Gunakan dot poin ketika memungkinkan. Oleh karena layar komputer kecil, orang cenderung melihat sekilas pada elemen kunci dengan cepat.
- Gunakan gaya piramida terbalik untuk salinan dengan menempatkan informasi paling penting di bagian awal. Jangan kuburkan poin penting anda.
- Gunakan satu ide utama untuk setiap paragraf.
- Usahakan agar kalimat anda pendek, namun di lain pihak, anda harus ingat bahwa kunci sukses sebuah situs Web adalah ketika anda dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca.
PERTIMBANGAN PENULISAN DI MEDIA ONLINE
- Tulislah dalam bentuk kalimat pasif. Pembaca akan lebih paham dengan kalimat pasif.
- Hapuslah frase preposisi. Preposisi yang sedikit akan memperpendek kalimat.
- Hapuslah klausa yang terlalu banyak, klausa hanya akan menambah panjang kalimat dan bukan makna.
- Tulislah dengan jelas karena kalimat yang jelas akan mempermudah pemahaman.
- Gunakan kata kerja yang kuat. Tulislah dengan jelas dan langsung pada pokok permasalahan.
- Gunakan kata-kata pendek yang mudah dipahami.
- Hapus pengkualifikasi yang tidak diperlukan. Gunakan pengkualifikasi hanya jika diperlukan.
- Gunakan kata-kata yang spesifik dan nyata serta pastikan pesan anda jelas.
- Gunakan istilah yang dipahami pembaca.
EZINE - Newsletter bukan Katalog
Newsletter berisi news, artikel, tips, event, statitistik, advis, produk suatu perusahaan dan lain-lain tentang industri tertentu. Katalog berisi produk-produk yang dijual perusahaan
Baca Juga :
- Strategi E-PR - Membangun Web Korporat
- Meda relations & E-PR
- Weblog dan perananya bagi perusahaan
- Mengenal teknik SEO dalam membangun blog
- Didistribusikan lewat e mail.
- Ezine sarat akan informasi dan artikel serta solusi.
- Ezine bisa berbasis web dan e-mail.
Biasanya memiliki format dan kesan seperti halnya majalah tradisional, dan umumnya berisi iklan, sponsor dan berbagai macam gambar serta isi yang menarik. Gratis tidak perlu bayar jika mau membaca lebih lengkap harus menjadi member dan membayar biaya langganan per tahun. Contoh : http://tempointeractif.com
Ezine berbasis Email
Ezine ini akan dikirim langsung ke inbox. Tipe ini lebih efektif karena tipenya yang push dan selalu langsung dikirim ke inbox pelanggan. Co. http://cnet.com, http://emarketer.com Ezine berbasis email umumnya lebih content-oriented dan pembacanya lebih targeted. Distribusinya bisa harian, mingguan atau bulanan.
Mereka yang berminat perlu melakukan “subscribe” dan jika sudah bosan dapat melakukan “unsubscribe” kapanpun.
Ezine adalah sarana publisitas di dunia maya. Dengan menjalankan fungsi E-PR maka kita dapat;
- Memasang iklan produk / perusahaan
- Menjadi sponsor suatu ezine untuk membidik calon pasar
- Menulis artikel advertorial
- Mengirim press release
- Membangun dan mengembangkan enzine korporat
- Memancarkan Kredibilitas
- Mengingatkn konsumen
- Memberikan kesan keahlian dan membangun loyalitas brand
- Membuat pelanggan dan konsumen potensial selalu up to date
- Membangun relasi bisnis
- Perusahaan akan semakin dikenal
- Membuat situs web selalu diingat
- Iklan lewat E-Zine
- Iklan tunggal
- Iklan sponsor
- Iklan baris (classified)
- Menulis dan Mendistribusikan artikel E-zine
- Melakukan Barter dengan penerbit Ezine lain.
- Cross promotion
- “Wording”penawaran produk ke pemilik Ezine.
- Target pembaca sudah tersegmen
- Cuma-Cuma dalam jangka panjang
- Mengukur efektivitas iklan dengan cepat
- Target pembaca sudah percaya terhadap E-zine
- Persaingan sedikit kurang
- Biaya sangat hemat namun efektif
- Bonus sebagai kolumnis
Berikut ada enam cara untuk membangun hubungan bisnis sehingga perusahaan bisa memaksimalkan pemasaran lewat content newsletter elektronik. (Tamara Halbritter dan Hank Stroll):
- Perlihatkan berharganya content E-zine bagi pelanggan
- Bangun Kerpercayaan
- Tetap stabil
- Jaga dan Pertahankan Atensi mereka
- Tangkap calon konsumen
- Close-kan penjualan
- Singkat
- Format yang konsisten
- Taruh link
- Pancing Mereka ke Situs Web
- Berikan informasi yang berguna
- Beri tahu mereka yang sukses
- Barter promosi
- Tawarkan produk dan Bisnis anda
- Arsip
Contoh :
PERHUMAS menyediakan fasilitas berlangganan newsletter bagi pengunjung situsnya, kemudian pengunjung yang melakukan subscribe akan menerima Ezine (newsletter) di emailnya.
" PUBLIKASI ON LINE - Pemanfaatan Ezine dalam Publisitas Online "
Posting Komentar