RUANG LINGKUP PEKERJAAN PUBLIC RELATIONS
& PR TOOLS

PR Tools - Dalam menjalankan misis-misi dari perusahaan, Public Relations pada umumnya menjalankan kegiatan dalam sebuah konsep selain itu Public Relations juga memiliki Tols-Tols dalam rangka menjalin komunikasi yang baik dengan publicnya. 
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan Public Relations ini memiliki peran tersendiri bagi perusahaan namun disamping itu kegiatan-kegiaan ini juga memiliki lingup atau batasan tertentu seperti yang akan Alfan.id bahas dikesempatan yang baik ini.

RUANG KINGKUP KERJA PUBLIC RELATIONS


Secara sederhana pekerjaan yang biasa dilakukan oleh Public Relations dapat disingkat menjadi PENCILS yaitu :
  1. Publication & Publicity yaitu memperkenalkan perusahaan kepada publik.
  2. Events yaitu menyelenggarakan, mengkordinasi event atau kegiatan sebagai upaya untuk membentuk citra positif.
  3. News yaitu seorang public relations dituntut meguasai teknik-teknik menulis sehingga dapat menghasilkan produk-produk tulisan (public relations writing).
  4. Community Involvement yaitu membuat programprogram yang ditujukan untuk menciptakan image positif dengan melibatkan atau adanya keterlibatan komunitas atau masyarakat sekitar.
  5. Identity Media yaitu pekerjaan public relations dalam membina hubungan dengan media (pers).
  6. Lobbying yaitu public relations dituntut mempunyai keahlian persuasi dan negosiasi dengan perbagai pihak.
  7. Social Invesment yaitu pekerjaan publis relations untuk membuat program-program yang bermanfaat bagi kepentingan dan kesejahteraan sosial salah satunya termasuk program Corporate Social Responsibility.

Kegiatan Sehari-hari PR

  1. Mengumpulkan dan mendistribusikan newsrelease, artikel untuk konsumsi media massa
  2. Mengorganisasi konferensi pers, persreception, press-party, dan press-tours
  3. Bertindak sebagai penyedia informasi bagi media massa
  4. Mengatur sesi interview antara manajemen dengan media massa
  5. Menyediakan dokumentasi khusus produkproduk fotografi
  6. Mengedit dan memproduksi internal newspaper atau majalah internal dan mengelola produk komunikasi lainnya, seperti video, slide presentasi, message board dan lain lain
  7. Mengedit dan memproduksi jurnal eksternal untuk konsumsi distributor, konsumen dan pelanggan
  8. Menulis dan memproduksi material-material tertulis, seperti company profile, annual report, employee newsletter, educational poster, dan lain lain.
  9. Menyediakan dan mengelola macam-macam instrument audiovisual
  10. Menciptakan dan menjaga identitas korporat seperti logo, corporate colors, company vehicle, employee uniform dan lain sebagainya.
Cutlip, Center dan Broom membuat kategori ringkasan yang dilakukan spesialis PR di tempat kerja, yaitu:
  • Menulis dan mengedit
  • Hubungan media dan penempatan media
  • Melakukan riset dan mengadakan training
  • Manajemen dan administrasi
  • Melakukan konseling dan mediator antar perusahaan
  • Mengatur jalannya acara spesial
  • Memproduksi saluran komunikasi dan tampil di depan kelompok 

Media Komunikasi Public Relations

Jika meninjau ruang lingkup pekerjaan public relations, dan keseharian kerja PR maka tampak sebagian besar tugas public relations adalah berkaitan dengan keahlian tulis menulis. Seorang public relations bertanggung jawab membuat bermacam-macam media komunikasi. Tujuannya sebagai sarana komunikasi dua arah dengan publiknya.
Baca Juga :
Media komunikasi public relations :
  1. Newsletter
  2. Buletin
  3. Majalah dinding (Message board)
  4. Company profile
  5. Press release
  6. Backgrounders
  7. Naskah pidato
  8. Annual report
  9. Iklan korporat
  10. Public relations on the net
Keseluruhan media komunikasi PR tersebut merupakan produk-produk tulisan public relations yang menuntut kemampuan menulis. Media komunikasi. PR tersebut dapat berupa media cetak, audiovisual atau pun internet.

PR Tools


Dalam melakukan pekerjaannya, seorang public relations mempunyai alat alat kegiatan(PR Tools), antara lain:
  1. Publisitas dan media relations
  2. Spesial events
  3. Corporate advertising
  4. Newsletter
  5. Speaker bureau (biro khusus juru bicara yang menyampaikan informasi kepada publik)
  6. Lobbying
  7. Charitable contributions (kegiatan amal)
  8. Thank you notes and letter (ucapan terima kasih kepada publik)
  9. Audio visual instrument (pembuatan company profile dalam bentuk video sebagai materi presentasi dihadapan publik)
  10. Letters of denial (surat klarifikasi )
  11. Corporate identity 
" Ruang Lingkup Pekerjaan Public Relations & PR Tools "

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama