CYBER COMMUNITY
SOSIOLOGI KOMUNIKASI
SOSIOLOGI KOMUNIKASI
Ketika temuan teknologi informasi diatas berkembang dalam skala masal, maka teknologi itu telah mengubah bentuk masyarakat manusia, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global, sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi.
Masyarakat saat ini dapat dibagi sebagai :
- Masyarakat Nyata
- Masyarakat Maya
Tentang PR Lainya :
1.Sistem Sosial dan Kemasyarakatan - Sosiologi Komunikasi
2.Kelompok dan Organisasi - Sosiologi Komunikasi
3.Definisi dan Metode-metode Pidato
4.Ruang Lingkup dan Definisi Sosiologi Komunikasi
5.Pengertian Presentasi & Teknik-teknik Presentas
1.Sistem Sosial dan Kemasyarakatan - Sosiologi Komunikasi
2.Kelompok dan Organisasi - Sosiologi Komunikasi
3.Definisi dan Metode-metode Pidato
4.Ruang Lingkup dan Definisi Sosiologi Komunikasi
5.Pengertian Presentasi & Teknik-teknik Presentas
MASYARAKAT NYATA
Masyarakat Nyata - Sebuah kehidupan masyarakat yang secara inderawi dapat dirasakan sebagai sebuah kehidupan nyata di mana hubungan – hubungan sosial sesama anggota masyarakat dibangun melalui penginderaan.
Manusia yang membangun dirinya dengan sepenuhnya mengandalkan interaksi sosial dan proses sosial dalam kehidupan kelompok (jaringan) intra dan antar sesama anggota masyarakat maya. Proses sosial dan interaksi sosial dalam masyarakat maya, ada yang bersifat sementara dan ada juga yang bersifat menetap dalam waktu yang relatif lama atau menetap untuk selamanya.
Kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi secara sadar membuka ruang kehidupan manusia semakin luas, semakin tanpa batas dengan indikasi manusia sebagai penguasa di planet bumi.
Komunitas maya (Cybercommunity) memiliki kehidupan kelompok sosial yang rumit. Umumnya kelompok sosial dibangun berdasarkan pada hubungan – hubungan sekunder, sehingga pengelompokan mereka didasarkan pada kegemaran dan kebutuhan anggota masyarakat terhadap kelompok tersebut.
Model hubungan sosial server to server bukan satu tradisi dalam kelompok sosial maya, karena secara faktual seseorang dapat bergabung sebagai anggota dunia maya dengan anggota (orang) lain dalam dunia maya melalui jaringan di luar.
E GOVERNMENT
Gagasan e-government sebenarnya telah dimulai sejak tersedianya fasilitas e-office dalam dunia maya, dalam konsep e-Office, seorang pimpinan sebuah kantor atau perusahaan dapat melakukan tugas sehari – harinya tanpa harus bertatap muka dengan bawahannya, karena semau aktivitas harian kantor dapat dilakukan melalui jaringan internet yang tersedia, sehingga prakts, kantor adalah sebuah gagasan dunia maya yang leih realistis dan memiliki masa depan yang lebih maju.
E-governemt adalah sebuah konsep yang lebih luas dari e-office. Ketika kelompok - kelompok kecil terlahir dalam dunia maya, kemudian mereka melakukan interaksi satu dengan lainnya secara virtual dalam dunia maya, mereka memilik kemajuan yang luar biasa, mengembangkan perintah – perintah dan kontrol yang efektif terhadap kemajuan kelompok – kelompok itu, maka sesungguhnya gagasan e-government merupakan gagasan yang sangat realists, di mana aktivitas kenegaraan dapat dibangun dalam dunia maya dengan sangat efisien dan efektif.
Dalam hubungan luar negeri, dengan konsep e government ini akan memudahkan para pimpinan dunia bertemu dalam waktu yang sangat cepat serta sangat efisien, karena kepala – kepala negara tersebut tidak lagi perlu bertemu secara nyata, karena mereka dapat menggunakan semua fasilitas yang dapat membuat mereka bertemu dalam sebuah tempat (maya).
Dalam banyak hal, controlling, penjenjangan karir, pelaporan pengarsipan dan aktivitas e-government telah dilakukan di berbagai kantor dan kegiatan pemerintahan lainnya di berbagai negara. Karena itu gagasan e-government bukan sebuah ilusi maya namun sebuah realitas maya ataupun tidak, masyarakat sedang menuju ke sana dan merupakan sebuah realitas yang benar- benar riil serta menantang para negarawan dan praktik politik saat ini untuk menyusun sebuah peranti cyberlaw untuk mengatur masa depan negaranya.
E MARKETISE
Usaha – usaha komersial melalui fasilitas e-office dan ecommerce, e-market, e-banking, e – advertising, membuat masyarakat maya dapat melakukan semua aktivitas komersial dalam dunia maya. Dalam kegiatan komersial dalam dunia maya dapat dilakukan dengan membangun sebanyak – banyaknya e-marketsite dalam dunia maya.
E-COMMERCE
Saat ini e-commerce dalam konsep yang lebih luas telah berkembang dalam banyak bidang komersial, perbankan, dan usaha – usaha ritel sudah memulai kegiatan ini dengan sangat skses. Begitu pula pusat – pusat perdagangan dan informasi telah berkembang dengan sangat menggembirakan, karena tidak ada lagi halangan yang berarti penciptaan di masa depan tentang realitas maya ini.
" Cybercommunity - Sosiologi Komunikasi "
Posting Komentar