CONTOH PROPOSAL KONFERENSI PERS
LENGKAP
Proposal Press Conference - Berikut ini adalah sebuah contoh proposal konferensi pers lengkap yang sudah digunakan untuk memenuhi mata kuliah Manajemen Krisis Public Relations
- Silahkan gunakan untuk refrensi
- Boleh diCopy asal cantumkan sumber
- www.duniapublicrelations.com
Artikel terkait lainya :
1. Pengertian Krisis dan Mengenal Jenis-jenis Krisis
2. Proses penelitian dalam Manajemen Krisis
3. Media Monitoring dalam Manajemen Krisis
4. Pengerian Isu serta mengenal Jenis-jenis Isu
5. Identifikasi isu dan Krisis Maskapai Air Asia & Analisis Tahapan krisis
6. Contoh strategi penanganan Isu / Krisis
2. Proses penelitian dalam Manajemen Krisis
3. Media Monitoring dalam Manajemen Krisis
4. Pengerian Isu serta mengenal Jenis-jenis Isu
5. Identifikasi isu dan Krisis Maskapai Air Asia & Analisis Tahapan krisis
6. Contoh strategi penanganan Isu / Krisis
PENYUSUNAN PROPOSAL KONFERENSI PERS YANG BAIK
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
PT. Jasa Raharja (Persero) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bernaung dibawah pembinaan Departemen Keuangan Republik Indonesia. PT Jasa Raharja (Persero) di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, senantiasa harus selalu menyesuaikan dengan perkembangan serta, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena teknologi selain berdampak positif khususnya, di bidang lalu lintas juga memberikan dampak negatif berupa peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas dan korban yang ditimbulkannya.
PT Jasa Raharja (Persero) adalah yang paling bertanggung jawab atas asuransi santunan kecelakaan di jalan raya. Santunan tersebut berasal dari iuran dan sumbangan wajib pemilik/pengusaha angkutan jalan dan penumpang angkutan umum, oleh karenanya dilakukan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar iuran dan sumbangan wajib, guna memenuhi tuntutan santunan jasa raharja terhadap korban/ahli waris korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.
1.2. Latar Belakang Masalah
Semakin banyaknya kendaraan bermotor dan sangat terbatasnya ruas jalan raya, serta kurang hati-hatinya para pengguna sarana jalan raya, sehingga dari tahun-ketahun menunjukkan angka peningkatan jumlah kecelakaan dan korban yang semakin bertambah. Oleh karena itu Negara melalui PT Jasa Raharja (Persero) memberikan jaminan perlindungan berupa santunan asuransi jasa raharja yang besarnya antara lain :
- Korban meninggal dunia sebesar Rp. 10.000.000,-
- Korban luka-luka baik ringan atau berat sebesar-besarnya Rp. 5.000.000,-
Namun demikian masih banyak ditemukan hambatan dalam proses kepengurusan hak atas santunan asuransi jasa raharja tersebut. Hambatan-hambatan yang terkesan menyulitkan korban/ahli waris korban, sehingga masih banyak korban atau ahli waris korban yang tidak mendapatkan haknya atas santunan jasa raharja.
1.3. Pokok Permasalahan
Berdasarkan masalah diatas dapatlah dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
- Apakah tanggung jawab Perusahaan PT Jasa Raharja (Persero) dalam meyalurkan santunan asuransi terhadap korban kecelakaan tunggal di jalan raya sudah sesuai dengan Undang – Undang No. 33/34 Tahun 1964.
1.4. Analisis SWOT
1.4.1. Kekuatan (Strenght)
- Jaringan pelayanan/distribusi yang tersebar diseluruh tanah air
- Laporan Keuangan selalu mendapat opini wajar
- Kinerja Keuangan dengan predikat minimal sehat
- Integritas, dedikasi, loyalitas dan kejujuran SDM
- Sistem pelayanan Iuran Wajib dan Sumbangan Wajib yang terintegrasi
- Citra Perusahaan
4.1.2. Kelemahan (Weakness)
- Produk image belum memasyarakat
- Struktur organisasi belum sepenuhnya menunjang aktifitas pemasaran atau penjualan
- Pola karir pegawai belum dilaksanakan secara konsisten
- Pegawai yang mempunyai gelar profesi masih belum memadai
- Perusahaan belum memiliki basis data korporasi dan sistem informasi yang terpadu
- Pegawai yang berjiwa kewirausahaan masih belum berkembang
- Equity yang dimiliki masih rendah
- Hasil investasi belum cukup menutup biaya overhead
- Budaya kerja yang inovatif dan kreatif belum berkembang
- Program kegiatan Litbang masih kurang berorientasi kepada kebutuhan Pasar
- Sistem remunerasi masih belum sesuai dengan resiko dan beban kerja
- Beban dan pengaturan kerja masih belum optimal
4.1.3. Peluang (Oportunity)
- Kecenderungan permintaan thd produk asuransi semakin meningkat
- Peraturan perundangan yang mendukung
- Kondisi ekonomi yang cenderung kondusif
3.1.4. Ancaman (Threts)
- Persaingan bisnis asuransi pasca AFTA
- Implementasi UU No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah dan UU No.25 tahun 1999 tentang Perimbangan keuangan pusat dan daerah.
- Kemungkinan revisi UU No. 2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
- UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.
- UU No. 14 tahun 1992 tentang Lalu lintas angkutan jalan
- Ketergantungan dukungan dari mitra kerja yang tinggi
- Kondisi politik yang kurang menentu
- Adanya rekomendasi dari IMF kepada pemerintah untuk melakukan merger perusahaan asuransi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Nama & Tema Kegiatan
Pada kesempatann kali ini kami ingin mengambil tema sosialisasi dengan nama kegiatanya adalah “Tanggung Jawab PT. Jasa Raharja Terhadap Korban Kecelakaan Tunggal” sebagai dasar klarifikasi atas apa saja tanggung jawab serta ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi oleh koban yang berhak mendapatkan santunan dari Jasa Raharja.
2.2. Maksud & Tujuan Kegiatan
Dalam konfrensi pers kali ini kami telah merangkum beberapa maksud serta tujuan diadakanya kegiatan tersebut diantaranya :
- Melakukan sosialisai ulang terhadap pengendara / masyarakat mengenai peraturan dan ketentuan serta syarat memperoleh santunan untuk korban kecelakaan
- Mengembalikan citra baik PT. Jasa Raharja dimata Masyarakat.
- Untuk meng Klarifikasi isu yang telah tersebar tentang ganti rugi kecelakaan tunggal pada PT Jasa Raharja (persero) “
- Meminimalisir atau menghilangkan berita – berita PT Jasa Raharja yang bersifat negative ke arah yang netral atau bahkan positif
- Kembali membangun dan membina hubungan baik dengan pihak – pihak yang bersangkutan
- Mengembalikan kepercayaan dari masyarakat terhadap PT Jasa Raharja.
2.3. Sasaran Kegiatan
- Seluruh elemen Masyarakat dengan cakupan umur mulai dari 18 – 50 Tahun.
2.4. Waktu & Tempat Pelaksanaan Kegiatan
2.4.1. Waktu Kegiatan
- Hari & Tanggal : Rabu, 04 Januari 2017
- Pukul : 08.00 – 12.30 WIB
2.4.2. Tempat Pelaksanaan Kegiatan
- Lokasi : Gedung Balaikota Sarbini
- Alamat : Jl. Jendral perwira No.07 Lebak Bulus Jakarta Selatan
2.5. Press Kit
Dalam kegiatan konfrensi perss pada kesempatan kali ini kami akan menyediakan Press Kit seperti :
- Press Release
- Backgrounders
- Goody Bag
- Flashdisk
2.6. Target Media
2.6.1. Media Visual (TV)
- TV OneAlamat :Jl. Rawa Terate II No.2 Kawasan Industri Pulo Gadung – Jakarta
Telp : +62 21 4613545
Fax : +62 21 30405668
Website : www.tvone.co.id - Metro TVAlamat : Jl. A. Yani No. 5-7, Gd. Bank Papua Lt. 6
Telp : +62 (0)967 522 6666
Fax : +62 (0)967 522 019
Email : webmetro@metrotvnews.com
Website : http://www.metrotvnews.com - NET TVAlamat : Jl. Gatot Subrto Kav 21 Jakarta Pusat
Telp : +62 (0)967 522 6778
Email : Webmaster@net.tv.id
Website : www.netmedia.co.id - TRANS TV
Alamat : Jl. Kapt Tendean 12 – 14A, Jakarta Pusat, Kode Pos: 12790
Telp : +62 (0)21 7917 7000
Emai : webmaster@transtv.co.id
Website : http://www.transtv.co.id - RCTI
Alamat : Jl. Raya Pejuangan – Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kode Pos :11530
Telp : +62 21 530 3540 / 530 3550 / 536 0623
Fax : +62 21 532 0906 / 549 3838 / 549 3846
Email : webmaster@rcti.tv, pr@rcti.tv, pr@rcti.co.id
Website : http://www.rcti.tv
2.6.2. Media Cetak ( Koran )
- Koran TempoAlamat : Jl. Kebayoran Baru Mayestik, Jakarta 12240,
Telp : (021) 7255625.
Fax : (021) 7255645, 7255650
Email : koran@tempo.co.id, interaktif@tempo.co.id - Kompas
Alamat : Jl Palmerah Selatan 26-28 Jakarta Pusat 10270
Telp : (021)5302200, 5347710, 5347720, 5347730
Fax : (021) 5466085
Pos : PO Box 4612 Jakarta 12046 - Republika
Alamat : Jl Warung Buncit Raya No. 37 Jakarta 12510
Telp : (021) 7800649, 780042
Fax : (021)7803747
Website : http://www.republika.co.id.
2.6.3. Media Online
- Detik.comAlamat : Jl. Warung Buncit Raya No.75, Jakarta Selatan 12740
Telp : (021) 794.1177.
Fax : (021) 794.4472
Email : redaksi@staff.detik.com - Liputan6.com
Alamat : Jl. Asia Afrika Lot 19, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Telp : (021) 722 9681
Email : webmaster@liputan6.com
2.7. Anggaran Dana
Berikut ini adalah estimasi biaya yang harus di keluarkan berdasarkan perencanaan konferensi pers tersebut :
No
|
Nama Barang
|
Kuantitas
|
Harga
|
Keterangan
|
1
|
Konsumsi Peserta
|
40 Porsi
|
Rp. 10.000.000,-
|
Catering + Snack
|
2
|
Peralatan
|
-
|
Rp. 3.000.000,-
|
Persiapan Tempat
|
3
|
Press Kit
|
22
|
Rp. 1.650.000,-
|
Goody Bag + Flasdisk + Press Release
|
4
|
Amplop Wartawan
|
10
|
Rp. 1.500.000,-
|
Rp. 150 rb / Orang
|
5
|
Sewa Pembicara 1
|
1
|
Rp. 9.000.000,-
|
Pengamat Transportasi / 1 orang
|
6
|
Sewa Pembicara 2
|
1
|
Rp. 7.000.000,-
|
Perwakilan Dinas Perhubunngan / 1 orang
|
6
|
Lain – lain
|
-
|
Rp. 2.000.000,-
|
Dana Tak Terduga dan lain – lain
|
Jumlah :
|
Rp. 34.150.000,-
|
2.8. Time Table
Dalam rangka memaksimalkan sumber daya manusia dan juga untuk optimalisasi waktu berikut ini adalah sebuah rangkaian kegiatan yang terjadwal dalam rangka persiapan konfrensi perss tersebut hingga tahap evaluasi.
Periode 30 Desember 2016 – 05 Januari 2017
| ||||||||
No
|
Jenis Kegiatan
|
Hari & Tanggal
| ||||||
Kamis
29/12/16 |
Jum’at
30/12/16
|
Sabtu
31/12/17
|
Selasa
03/01/17
|
Rabu
04/10/17
|
Kamis
05/01/17
|
Keterangan / PJ
| ||
01
|
Penyusunan Panitia & Rapat Persiapan
|
Drirektur, Kepala bidang kehumasan & Manajer
| ||||||
02
|
Rapat Fixsasi, Pemberian undangan kepada media & Narasumber
|
Panitia pelaksana & Kepala bidang kehumasan
| ||||||
03
|
Persiapan Perlengkapan & Konfirmasi Kehadiran Undangan
|
Bagian Perlengkapan & Panitia Pelaksana
| ||||||
04
|
Pelaksanaan Kegiatan
|
Panitia Pelaksana & Staf PR
| ||||||
05
|
Analisis Kegiatan, Evaluasi & Rapat Penutupan Panitia
|
Pengarsipan & Evaluasi Oleh Panitia Pelaksana & Staf PR
|
Demi kelancaran komfrensi perss kali ini berikut telah kami buat susunan acara dengan rangkaian seperti sbagai berikut :
No
|
Waktu
|
Acara
|
Keterarangan
|
01
|
09.00 – 09.15
|
Pembukaan
|
Dipandu oleh MC
|
02
|
09.15 – 09.45
|
Sambutan
|
Direktur PT Jasa Raharja
|
03
|
09.45 – 10.30
|
Penjelasan duduk perkara serta upaya-upaya yang telah dilakuka TP Jasa Raharja terkait permasalahan
|
Kepala Bidang Jehumasan PT. Jasa Raharja
|
04
|
10.30 – 11.00
|
Sosialisasi undang-undang terkait santunan korban keceakaan tunggal
|
Kepala Dinas Perhubungan
|
05
|
11.00 – 11.30
|
Analisis Transportasi
|
Pengamat Transportasi
|
06
|
11.30 – .12.00
|
Sesi tanya jawab
|
Dipandu oleh MC
|
07
|
12.00 – 12.15
|
Pembacaan kesimpulan & penutup
|
Dibacakan oleh MC
|
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Demi tercapainya visi di butuhkan cirta yang baik bagi sebuah perusahaan di sini seorang Public Relations harus selalu sigap dan tanggap dalam menghadapi krisis namun seorang PR tidak akan mampu bekerja dengan baik tanpa bantuan media yang berperan sebagai Publisher, seorang PR mustahil dapat bekerja tanpa hubungan yang baik dengan media dengan diakanya Konfrensi Perss ini kami rasa selain dapat menangani krisis namun juga dapat memper erat tali silaturahmi dan juga kepercayaan media terhadap perusahaan sehingga dapat tercipta hubungan mutualisme dan juga membawa manfaat bagi perusahaan demi tercapainya visi PT Jasa Raharja.
3.2 Saran – Saran
Dari berkembangnya isu di kalangan masyarakat harusnya kita sadar bahwa masih banyak hal yang harus di perbaiki dari perusahaan ini demi tercapainya sebuah visi perusahaan tetntu kita harus selalu mengedepankan citra perusahaan dan dengan adanya media sebagai partner hal ini sangat memudahkan kita dalam menjangkau tiap sendi – sendi masyarakat, oleh karena itu sangat di butuhkan sebuah hubungan yang baik dengan media.
" Contoh Prosal Konferensi Pers Lengkap - Media Relations "
Posting Komentar