CONTOH PROPOSAL KEGIATAN MEDIA RELATIONS LENGKAP
DUNIA PUBLIC RELATIONS


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
Citra adalah hal yang mutlak harus di miliki sebuah perusahaan demi tercapainya tujuan atau visi dan misi sebuah organisasi tentu tak pernah lepas dari masalah “citra” dan hanya dengan komunikasi yang baik dengan berlandaskan saling percayalah yang dapat menciptakan citra yang baik di mata publik dengan ini PT Sinar Solaria ingin tetap menciptakan kepercayaan publik terhadap produk-produknya. Namun baru-baru ini beredar dan berkembang isu-isu di masyarakat yang sangat merugikan perusahaan yaitu beredar kabar bahwa perusahaan telah menggunakan bahan baku yang mengandung zat yang haram serta sertifikat halal perusahaan yang memamang masih di pertanyakan, sebagai jalan dalam menangani krisis tersebut di susunlah perencanaan konfrensi pers sebagai klarifikasi dan pembuktian terhadap masyarakat dan pelanggan Restoran Solaria demi mengembalikan citra perusahaan.

Contoh Proposal Kegiatan Media Relations - Dunia Public Relations
Contoh Proposal Kegiatan Media Relations - Dunia Public Relations
1.2  Analisa Perusahan
Berikut ini adalah analisis PT Sinar Solaria ( Restoran Solaria ) dengan menerapakan metode SWOT  (Strength, Weakness, opportunituies & Threats)
Ø  Strength ( Kekuatan / Keunggulan )
ü  Harga produk yang murah
ü  Desain restoran dengan konsep moderen
ü  Rasa masakan khas Indonesia
ü  Terdapat banyak cabang yang stategis tersebar di kota-kota besar di indonesia
Ø  Weakness ( Kelemahan )
ü  Pelayanan yang masih lamban
ü  Pelayanan yang masih kurang ramah
ü  Kondisi dapur yang terkenal sering kotor
Ø  Opportunities ( Peluang )
ü  Perluasan Pemasaran
ü  Perluasan cabang

Ø  Threats ( Ancaman )
ü  Masyarakat muslim Indonesia yang mempertanyakan sertifikat halal perusahaan
ü  Usaha sejenis yang saat ini tengah banyak berkembang
ü  Isu penggunaan minyak babi dan arak di beberapa menu yang tersedia
ü  Sangsi dari MUI
ü  Sertifikat BPOM yang belum tertera dengan jelas

1.3  Pokok Permasalahan
ü  Solaria menggunakan arak merah dan minyak babi dalam beberapa jenis masakannya.
ü  Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyatakan, restoran Solaria belum memliki sertifikat halal.
ü  Penilaian masyarakat terhadap pelayanan restoran yang buruk serta tidak higienis

1.4  Tujuan Kegiatan
ü  Klarivikasi masalah atas isu – isu yang berkembang
ü  Mengembalikan citra perusahaan atas isu yang sedang terjadi.
ü  Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan melalui media massa yang diterbitkan oleh wartawan.
ü  Untuk meningkatkan omset restaurant agar tidak mengalami kerugian atas isu yang terjadi.
ü  Menjalin silaturahmi dengan media demi menciptakan kepercayaan perusahaan terhadap media

1.5  Manfaat Kegiatan
Untuk mengembalikan citra perusahaan yang sebelumnya menurun akibat isu-isu yang berkembang sebelumnya, demi tetap menjaga kesetian pelanggan dan memberikan kedekatan dengan pelanggan setia Solaria. Serta memberi kepercayaan publik terhadap produk-produk solaria yang “halal” dan “higienis” dan juga menjaga hubungan baik dengan media sehingga menghasilkan hubungan yang membawa benefit bagi perusahaan.


BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

2.1 Profil Perusahaan
Nama Perusahaan        : PT. Sinar Solaria
Tahun Berdiri              : 1995
Jenis Perusahaan         : Restoran
PT Sinar Solaria adalah perusahaan yang berhgerak di bidang kuliner dengan Restoranya yaitu Solaria yang merupakan restoran lokal dan asli Indonesia (local brand) yang yang juga merupakan restoran keluarga dengan konsep Casual Dinning Restaurant dengan menyajikan menu-menu makanan khas rumahan. Dengan jumlah outlet sekitar 200 yang menyebar di seluruh kota besar di Indonesia. Solaria memiliki visi menjadi restaurant pilihan utama masyarakat dan  misi menyediakan aneka rasa dan jenis makanan bagi pelanggan dengan pelayanan yang tepat demi kepuasan pelanggan.

2.2 Perencanaan Kegiatan Media Relations
Untuk memberikan kejelasan serta mengembalikan citra perusahaan dan juga demi menjain suatu hubungan yang baik dengan media maka kegiatan yang akan kami laksanakan adalah sebagai berikut :
2.2.1 Kegiatan Konfrensi Perss
Judul/ Tema     : “ SOLARIA YANG HALAL BERSAMA MUI
Tempat            :Restorant Solaria, Jl Jend Gatot Subroto No.07, Tebet Jakarta Selatan
Waktu             : Jum’at 20 Mei 2016 Pukul : 14.00 – 17.30 WIB
Pembicara        :
ü  Kepala Bidang Sosialisasi dan Halal MUI : Dr. Ir. Aji Jumiono, M. Si
ü  Kepala Bidang Kehumasan PT Sinar Solaria : Dedy Nugraha M.kom
ü  Pres Kit :
·         Press release
·         Goody Bag ( 11 buah )
·         Flashdisk ( 11 Buah )
2.2.2. Press Release

JAKARTA – Restaurant Solaria akhirnya mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesi (MUI). Hal ini ditandai dengan diserahkannya sertifikat halal tersebut dari MUI kepada Solaria, Jum’at 20 Mei 2016bertempat Restorant Solaria, Jl Jend Gatot Subroto No.07, Tebet Jakarta Selatan selain penyerahan sertifikat pada hari itu Solaria juga mengadakan konfrensi perss.

Dengan diterimanya sertifikat halal ini, MUI memastikan bahwa semua bahan baku yang di gunakan solaria dijamin halal setelah melewati proses pengujian yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetita Mui dan dinyatakan terbebas dari bahan baku yang mengandung zat haram.
Penyerahan sertifikat halal dilakukan oleh Kepala Bidang Sosialisasi dan Halal MUI Dr. Ir. Aji Jumiono, M. Si kepada Direktur PT Sinar Solaria Maaruf Amin M.Psi, Dedy Nugrahadi menambahkan dengan dikeluarkannya sertifikat halal MUI ini, diharapkan kepercayaan masyarakat masyarakat terhadap solaria semakin meningkat. “ Kami berharap pula solaria tetap menjadi pilihan keluarga Indonesia. Ini karena dalam menyediakan menu makanan dan minuman kepada para pelanggan, kami akan senantiasa mengacu pada sistem jaminan halal yang ditetapkan oleh MUI,” ujarnya dalam konfrensi persnya jum’at siang.
Sebelumnya diberitakan restaurant yang berdiri sejak 1995 ini dipermasalahkan banyak pihak karena belum memiliki sertifikat halal dari MUI. Hal tersebut menimbulkan berbagai isu bahwa sajian dari restaurant lokal dan asli Indonesia ini memakai zat zat yang haram dikonsumsi umat Muslim, seperti arak merah dan minyak babi, saat ini Solaria telah memiliki sekitar 200 outlet yang menyebar di sejumlah kota besar di Indonesia dengan konsep baru yang minimalis dengan pelayanan yang lebih baik.




2.3 Media Target
Ø  Media Visual ( TV )
ü  TV One
Jl. Rawa Terate II No.2 Kawasan Industri Pulo Gadung – Jakarta
Telp : +62 21 4613545
Fax : +62 21 30405668
Website : www.tvone.co.id

ü  Metro TV
Street Address Jl. A. Yani No. 5-7
Gd. Bank Papua Lt. 6
City Jayapura
Country Indonesia
Telp : +62 (0)967 522 6666
Fax :  +62 (0)967 522 019
Email : webmetro@metrotvnews.com
website :
http://www.metrotvnews.com

ü  NET TV
JL. GATOT SUBROTO KAV 21 Jakarta Pusat
Telp : +62 (0)967 522 6778
Email : Webmaster@net.tv.id
Website : www.netmedia.co.id

ü  TRANS TV
Jl. Kapt Tendean 12 – 14A, Jakarta Pusat, Kode Pos: 12790
Telp : +62 (0)21 7917 7000
Email : webmaster@transtv.co.id
Website :
http://www.transtv.co.id

ü  RCTI
Jl. Raya Pejuangan – Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kode Pos :11530
Telp : +62 21 530 3540 / 530 3550 / 536 0623
Fax :  +62 21 532 0906 / 549 3838 / 549 3846
Email :
webmaster@rcti.tv, pr@rcti.tv, pr@rcti.co.id
Website :
http://www.rcti.tv

Ø  Media Cetak ( Koran )
ü  Koran Tempo
Kebayoran Centre Blok A11-A15,
Jl. Kebayoran Baru Mayestik, Jakarta 12240
Telp. (021) 7255625.
Fax. (021) 7255645, 7255650
Email : koran@tempo.co.id,
interaktif@tempo.co.id
ü  Kompas
Jl Palmerah Selatan 26-28 Jakarta Pusat 10270
Telp.(021)5302200, 5347710, 5347720, 5347730 Faks. (021) 5466085
PO Box 4612 Jakarta 12046

ü  Republika
Jl Warung Buncit Raya No. 37 Jakarta 12510
Telp. (021) 7800649, 780042 Faks.(021)7803747
Website : http://www.republika.co.id.

Ø  Media Online

ü  Detik.com
Aldevco Octagon Building - Lantai 2
Jl. Warung Buncit Raya No.75, Jakarta Selatan 12740
Telp. (021) 794.1177.
Fax. (021) 794.4472
Email :
redaksi@staff.detik.com

ü  Liputan6.com
Jl. Asia Afrika Lot 19, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakart
Telp : (021) 722 9681




2.4 Anggaran Dana
Bereikut ini adalah estimasi biaya yang harus di keluarkan berdasarkan perencanaan konferensi pers tersebut :
No
Nama Barang
Kuantitas
Harga
Keterangan
1
Konsumsi Peserta
30 Porsi
Rp. 2.000.000
Catering + Snack
2
Peralatan
-
Rp. 3.000.000
Persiapan Tempat
3
Press Kit
22
Rp. 1.650.000
Goody Bag + Flasdisk + Press Release
4
Amplop Wartawan
10
Rp. 1.500.000
Rp. 150 rb / Orang
5
Sewa Pembicara
1
Rp. 3.000.000
Perwakilan MUI
6
Lain – lain
-
Rp. 2.000.000
Dana Tak Terduga dan lain - lain
Jumlah
Rp.                                          13.150.000






2.6 Time Table
No
Waktu & Tanggal 16 – 21 Mei 2016
01
Jenis Kegiatan
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
Keterangan / PJ
02
Penyusunan Panitia& Rapat Persiapan







Drirektu, Kepala bidang kehumasan & Keuangan
03
Rapat Fixsasi, Pemberian undangan kepada media & Narasumber
Konfirmasi Kehadiran Undangan













Panitia pelaksana & Kepala bidang kehumasan
04
Persiapan Perlengkapan








Bagian Perlengkapan & Panitia Pelaksana
05
Pelaksanaan Kegiatan







Konfrensi pers
06
Analisis Kegiatan, Evaluasi& Rapat Penutupan Panitia








Pengarsipan & Evaluasi Oleh Panitia Pelaksana & Staff PR





BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Demi tercapainya visi di butuhkan cirta yang baik bagi sebuah perusahaan di sini seorang Public Relations harus selalu sigap dan tanggap dalam menghadapi krisis namun seorang PR tidak akan mampu bekerja dengan baik tanpa bantuan media yang berperan sebagai Publisher, seorang PR mustahil dapat bekerja tanpa hubungan yang baik dengan media dengan diakanya Konfrensi Perss ini kami rasa  selain dapat menangani krisi namun juga dapat memper erat tali silaturahmi dan juga kepercayaan media terhadap perusahaan sehingga dapat tercipta hubungan mutualisme dan juga membawa manfaat bagi perusahaan demi tercapainya visi PT Sinar Solaria.

3.2 Saran – Saran

Dari berkembangnya isu di kalangan masyarakat harusnya kita sadar bahwa masih banyak hal yang harus di perbaiki dari perusahaan ini demi tercapainya sebuah visi perusahaan tetntu kita harus selalu mengedepankan citra perusahaan dan dengan adanya media sebagai partner hal ini sangat memudahkan kita dalam menjangkau tiap sendi – sendi masyarakat, oleh karena itu sangat di butuhkan sebuah hubungan yang baik dengan media.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama