CONTOH PROPOSAL STRATEGI KAMPANYE PR
PERUSAHAAN SUSU [FIKTIF]
BAB I
LATAR BELAKANG
PERUSAHAAN SUSU [FIKTIF]
BAB I
LATAR BELAKANG
Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang sangat penting dan sangat membantu pertumbuhan anak – anak, tidak hanya membantu pertumbuhan, susu ini juga membantu menjaga kesehatan anak hingga dewasa.
Namun, minum susu di Indonesia ini masih termasuk rendah bila dibandingkan dengan negara-negara Asia lainya, Hal ini disebabkan karena kebanyakan orang tua di Indonesia masih menganggap bahwa susu hanya diperlukan saat masih bayi atau balita saja dan mereka kebanyakan meninggalkan minum susu saat menginjak usai anak – anak atau dewasa.
Dari survey yang dilakukan oleh SEANUTS (South Asean Nutrition Surveys) menunjukan bahwa 71 persen anak-anak usia 12 tahun ke atas di Indonesia sudah meninggalkan susu. Mereka masih dalam masa pertumbuhan dan susu ini akan sangat membantu proses tersebut.
Selain disebabkan oleh kurangnya kesadaran orang tua dan masih rendahnya tingkat konsumsi susu pada anak-anak adalah salah satu faktor yang menyebabkan pertumbuhan mereka kurang sempurna. Hal itu juga disebabkan karena anak-anak menganggap minum susu adalah sesuatu hal yang membosankan.
Untuk itu perlu dibangun sebuah kesdaran (Awarness) pada manfaat dan pentingnya minum susu pada orang tua.
Download kampanye ini versi Power Point (PPT)? adanya di : Download Presentasi Kampanye Public Relations
1.1. Profil Perusahaan
MISSU MILK merupakan salah satu perusahaan multinasional susu terbesar yang ada di Indonesia. Dimulai dari usaha rumahan pada tahun 1986 di Bogor – Jawa Barat PT MISSU MILK berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1990 PT MISSU MILK melebarkan sayap bisnisnya bersama dengan 150 karyawan menjadi PT MISSU MILK.CORP.
Bukan hanya sebagai pelopor, PT MISSU MILK pun tetap menjadi minuman pilihan konsumen seluruh Indonesia yang bergerak di bidang produksi dan distribusi produk - produk bergizi berbasis susu dengan berbagai varian brand miliknya, seperti MISSU MILK sendiri, TEH FRESTINE untuk minuman dinginnya dan SARI KACANG KEDELAI untuk minuman sehatnya. Sejalan dengan perkembangan usaha pada tahun 1994, PT MSSU MILK telah melahirkan beberapa perusahaan dengan produknya masing – masing bersama dengan 1.561 karyawan.
1.2. Analisis SWOT
1.2.1. Stegth ( Kekuatan )
v Indonesia yang bernaung di bawah bendera Royal FrieslandCampina merupakan perusahaan multinasional dengan laba usaha dan pendapatan bersih terbesar di Indonesia dan dunia (€ 8.972.000 pada tahun 2010).
v MISSU MILK Indonesia memegang market share susu anak usia 6 - 12 tahun terbesar di Indonesia yaitu sebesar 60 persen pada tahun 2010.
v MISSU MILK Indonesia memiliki produk yang sangat bervariasi dari segi rasa (misalnya susu murni, susu rasa cokelat dan stroberi) dan tampilan produk yang menarik bagi anak-anak usia 6-12 tahun.
1.2.2. Weakness ( Kelemahan )
v Cakupan wilayah dan target audience YOU AND ME MISSU MILK terbatas pada anak-anak berusia 6-12 tahun di kota kabupaten dan kecamatan tertentu di Indonesia.
v YOU AND ME MISSU MILK adalah program perdana yang ingin menyadarkan sekaligus menggerakkan masyarakat untuk peduli terhadap gizi sempurna melalui kebiasaan minum susu setiap hari. Sebagai sebuah program perdana, sangat sulit untuk menentukan tolok ukur yang menjadi keberhasilan program ini dalam evaluasi akhir program.
1.2.3. Opportunities ( Peluang )
v Eksistensi Departemen Kesehatan Republik Indonesia akan sangat membantu realisasi rangkaian kegiatan YOU AND ME MISSU MILK di daerah-daerah kabupaten dan kecamatan di Indonesia.
v Tingginya animo anak-anak usia sekolah terhadap permainan yang menguji ketangkasan dan cepatan. Program YOU AND ME MISSU MILK menjadikan permainan sebagai sarana sosialisasi bagi anak- anak usia sekolah untuk mulai meminum susu secara rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi setiap harinya
1.2.4. Threats ( Ancaman )
v Kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya gizi seimbang bagi anak-anak usia sekolah masih sangat minim.
v Isu permasalahan susu berbakteri yang merebak di awal tahun 2011 membuat sebagian besar masyarakat Indonesia ragu - ragu untuk mengkonsumsi susu cair maupun bubuk dalam kemasan.
v Minimnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya gizi seimbang bagi anak-anak usia sekolah saat ini.
v Tidak sedikit anak-anak usia sekolah yang tidak menyukai susu dan cenderung lebih menyukai jenis minuman lainnya seperti teh dan soda.
1.3. Maksud & Tujuan Kampanye
Adapun maksud dan tujuan kampanye dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.3.1. Tujuan
1. Membentuk awareness tentang gerakan minum susu.
2. Memberikan pengetahuan tentang kandungan nutrisi pada susu.
3. Memberi hiburan untuk anak dan sebagai sarana untuk ajang menampilkan bakat
4. Bisa mengeksplorasi kemampuan dan bakat dalam bentuk gambar
5. Kampanye persiapan nutrizi bagi anak siap sekolah
6. Mendorong anak – anak untuk hidup sehat dan mendapatkan gizi seimbang
7. Mengembangkan dan meningkatkan nilai kreatifitas dan inovasi yang bersifat kompetitif
8. Mengkomunikasikan Brand Image positif suatu produk.
9. Sebagai media promosi sebuah produk.
10. Meningktan penjualan
1.3.2. Maksud
Mempertahankan dan menguatkan kembali brand MISSU MILK di dalam benak masyarakat, sekaligus mensosialisasikan pentingnya kandungan gizi dalam susu serta menggerakkan masyarakat, khususnya khalayak sasaran, untuk terlibat langsung dalam memerangi besarnya angka gizi buruk pada anak-anak usia sekolah.
1.4. Target Sasaran Kampanye
v Laki – laki & Perempuan
v Siswa / siswi usia 10 - 14 tahun
v Orang tua dari siswa – siswi sekolah-sekolah sasaran
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Nama & tema Kegiatan
Dalam kampanye ami kali ini kami akan mengambil nama dan tema kampanye dengan rincian sebagai berikut :
v Tema : Pendidikan
v Nama Kegiatan : MISSU GOES TO SCHOOL
2.2. Jenis Kegiatan
Pada kampanye yang akan kami gelar kali ini kami akan mengkampanyekan melalui event yaitu dengan mengadakan “Lomba Mewarnai” yang akan kami laksanakan di sekolah-sekolah dasar dan juga mengengah di JABODETABEK.
2.3. Waktu, Tanggal & Tempat Pelaksanaan Kampanye
v SDN Pondok Cina
Senin, 19 / 12 / 2016
Senin, 19 / 12 / 2016
14.00 – 17.00 WIB
v SDN Padjajaran Depok
Rabu, 21 / 12 / 2016
Rabu, 21 / 12 / 2016
14.00 – 17.00 WIB
v Sekolah Master Depok
Senin, 01 Januari 2017
14.00 – 17.00 WIB
2.4. Pesan Kampanye
v Mennyampaikan pesan kandungan Gizi dalam susu
v Pentingnya minum susu pada usia pertumbuhan
v Jangan meninggalkan susu meskipun sudah berumur diatas 12 tahun.
v Akibat kurangnya asupan Gizi karna meninggalkan susu.
2.5. Strategi Taktik
Agar kampanye kami kali ini dapat berjalan dengan baik dan efektif, berikut ini telah kami rangkum Strategi Taktik dalam penyampaian pesan sehingga diharapkan pesan-pesan kampanye kami dapat tersampaikan dengan baik :
v Menyisipkan pesan-pesan kampanye melalui permainan (Games)
v Menyampaikan pesan-pesan berupa lambang-lambang perusahaan melalui atribut kampanye.
v Menarik minat audiens dengan memberikan hadiah kepada siapa saja yang tahu tentang susu.
v Pemutaran video-video menarik tentang susu ataupun tentang perusahaan.
2.6. Media Kampanye
Berikut adalah media-media yang kami gunakan dalam kampanye kali ini, media-media ini selain digunakan untuk menujang kegiatan tetapi berfungsi untuk membawa pesan-pesan dari perusahaan seperti brand dan ciri khas perusahaan.
v X Banner 160x60
v Sertifikat
v Brosur
v Name tag panitia
v Poster
v Marcendise / Sovenir seperti :
ü Kaos
ü Gelas / Muug
ü Goody Bag
ü Pin
2.7. Pendanaan
ITEM
|
HARGA
|
JUMLAH
|
TOTAL
| |||||||||||||||||||||||||
KESEKRETARIAN DAN ADMINISTRASI
| ||||||||||||||||||||||||||||
Stempel
|
Rp. 100.000/paket
|
2
|
200.000
| |||||||||||||||||||||||||
Cetak Proposal Kegiatan
|
Rp. 25.000/eksemplar
|
1 @5sekolah
|
75.000
| |||||||||||||||||||||||||
Kaos
|
Rp. 50.000/orang
|
5@5sekolah
|
250.000
| |||||||||||||||||||||||||
Fotocopy surat
|
Rp. 100,00
|
1000
|
100.000
| |||||||||||||||||||||||||
TOTAL
|
= 625.000
| |||||||||||||||||||||||||||
PERIZINAN
| ||||||||||||||||||||||||||||
Sekolah Master Depok
|
1.000.000
|
2.000.000
| ||||||||||||||||||||||||||
SDN Padjajaran 01 Depok
|
1.000.000
|
2.000.000
| ||||||||||||||||||||||||||
SDN Pondok Cina 01 Depok
|
1.000.000
|
1.000.000
| ||||||||||||||||||||||||||
HADIAH DAN SOUVENIR
| ||||||||||||||||||||||||||||
Goodie Bag
|
15.000/anak
|
300 (jml murid) x @5 (sekolah)
|
22.500.000
| |||||||||||||||||||||||||
Hadiah bg pemenang
|
20.000/buah
|
300 x 5
|
30.000.000
| |||||||||||||||||||||||||
Sertifikat
|
5.000/anak
|
300 x 5
|
7.500.000
| |||||||||||||||||||||||||
PENGISI ACARA
| ||||||||||||||||||||||||||||
Konsumsi
|
20.000/orang
|
5 x 5 x 5
|
1.500.000
| |||||||||||||||||||||||||
Petugas pembagi Susu
|
150.000/orang
|
2 x 5 x 5
|
7.500.000
| |||||||||||||||||||||||||
TOTAL
|
74.000.000
| |||||||||||||||||||||||||||
2.8. Rundown
|
NO
|
ACARA
|
WAKTU
|
DURASI
|
PERLENGKAPAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Persiapan
|
05.00 – 07.00
|
2 jam
|
Susu 1000 kotak/sekolah, paket alat tulis, Souvenir sekolah, Konsumsi
|
Mengepak, dan memastikan seluruh logistik siap dibawa ke setiap sekolah
|
Perjalanan kesetiap sekolah
|
05.00 – 06.30
|
1,5 jam
|
Driver, petugas pembagi susu, mobil pick – up Box
|
Setiap mobil pick up box berangkat menuju 10 sekolah
| |
Loading logistik di setiap sekolah
|
06.30 – 07.00
|
30 menit
|
Persiapan dan mengumpulkan anak - anak
|
Sampai disekolah dan menyiapkan seluruh logistik di setiap sekolah
| |
2.
|
Acara
|
07.00 – 11.00
|
2 jam
|
Pengantar tentang pentingnya susu (Edukasi)
| |
Pengarahan dari kepala sekolah
|
07.00 – 07.15
|
15 menit
|
Mic, podium, Booth
| ||
Pembagian susu, paket alat tulis dan lomba
|
07.15 – 08.45
|
1,5 jam
|
Dengan didokumentasikan oleh tim Video Shooting
| ||
Minum susu bersama dan wawancara dengan pihak sekolah dan perwakilan anak
|
08.45 – 09.30
|
1 jam 15 menit
|
Mewawancarai kesan pesan anak – anak dan pihak sekolah
| ||
3.
|
Penutupan
|
09.30 – 10.30
|
1 jam
| ||
Seremonial Penyerahan souvenir
|
09.30 – 10.15
|
45 menit
|
Menyerahkan souvenir untuk pihak sekolah
|
Menyerahkan souvenir untuk pihak sekolah
| |
Persiapan Transportasi dan perjalanan pulang
|
10.15 - 10.30
|
15 menit
|
Perjalanan kembali ke kantor Distributor
|
Loading barang dan persiapan pulang
|
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Gizi buruk sendiri sudah menjadi masalah yang selalu di hadapi di Indonesia, bukan hanya menjadi masalah sederhana, tetapi Indonesia sendiri menduduki tingkat ke lima dari seluruh dunia yang mengalami masalah gizi buruk. Untuk itu dari kegiatan “Meraih Hari Esok yang Lebih Cerah Dengan Segelas Susu Setiap Harinya”. yang dilakukan oleh PT Missu Milk, kami mengharapkan perubahan pada kualitas SDM, kesehatan serta gizi anak Indonesia.
Dalam kegiatan ini sendiri kami melatih anak – anak sambil belajar cara memahami pentingnya asupan gizi seimbang untuk menunjang pertumbuhan fisik dan mental mereka. “Meraih Hari Esok yang Lebih Cerah Dengan Segelas Susu Setiap Harinya” juga memberikan berbagai pengetahuan mengenai manfaat susu dan pentingnya mengkonsumsi serta makanan sehat setiap harinya melalui metode self-learning dalam setiap kegiatannya.
Selain itu kami juga mengarapkan melalui program YOU AND ME MISSU MILK, dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan gizi dan kesehatan anak - anak Indonesia supaya mereka dapat meraih hari esok yang lebih cerah.
3.2. Dokumentasi
" Contoh Proposal Strategi Kampanye PR - Perusahaan Susu [Fiktif] "
Posting Komentar