PERENCANAAN PROGRAM RADIO
BROADCASTING TV
RADIO SIARAN
Tiga bentuk kebutuhan dasar pendengar :
Informasi
Pendidikan
Hiburan
Sifat radio siaran :
Auditori, pesannya hanya bisa didengar saja.
Imajinatif
Mengandung gangguan
Intim, bersifat akrab
Identik dengan music
Karakteristik Radio sebagai Media Massa
Karakteristik radio sebagai media massa:
A. Publisitas
Disebarluaskan pada publik, siapa saja bisa mendengar radio, tidak ada batasannya
B. Universalitas
Pesannya bersifat umum
C. Periodisitas
siaran radio bersifat tetap atau berkala. Misalnya harian atau mingguan
D. Kontinuitas / berkesinambungan / terus menerus
E. Aktualitas
Siaran radio berisi hal-hal baru
Sifat Pendengar radio
Sifat pendengar radio :
· Heterogen, memiliki latar belakang yang berbeda dan tersebar dimana-mana.
· Pribadi, komunikator radio seolah – olah bertamu ke kamar pendengar
· Aktif, pendengar aktif berpikir dan melakukan interpretasi terhadap isi siaran.
· Selektif, pendengar memiliki program dan channel yang disukainya.
Keunggulan dan kelemahan media
Radio
Keunggulan media radio :
A. Cepat dan langsung
B. Akrab
C. Hangat/mempengaruhi emosi pendengar
D. Tanpa batas
E. Murah
F. Fleksibel
Kelemahan media radio :
A. Selintas
B. Batasan waktu
C. Beralur linier (Program yang didengar berdasarkan rundown yang sudah ada)
Programming
· Dalam upaya pencapaian target pendengar diperlukan “programming” atau penataan acara.
· penataan itu sendiri merupakan sebuah proses mengatur program demi program termasuk penjadwalannya sehingga terbentuk station format dengan tujuan menciptakan image stasiun penyiaran radio.
· Perencanaan programming yang baik akan mempengaruhi pengembangan citra dan reputasi brand terhadap pendengar
· Jika rating pendengar baik, lamanya mendengarkan, maka akan sangat berdampak pada sirkulasi massa yang memang dicari oleh pemasang iklan.
· Rating digunakan untuk mengukur efektivitas penggunaan media, rating menunjukkan bagian dari sejumlah individu yang mendengarkan suatu acara pada suatu waktu tertentu.
· Jika perolehan pemasukan dari pemasang iklan baik, maka hal ini menunujukkan operasional program penyiaran yang berhasil. Bagian program, pemberitaan, teknik, dan penjualan dalam sebuah stasiun penyiaran radio perlu memiliki ”programming leadership”.
Karakteristik fungsi programming (beberapa hal yang harus dipahami untuk seorang programmer) :
A. Fungsi programming memang sangat sulit jika dikaji dari ukuran keakuratannya (difficult to size accurately). Sistem penyiaran radio di Amerika Serikat menyebutkan Morning Drive, Daytime, Afternoon Drive, Night Time, Overnight.
B. Fungsi programming adalah berkesinambungan (continuous). Stasiun penyiaran radio dalam melakukan siarannya tidak hanya dengan satu atau dua program saja, sejak “sign on” hingga ”sign off”.
C. Fungsi programming adalah persaingan yang luar biasa (extremely competitive) banyak stasiun penyiaran radio yang membidik dengan target pendengar yang sama, karena jumlah radio saat ini sudah semakin banyak. Kreatifitas menjadi hal penting dalam memenangkan persaingan ini.
D. Fungsi programming adalah menjaga stabilitas dalam jadwal program. Hal ini merupakan upaya untuk mengembangkan kebiasaan mendengarkan. Semakin lama waktu pendengar mengikuti program, maka akan dapat berdampak kepada lamanya pemasang iklan melakukan promosi juga.
E. Fungsi programming adalah mencari dan memperoleh ide dan materi kreatif, yang bisa didapat dari berbagai sumber yang memungkinkan. Hal ini berfungsi untuk mengembangkan ide-ide, bentuk program baru, dan memelihara imajinasi pendengar.
F. Fungsi programming adalah spekulasi yang sangat tinggi (highly speculative). Programming bisa diibaratkan hal yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata (idenfinable) dan aspek yang tidak dapat menyentuh (intangible) daya tarik pendengar
· Analisa evaluasi yang berhasil biasanya didukung oleh beberapa faktor antara lain pengetahuan yang luas dari berbagai sumber, memahami bisnis penyiaran radio secara umum, dan memahami pembiayaan membuat program.
· Dengan pemahaman ini seorang Program Director akan dapat mengevaluasi dan dapat menjalankan seluruh risiko pekerjaan sulit dengan tingkat keberanian yang tinggi.
· Tujuan program stasiun penyiaran radio komersial adalah untuk menyiarkan atau mengudarakan sesuatu yang bisa menarik perhatian pendengar, kemudian bisa ”dijual” kepada para pengiklan. Dalam menyusun format acara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mencakup : geografis-demografis-pskografis-perilakuindividu, positioning.
· Elemen-elemen pendukung format acara :
- Musik
- Kata-kata
- Identitas stasiun
- Iklan
- Gaya siaran
- Penjadwalan acara
· Untuk sebuah radio baru amat penting menentukan format sebelum memulai aktivitas siaran.
· Proses penentuan format dimulai dari penentuan visi dan misi yang ingin dicapai, pemahaman tentang pendengar yang dituju melalui riset ilmiah untuk mengetahui apa kebutuhan dan bagaimana perilaku sosiologis-psikologis mereka.
1. visi, misi, dan target pendengar
2. format stasiun
3. marketing (positioning/penempatan, target/segmen)
4. programming (komposisi program, penjadwalan program)
Format dan karakteristik Radio
· Setelah menentukan format stasiun, pekerjaan berikutnya bagi perencana siaran adalah menentukan berbagai jenis program yang akan ditawarkan kepada pendengar. Dalam dua puluh tahun terakhir, jenis program siaran populer di berbagai negara termasuk di Indonesia adalah :
· Musik (Penyusunannya berdasarkan geografis, penyanyi dan jenis musik)
· Berita dan Informasi (Dua model kemasannya adalah live report dan rekaman)
· Bertutur interaktif (Beberapa contoh programnya adalah song request, opini, kuis, gosip, games)
· Diskusi publik (Melalui talk show, radio menjadi sarana untuk menyampaikan gagasan dan kritik terhadap situasi sosial, ekonomi dan politik)
· Elemen-elemen acara yang sudah tersusun dengan baik, dalam kepenyiaran disebut ”hot clock” atau ”format wheel"
· Selain format musik, format lain yang bisa kita pertimbangkan dalam menyusun penataan acara, misalnya :
Format berita, debat, wawancara, surat pendengar, phone in, komentar, sport, kuiz,tanya jawab, dan voxpops.
PENGGOLONGAN JENIS-JENIS ACARA SIARAN
· Menurut unsur acara siaran- siaran kata (news features, dramas, talks and discussions, etc.)
- siaran seni suara (serious music, light music, dance, variety, etc.)
Ditinjau dari isi siarannya, penyajian acara radio siaran secara umum dibagi menjadi dua yaitu :
· Non Berita
Berikut ini adalah penggolongan jenis-jenis acara siaran (menurut UNESCO) :
· Siaran pemberitaan dan penerangan (News and Information Programmes)
- warta berita (straight news)
- reportase (current affairs)
- penerangan umum (general information)
- pengumuman (public service)
· Siaran pendidikan (Educational Programme)
- siaran anak-anak
- siaran remaja
- siaran sekolah
- siaran pedesaan
- siaran keluarga berencana
- siaran agama- ruangan wanita
- pengetahuan umum
· Siaran kebudayaan (Culture Programme)
- sastra (literature)
- kesenian daerah (folklore)
- apresiasi seni (art appreciation)
· Siaran hiburan (Entertainments)
- musik daerah (local music)
- musik indonesia (national music)
- musik asing (foreign music)
- hiburan ringan (light entertainment)
· Siaran lain-lain (Miscellaneous)
- ruangan iklan (commercial spot announcement)
- pembukaan / penutup siaran (opening/closing tune)
Contoh Jadwal Program ARH GLOBAL RADIO Selama 1 Minggu
CLOCK FORMAT PROGRAM UNGGULAN ARH GLOBAL RADIO
Clock Format
RUNDOWN ACARA UNGGULAN ARH GLOBAL RADIO
SATURDAY HANGOUT
SATURDAY HANGOUT
" PERENCANAAN PROGRAM RADIO - Broadcasting TV "
Posting Komentar