KONFLIK DAN MASALAH KOMUNIKASI DALAM LOBI
TEKNIK LOBY & NEGOSIASI PR
DEFINISI KONFLIK - Daniel Webster (dalam Pickeringm 2001:1) mendefinisikan konflik sebagai:
- Persaingan atau pertentangan antara pihakpihak yang tidak cocok satu sama lain.
- Keadaan atau perilaku yang bertentangan (misalnya: pertentangan, pendapat, kepentingan, atau pertentangan antarindividu).
- Perselisihan akibat kebutuhan, dorongan, keinginan, atau tuntutan yang bertentangan.
- Perseteruan.
Alasan timbulnya konfilk dalam melobi:
- Ada perbedaan pendapat di dalam kubu tim Misalnya dalam menetapkan butir-butir persetujuan yang akan dibawa ke lobi dan dalam batas kesepakatan.
- Konflik kepentingan
Tiap individu peserta lobi atau yang mengikuti proses lobi kemungkinan memiliki agenda tersendiri. - Berebut pengaruh
Untuk menjadi ketua tim, misalnya, sering di antara anggota tim lobi terjadi saling “sikut”, saling mendiskreditkan , dan sebagainya. - Double Agent
Ada kecurigaan, dalam tim lobi ada agen ganda. Tidak hanya mewakili kepentingan tim dan organisasi , tetapi dia juga mewakili kepentingan pemerintah atau pihak lain karena ia adalah agen pemerintah ataupun agen pihak seteru (lawan). - Konflik Antara Tim Dengan Pimpinan Atau Salah Satu Pimpinan Organisasi/Perusahaan Tempatnya Bekerja.
Lobi bertujuan mempengaruhi keputusan sasaran lobi. Perlu dipengaruhi karena sasaran lobi berkemungkinan untuk:
- Menolak.
- Mendukung.
- Menyetujui dengan syarat.
- Menyetujui penuh.
ANGGAPAN SALAH TENTANG KONFLIK
Menurut Pickering:
- Alangkah mudahnya jika konflik bisa selesai dengan sendirinya. Konflik harus segera diselesaikan, jika tidak akan semakin sulit dikendalikan.
- Dalam menyelesaikan konflik terkadang memang harus dengan konfrontasi. Konfrontasi bukanlah perang melainkan duduk di meja perundingan untuk menyelesaikan masalahnya.
- Salah jika beranggapan bahwa konflik dalam perusahaan menandakan pemimpinnya tidak bisa memimpin.
- Konflik bisa menunjukkan adanya kepedulian yang besar dalam diri orang itu pada kondisi perusahaan.
- Amarah tidak bisa disebut negatif atau positif
Agar lobi tidak mengarah pada konflik dan sebaliknya memperbesar kemungkinan dikabulkannya permintaan kita, maka kita harus mengenali interest dan kepentingan masingmasing Stakeholder.
Faktor-faktor yang menjadi penghambat lobi dalam komunikasi:
- Faktor situasional
- Faktor sosiologis
- Faktor psikologis
Baca juga :
- Arti penting Lobi bagi Individu dan Organisasi
- Pengertian dan definisi Lobi - Teknik lobi dan negosiasi PR
- Hubungan Lobi dan Komunikasi - Teknik Loby Public Relations
- Langkah-langkah dan strategi Lobi
Searches related to KONFLIK LOBI
lobi dan negosiasi
faktor penghambat lobi
" Konflik dan Masalah komunikasi Dalam Lobi - Tekni Loby & Negosiasi PR "
Posting Komentar