[ CONTOH ] BISNIS PLAN USAHA JAMUR KRISPI (MR. JAMOUR)
ENTREPRENEURSHIP

Bisnis Plan - Adalah ide atau rancangan usaha yang masih dalam bentuk perencaan dan biasanya di tuangkan dalam bentuk proposal bisnis untuk nantinya ditujukan kepada penyandang modal atau pihak-pihak yang mungkin bisa diajak bekerja sama dalam bisnis yang ingin dijalankan.

Berikut adalah contoh rencana bisnis ( Business Plan ) yan dikiriman ke Dunia Public Relations, bisnis plan ini tadinya telah digunakan untuk menuntaskna tugas mata kuliah Entrepreneurship untuk sobat yang membutuhkan refrensi dalam menyusun bisnis plan silahkan gunakan sebagai panduan atau refrensi, semoga bermanfaat..

CONTOH BISNIS PLAN ENTREPRENEURSHIP

bisnis plan, ide bisnis,bisnis entrepreneur,entrepreneurship,membuat plan bisnis,mr jamour

Kata Pengantar

Puji syukur senantiasa kami limpahkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya kepada kita sehingga kita masih bisa menikmati kehidupan yang penuh kebahagiaan di sini. Kami selaku pendiri Mr. JamOur ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kerabat kerja yang telah memberikan montribusinya sehingga dengan ini kami bisa menyelesaikan bisnis plan kami tepat pada waktunya.

Di sini kami menyadari bahwa bisnis plan kami ini masih banyak sekali kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangung sangat kami harapkan demi kesuksesan bisnis kami dan kami juga berharap bsinis kami dapat berjalan dengan lancar dan dapat membawa manfaat bagi orang lain.

Latar Belakang Usaha

Dewasa ini banyak sekali bentuk dan aneka ragam jenis makanan baik makanan pokok maupun makanan ringan. Kususnya di Indonesia pada saat ini banyak masyarakat yang lebih menyukai makanan instan denga rasa enak dan harganya yang murah di sini kami mencoba berinovasi dengan membuat produk ini dengan harapan menjawab kebutuhan konsumen serta mencoba memperkenalkan makanan khas Indonesia ini agar lebih di kenal oleh masyarakat.

Kenapa keripik jamur ? kami memilih keripik jamur karna kami melihat melihatdi lingkungan kami terutama mahasiswa sangat gemar mengkonsumsi makanan ringan namun hanya tanpa memperhatikan gizi yang terkandung. Maka dari itu kami mencoba membuat produk ini dengan harapan dapat memberikan produk makanan ringan yang murah, banyak varian dan juga kaya akan kandungan gizi.

Dengan ini kam berhara dapat memberikan jajanan yang bervariasi sehingga konsumen tidak merasa jenuh atao bosan dengan produk kami tanpa harus khawatir mengenai masalah gizi dan dapat di peroleh dengan harga terjangkau.

Di sini kami juga melihat adanya kemudahan peluang karena bahan baku dari produk kami sangat mudah di dapat dan dapat di adaptasikan dengan lidah orang Indonesia sehingga kami optimis produ kami ini akan mudah di terima di masyarakat.

Daftar isi :

Cover  I.......................................................................................................................... 01
Cover II......................................................................................................................... 02
BAB I Pendahuluan...................................................................................................... 03
Latar Belakang Usaha.................................................................................................. 04
Daftar isi....................................................................................................................... 05
Visi & Misi................................................................................................................... 06
Deskripsi Produk.......................................................................................................... 06
Struktur Organisasi...................................................................................................... 07
Jobdesk......................................................................................................................... 08
BAB II Analisa Pasar.................................................................................................... 09
Analisa SWOT............................................................................................................. 09
Analisa Persaingan....................................................................................................... 10
 Posisi Produk............................................................................................................... 10
BAB III Rencana Pemasaran....................................................................................... 11
Pemasaran.................................................................................................................... 11
Komponen Pendukung Pemasaran.............................................................................. 11
Rencana Penjualan....................................................................................................... 12
BAB IV Rencana Produksi.......................................................................................... 13
Sumber Bahan Baku.................................................................................................... 13
Biaya produksi............................................................................................................. 13
Proses Produksi............................................................................................................ 14
BAB V Rencana Pelaksanaan Usaha.......................................................................... 15
Cara Pelaksanaan......................................................................................................... 15
BAB VI Rencana Keuangan........................................................................................ 16
Persiapan Buget Usaha................................................................................................ 16
Buget Pelaksanaan....................................................................................................... 16
Break Event Point........................................................................................................ 17
Pembagian Keuntungan............................................................................................... 17
BAB VII Alternatif Usaha........................................................................................... 18
Bab VIII Penutup......................................................................................................... 18

A. Visi & Misi

Menciptakan produk makanan yang di cintai oleh konsumen, melakukan inovasi di bidang makanan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

B. Deskripsi Produk

Mr. JamOur adalah produk makanan ringan yang berbahan baku jamur tiram yang di goreng dengan di lapisi tepung hingga krispi lalu di bumbui dengan berbagai bumbu rempah rempah yang memberikan perpaduan rasa pedas manis dan juga gurih, jamur krispi tersebut ketika sudah di bumbui lalu kemudian masuk ke tahappengenmasan yaitu di kemas dengan menggunakan kantung plastik ukuran ¼ kg dengan berat kurang lebih 100gr untuk satu kemasan.

Jamur krispi kami ini memang bukan yang pertama kali muncul namun di sini kami akan mencoba mengembangkan olahan makanan tersebut menjadi beberapa varian lagi dengan menambahkan daging ayam atau sapi dan mengolah kembali bumbu rahasia kami dengan memberikan tambahan rempah-rempah lain sehingga tercipta varian rasa yang baru sehingga konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami karena berbagai varian rasa tersebut.


C. Struktur Organisasi
  1. Direktur
    Anggi Dwi 
  2. MulyaSekretaris
    Alviani Prasetya
  3. Keuangan
    Evaggelion
  4. Pelaksana
    Fadhil Ramadhan Wiriandi
  5. Produksi
    Dwi Septa Damayanti
  6. Humas
    Ria Dewi Charolina
  7. Pemasaran dan Periklanan
    Alfan Hidayat
D. Jobdesk
  1. Direktur
    • Mengatur usaha dan menberi motivasi kepada karyawan
    • Bertanggung jawab atas usaha dan karyawan
    • Menmimpin perusahaan untk mencapai visi dan misi
    • Melakukan koordinasi mengontrol dan mengawasi karyawan
     
  2. Sekertaris
    • Membantu pekerjaan direktur
    • Mengatur aktivias perusahaan yang bersifat administrative
    • Sebagai mediator antara bawahan dengan atasan
  3. Bendahara
    • Mengurus dan mengelola masalah keuangan
    • Memberikan laporan keuangan kepada sekretaris
     
  4. Pelaksana
    • Melakukan koordinasi dengan atasan dan bawahan
    • Mengontrol tugas kerja karyawan
    • Memberikan laporan aktifitas perusahaan kepada manager
     
  5. Produksi
    • Mengontrol proses produksi
    • Bertanggung jawab atas proses produksi
     
  6. Pemasara dan periklanan
    • Melaksanakan program pemasaran dan periklanan
    • Mengevaluasi kinerja pemasaran dan periklanan
    • Membuat rencana pemasaran dan periklanan
     
  7. Humas
    • Menmperkenalkan dan mengangkat identitas dan citra perusahaan kepada masyarakat
    • Melayani konsumen dan meberikan informasi yang berkenaan dengan perusahaan
    • Menerima dan menampung semua masukan dari public ataupun karyawan
    • Mengevaluasi pandangan pubik terhadap perusahaan

BAB II

Analisa Pasar


A. Analisa SWOT ( Strenght, Weakness, Opportunity & Threat )

  • Strength ( Kekuatan )
    Produk ini merupakan produk olahan yang di gemari masyarakat dari berbagai usia terutama dari pengalaman kami adalah kalangan mahasiswa yang gemar mengkonsumsi makanan ringan. Selain itu bahan baku yang mudah di dapatkan, serta produk ini cukup familiar di kalangan masyarakat sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memperkenalkanya kepada publik dan jugadengan harganya yang terjangkau akan mudah di peroleh untuk berbagai kalangan kelas ekonomi.
  • Weakness ( Kelemahan )Kurangnya diferensiasi produk sehingga membuat konsumen akan merasa bosan jika mengkonsunmsinya secara berkala, serta dari produk tersebut kurang tahan lama seperti bahan baku jamur yang akan cepat membusuk.
     
  • Opportunity ( Peluang )Mendeferensiasi produk sehingga menciptakan produk yang berbeda denga produkyang telah ada maka akan ada peluang dengan produk yang terdeferensiasi serta berkonsentrasi dengankualitas cita rasa.
  • Threat ( Ancaman )Produk makanan ringan lain seperti Setik Kentang & Cimol dengan rasa dan harga yang hampir sama membuat produk tersebut menjadi subtitusi dari produk jamur krispi ini.

B. Analisa Persaingan

Persaingan pasar produk ini adalah pedagan dengan kelas kaki lima dan juga kantin-kantin kampus ataupun kantor, cara penjualan ini adalah yang paling umum di gunakan saat ini dengan berdagang kaki lima di tempat – tempat ramai seperti pinggir jalan raya dan juga di depan sebuah kantor atau kampus, namun kebanyakan produk mereka tidak memiliki brand.

C. Posisi Produk
Posisi produk ini adalah ceruk pasar yaitu mengikuti produk yang telah ada namun di sini kami akan memberikan brand dan juga melakukan inovasi agar dapat bersaing dengan produk-produk lain yang lebih dahulu muncul.
  • Sposnsor acara ( 6 Bulan )
  • Pemasaran jangka panjang.
    • Melalui social media ( 3 Tahun ) memasarkan produk atau memperkenalkan perusahaan melalui media sosial populer seperti Facebook, Twitter dan Instagram.
    • Melalui website ( 3 Tahun ) Membangun website untuk pemasaran dan juga menyediakan informasi seputar perusahaan kepada pelanggan atau konsumen.

B. Komponen pendukung pemasaran

  • Periklanan
    • Memasang iklan melalui toko online seperti olx, bukalapak dll
    • Memasang iklan di blogger


C. Rencana Penjualan

  • Penjualan jangka pendek ( 3 Bulan )
    • Membuka warung di rumah sendiri. Untuk hari pertama kami memulaiusaha sementara kami akan menjual produk ini di rumah dengan target penjualan minimal 20 pcs dalam 1 minggu.
    • Melalui stand. Untuk membantu penjualan sekaligus memperkenalan produk tersebut.
     
  • Penjualan jangka menengah ( 3 Tahun )
    • Melalui online
    • Membuka toko/warung pertama ( jika memungkinkan )
  • Penjualan jangka penjang ( 10 tahun )
    • Membuka cabang untuk daerah depok
    • Memperluas cabang di seluruh Indonesia

BAB IV

Rencana produksi


A. Sumber bahan baku

Sumber bahan baku utama produk ini yaitu jamur tiram yang berasal dari daerah berhawa dingin seperti bogor ataupu dataran tinggi dieng namun karena jamur tiram selain di jadikan bahan baku keripik jamur juga biasa di konsumsi sebagai sayuran jadi jamur yang satu ini sangatmudah kita temui di pasar-pasar di tambah bahan-bahan lain seperti terigu minyak dan telur juga tersedia di toko-toko sembako.

Sementara untuk pembumbuan juga sangat mudah di dapatkan yaitu rempah-rempah yang sudah banyak tersedia juga di pasaran dan untuk kemasan kami menggunakan plastik setandar dengan ukuran ¼ kg yang bis kami dapat di toko plstik.

B. Biaya Produksi
  • Jamur tiram 5.kg : Rp. 60.000
  • Tepung terigu 1.kg : Rp. 20.000
  • Bumbu tabur ½.pack : Rp. 20.000 
  • Minyak goreng ½.kg : Rp. 10.000
  • Garam 1.pack : Rp. 5.000
  • Telur 1.kg : Rp. 20.000

Total : Rp.135.000


C. Proses Produksi

Langkah-langkah atau proses pembuatan jamur krispi ini yaitu pertama cuci bersih jamur tiram belah jamur atau suwir kedalam beberapa bagian (sesuai selera) langkah selanjutnya yaitu sapkan air garam dengan mangkuk atau tempat lainya kemudian rendam jamur tersebut selama kurang lebih 3 menit, ini bertujuan untuk meberikan rasa asin pada jamur, setelah beberapa menit lalung angkat dan tiriskan.


Sebelum penggorengan jamur tadi terlebih dahulu di masukan kedalam tepung terigu dan di remas-remas tujuanya adalah agar tepung terigu masuk kedalam pori-pori jamur sehingga akam memberikan tekstur yang krispi namun pada saat meremas agar jangan terlalu keras karena akan merusak jamur. Jika sudah tiba pada saat penggorengan siapkan wajan ukuran sedang lalu masukan minyak goreng secukupnya dengan api sedang jangan terlalu panas agar tidak gosong goreng jamur hingga warnanya berubah kekuningan jika sudah lalu angkat dan tiriskan.

Langkah selanjutnya adalah pembumbuan taruh jamur ke dalam plastik atau piring kemudian taburkan bumbu sesuai selera.

BAB V

Cara pelaksanaan


Cara offline
Pertama kami memuai penjualan kami akan menjual di salah satu rumah anggota perusahaan kami yang terletak di daerah Kecamatan Tapos Kota Depok yaitu tepatnya di Kelurahan Cilangkap RT. 12 RW. 12, berhubung produk kami ini tidak cocok untuk di pasarkan lewat online jadi kami rasa tempat ini adalah yang paling cocok untuk saat ini.

BAB VI

Rencana Keuangan


A. Persiapan Buget Usaha
 

Fix Coast ( Biaya Tetap )
  • Sewa tempat ( 1 Bulan ) : Rp. 50.000
  • Listrik & Air ( 1 Bulan ) : Rp. 50.000
  • Gas LPG 3.kg ( 1 Bulan ) : Rp. 60.000
  • Sewa peralatan dapur ( 1 Bulan ) : Rp. 30.000

Total Fix Coast : Rp. 190.000

Variable Coast ( Biaya Relatif )
  • Bahan Baku : Rp. 160.000
  • Transportasi : Rp. 50.000
  • Operasional : Rp. 20.000

Total Variable Coast : Rp. 180.000

B. Buget Pelaksanaan Usaha
  • X-Banner 80 x 160 : Rp.150.000
  • Katalogue : Rp. 50.000
  • Brosur + Pamflet : Rp. 25.000
  • Transportasi : Rp.25.000

Total : Rp. 250.000

C. Brek Event Point (BEP)

BEP = FC : P – VC
BEP = 190.000 : 5000x (40pcs) – 180.000
BEP = 190.000 :200.000 – 180.000
BEP = 190.000 : 20.000
BEP = 9,5



D. Pembagian Keuntungan 

  • Tahun Pertama
    30% : (Penambahan Modal)
    40% : (Investor/Penanam Modal) Dengan modal 50%
    30% : (Prive) : 7 Anggota  : 4,28 % / Anggota
     
  • Tahun Berikutnya
    10% : (Penambahan Modal)
    45% : (Investor/Penanam Modal) Dengan Modal 45%
    45% : (Prive) : 7 Anggota : 6,42 % / Anggota

BAB VII

Alternatif Usaha


Berbisnis memang tak selamanya mulus namun sebagai wirausahawan kami harus tetap survive menghadapi kerasnya zaman dan jika bisnis plan kami ini gagal kami telah menyiapkan alternatif bisnis lain yaitu dengan mendirikan Distro pakaian dengan disai yang akan kami buat sendiri, bisnis ini nantinya kami akan membeli baju/kaos yang masih polos tanpa ada motif atau gambar lalu kami aan membuat disain dan kemudian akan kami terapkan pada pakaian tersebut.

BAB VIII

Penutup


Demikian bisnis plan kami ini, kami sadar bahwa profosal ini masih banyak kesalahan dan kekurangan untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk bisnis plan kami yang lainya agar lebih baik dan dapat memberi manfaat. Terima kasih.



Baca juga :
  • Gagasan Utama dan Permodalan - Entrepreneurship
  • Manajemen pengelolaan SDM dalam Entrepreneurship
  • Perencanaan usaha dan stratefi pemasaran - Entrepreneurship 
  • Tips menjadi Wirausaha Sukses - Entrepreneurship 
  • Berpikir perubahan, Kreatif dan Etika Bisnis - Entrepreneurship 

Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Bisnis Plan Usaha Jamur Krispi (Mr. Jamour) - Entrepreneurship

proposal bisnis plan jamur crispy
proposal usaha jamur crispy
contoh proposal usaha jamur crispy pdf
contoh proposal usaha keripik jamur
pengertian jamur crispy
analisa usaha jamur crispy
kemasan jamur crispy
proposal kewirausahaan tahu crispy

 " [ Contoh ] Bisnis Plan Usaha Jamur Krispi (Mr. Jamour) - Entrepreneurship "

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama