CONTOH PROPOSAL RISET PROGRAM MARKETING
KE PERUSAHAAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan bisnis dalam industry automotive, mobil second menjadi salah satu pilihan mobil di Indonesia yang terus berkembang. Bukan hanya mobil-mobil tipe lama tetapi juga termasuk mobil-mobil tipe baru. Multi Cendana Motor merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan pelayanan-nya dalam kredit jual ataupun beli mobil second. Multi Cendana Motor ini tidak hanya berdiri dibawah suatu leasing sendiri, tetapi juga bersinergi dengan leasing dari Astra Internasional (ACC – Astra Credit Company) untuk masalah kredit dan standard suku bunga-nya
Awal mula kesuksesan bisnis jual-beli mobil bekas ini di awali dari penilaian si pemilik yang merasa bahwa semakin hari semakin banyak masyarakat yang membutuhkan kendaraan beroda empat. Alasan tersebut didasari karena semakin tingginya jumlah anggota keluarga serta kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat semakin tinggi, baik itu dari segi untuk memenuhi gengsi pribadi sampai dengan memang untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka sehari-hari. Pada awalnya Multi Cendana Motor ini hanya melayani jual-beli mobil bekas tahun tua, tapi karena melihat kebutuhan masyarakat yang sedemikian rupa maka Multi Cendana Motor ini melebarkan sayapnya hingga ke mobil tahun-tahun muda.
Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan mobil semakin meningkat, maka kebanyakan dari mereka mulai ingin berusaha untuk membeli kendaraan beroda empat. Banyak dari mereka yang berusaha membeli kendaraan tersebut dengan cara kredit. Ketika ingin kredit pun mereka memikirikan beberapa factor yang mempengaruhi dan memungkinkan untuk membeli kendaraan beroda empat dengan cara kredit. Ada beberapa aspek yang sangat konsumen perhatikan ketika mereka ingin mengambil suatu keputusan untuk membeli suatu kendaraaan beroda empat. Beberapa diantaranya yang dapat dilihat adalah dari segi kualitas kendaraaan, brand suatu kendaraan, suku bunga (ketika akan kredit, apkah tinggi atau rendah), kepercayaan terhadap suatu dealer, promosi yang menggiurkan (seperti bonus yang diberikan) dan yang paling terpenting adalah harga kendaraan yang diberikan oleh dealer tersebut (apakah sesuai pasaran, lebih tinggi ataukah lebih murah)
Dalam hal ini berdasarkan pengamatan saya, saya sangat ingin membahas mengenai peran harga yang diberikan oleh Multi Cendana Motor dalam melakukan penjualan untuk kredit ataupun cash yang sangat dapat mempengaruhi pola piker konsumen untuk pembelian mobil bekas.
1.2 Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam penulisan skripsi meliputi :
- Analisis terhadap strategi Marketing yang dilaksanakan oleh pihak internal Multi Cendana Motor tersebut yang meliputi aktivitas dan masalah yang dihadapi.
- Analisis pemberian tingkat pelayanan baik dari karyawan ataupun dari CEO Multi Cendana Motor itu sendiri.
- Analisis tingkat harga yang diberikan oleh Multi Cendana Motor, apakah cukup bersaing dengan dealer lain atau tidak.
- Pembatasan masalah terletak pada persaingan peran pemberian harga dari Multi Cendana Motor yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian mobil bekas oleh konsumen.
1.3 Tujuan dan Manfaat
- Tujuan Penelitian
- Mengacu pada permasalahan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk :
- Memaparkan strategi Marketing yang dilakukan oleh pihak internal.
- Menjelaskan perbandingan harga yang ada antar beberapa dealer terkait dengan tahap keyakinan konsumen.
- Memberikan solusi pada pengembangan strategi Marketing dan pemberian harga pada CV.Multi Cendana Motor.
- Manfaat Penelitian
- Manfaat Penelitian bagi peneliti :
- Menjadi salah satu pra syarat kelulusan dan melengkapi penilaian akhir dalam penulisan skripsi peneliti pada jurusan Marketing Communication, khususnya peminatan Public Relations di Binus University.
- Menambah pengetahuan mengenai keilmuan di bidang Public Relations serta meningkatkan kemampuan dalam penulisan karya ilmiah.
- Memberikan pemahaman teoritis seperti apa yang sudah dipelajari selama proses penelitian, agar dapat diterapkan sejalan dengan kegiatan praktisnya.
- Manfaat Penelitian bagi perusahaan:
- Sebagai bahan evaluasi mengenai permasalahan dan hambatan pada strategi Marketing yang dijalankan oleh perusahaan.
- Memberikan pemikiran berupa ide atau saran sebagai acuan untuk memperbaiki dan meningkatkan strategi Marketing yang terkait dalam usahanya untuk membangun suatu keputusan bagi seorang konsumen dalam membeli mobil bekas.
- Memberikan suatu perbandingan bagi perusahaan agar dapat memberikan penawaran harga yang baik bagi para konsumen-nya.
- Dengan menerapkan strategi Marketing, dapat meningkatkan citra perusahaan agar mampu menjadi market leader di tengah ketatnya persaingan dunia automotive khusus-nya untuk pembelian mobil bekas.
- Manfaat Penelitian bagi pembaca :
- Memberikan gambaran secara umum mengenai aktivitas Marketing di dalam bidang automotive.
- Memperluas pemahaman, mengenai Public Relations secara lebih khusus lagi.
- Mengembangkan pengetahuan dan menambah sumber referensi bagi para pembaca untuk melengkapi penulisan karya ilmiah mengenai aktivitas Marketting Public Relations.
- Manfaat Penelitian bagi peneliti :
Baca juga : Download Contoh Proposal Event Musik Charity1.4 Metodologi
Di dalam metode penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis permasalahan yang ada. Dengan mengumpulkan dan mengolah data dan informasi, sesuai dengan permasalahan yang dibahas melalui beberapa cara, antara lain :
- Penelitian Data
Penelitian dilakukan dengan mendalami beberapa topik yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi oleh peneliti, yang berhubungan dengan pokok bahasan dan masalah yang dianalisis.
- Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data yang diperlukan dalam menyusun skripsi ini dengan menggunakan beberapa cara untuk mendapatkan informasi yang dilakukan oleh peneliti, diantaranya :- Studi Lapangan
Studi yang dilakukan selama bekerja di dalam perusahaan secara langsung untuk mendapatkan informasi mengenai tingkat harga dan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.
- Mengadakan observasi atau pengamatan lapangan (field observation) untuk memahami keadaan lingkungan penelitian, membaca sumber referensi, mendengarkan berita, mengamati gejala-gejala yang timbul, mengumpulkan data-data yang tidak tertulis secara lengkap dan menganalisis data yang sudah didapat untuk melengkapi hasil penelitian.
- Studi Lapangan
Contoh proposal magang/PKL di Perusahaan1.5 Sistematika Penulisan
Keseluruhan dari penulisan skripsi ini disusun dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I – PENDAHULUAN
Bab ini berisikan gambaran umum penulisan skripsi yang berawal dari latar belakang, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, metodologi yang digunakan, serta sistematika penulisan skripsi ini.
BAB II – LANDASAN TEORIPada tahap ini akan diuraikan mengenai teori-teori yang dapat dijadikan sebagai suatu acuan dasar bagi peneliti, yang berasal dari berbagai sumber. Biasanya pada tahap ini berisikan tentang teori-teori dasar dari topik ataupun judul yang diangkat pada skripsi ini.
BAB III – INTI PENELITIAN
Tahap ini berisikan tentang penjelasan profil perusahaan CV.Multi Cendana Motor, metode pengumpulan data, permasalahan yang terjadi dalam perusahaan dan juga saran bagi perusahaan tersebut yang di dasarkan pada penelitian yang kita angkat di perusahaan tersebut.
BAB IV – HASIL PENELITIAN
Pada tahap ini berisikan tentang data-data hasil survey penelitian, pengolahan data yang terkumpul melalui analisis hasil wawancara yang mendalam kepada beberapa narasumber, diskusi kelompok dan pengamatan lapangan mengenai perbandingan harga, serta pembahasan hasil dari penelitian yang telah dilakukan.
BAB V – SIMPULAN DAN SARANTahap ini merupakan bagian akhir dari proses penyusunan skripsi, yang dimana pada tahap ini berisikan tentang uraian kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan pada bab-bab yang sebelumnya dan ditambahkan dengan saran-saran yang dapat memberikan suatu kontribusi bagi perusahaan yang bersangkutan agar dapat membangun strategi Marketing dengan lebih baik dari yang sebelumnya.
Contoh proposal Riset dalam rangka penyusunan Newsletter ke Perusahaan
Searches related to Contoh Proposal Riset Program Marketing ke Perusahaan
kumpulan proposal riset pemasaran
contoh proposal riset pemasaran pdf
judul proposal riset pemasaran
contoh riset pemasaran produk makanan
contoh proposal strategi pemasaran produk
contoh proposal skripsi pemasaran produk
contoh proposal pemasaran produk makanan
proposal analisis strategi pemasaran
" Contoh Proposal Riset Program Marketing ke Perusahaan "
Posting Komentar