[ CONTOH ] PERENCANAAN KAMPANYE PR
AMAN BERKENDARA
AMAN BERKENDARA “TANPA GADGET"
A. Latar Belakang
Tahukah Anda?? Bahwa setiap hari ada sekitar 3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan di Jakarta, dan selama setahun sekitar 1.000 orang. Angka itu sudah melebihi korban perang.30 persen kecelakaan lalu lintas di Jakarta disebabkan menggunakan telepon genggam. Fenomena itu menurutnya terjadi akibat konsentrasi pengemudi yang terpecah akibat menggunakan telepon genggam.
Baca : Contoh analisis Situasi & Perencanaan Kampanye Sosial Anti Narkoba
B. Analisis Situasi
Menjamurnya teknologi saat ini terutama teknologi Smartphone memang membuat manusia sulit untuk dipisahkan dengan benda ini bahkan ketika sedang berkendara pun sering kali mengabaikan keselamatan karena lebih terfokus dengan Hanphone atau Gadget mereka.C. Analisis PEST
- Politik
Situasi politik saat ini menjelang pergantian presideng di pemilu 2019 namun hal ini tidak bergitu berpengaruh terhadap keamanan berkendara atau ketertiban dijalan raya namun biasanya menjelang pemilu akan akan ada masa kampanye yang biasanya memaksa masa untuk turun ke jalan dan menyebabkan kemacetan.
- Ekonomi
Perekonomian indonesia saat ini sedang mengaalami pergeseran dari tradisionl ke moderen hingga menuju ke era Cyber Ekonomi dimana Pasar-pasa online kini mulai bermunculan, ini cukup berpengaruh terhadap menjamurnya gadget dan fokus pengendara terhadap smartphone mereka.
- Sosial
Kondisi sosial di Indonesia cukup stabil meskipun menjelang pemilu namun belum ada isu-isu ataupun cek-cok akibat pengaruh pilpres ataupun pemilu parpol dan ini tidak berpengaruh terhadap keamanan berkendara.
- Teknologi
Ini adalah faktor paling utama di Indonesia ini yang mengakibatkam angka kecelakaan semakin meningkat salah satunya dengan kehadiran smartphone yang semakin menjamur.
D. Tujuan & Sasaran
- Mengedukasi pentinya keamanan berkendara
- Mengedukasi bahaya mengendara sambil menggunakan smartphone atau gadget
- Mengurangi tingginya angka kecelakaan akibat smartphone atau gadget.
- Mendorong kesadaran danketertiban lalu linta
- Tercapainya situasi berkendara kondusif tertib lalu lintas
Baca : Contoh Proposal Perencanaan Kampanye PR (Perusahaan Fiktif)
E. Target Audiens
- Berdasarkan demografis
- Laki-laki dan perempuan
- Umur 17 – 50 tahun
- Berdasarkan Psikografis
- Pelajar, Mahasiswa, Pengajar
- Komunitas motor
- Berdasarkan Geografis
- Wilayah JABODETABEK
F. Pesan
Pesan yang ingin disampaikan yaitu tentang kesadaran akan pentingya keselamatan berkendara yang biasanya diabaikan akibat penggunaan Gadget, serta mengedukasi akan bahaya menggunakan Gadget saat berkendara.G. Strategi & Taktik
- Strategi
- Mengkapanyekan pesan dengan gaya yang sesuai dengan target audiens
- Taktik
- Menggandeng komunitas motor untuk ikut berkampanye
- Menyusun pesan dengan menarik
- Menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens
- Menggelar Kopdar dengan Komunitas Motor
H. Media
- Power Point
- Sticker
I. Anggaran
NO
|
Kebutuhan
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Sekretariat
|
-
|
Rp. 300.000,-
|
2
|
Cetak media publikasi
|
-
|
Rp. 500.000,-
|
3
|
Konsumsi
|
-
| |
4
|
Biaya Kopdar
|
-
|
Rp. 5.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 5.800.000,-
|
J. Kriteria Evaluasi
Berhasil atau tidaknya sebuah Kampenye dapat kita lihat dari evaluasi yang dilakukan sejauh mana efektiftas yang didapat dari kampanye tersebut? Ini akan dapat kita dapatkan dengan:- Memantau website DISHUB yang mencatat kecelakaan di JABODETAKEB apakah dari sini angkanya semakin kecil?
- Bertanya kepada komunitas motor apakah mereka sering jumpai kecelakaan akibat Gadget?
Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Perencanaan Kampanye PR Aman Berkendara
contoh rencana kampanye inovasi
proposal kampanye public relations
contoh program kampanye
contoh perencanaan kampanye politik
buatlah suatu rencana kampanye inovasi
contoh program kampanye pr
proposal perencanaan kampanye
contoh kampanye lingkungan hidup
" [ Contoh ] Perencanaan Kampanye PR Aman Berkendara "
Posting Komentar