[ CONTOH ] PERENCANAAN KEGIATAN MEDIA RELATIONS
PT SARI ROTI + BACKGROUNDER
Berikut ini adalah sebuah Perancanaan kegiatan Media Relations yang dikirim oleh Nabiilah Syafira Aziz. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Media Relations
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Citra adalah hal penting yang harus dimiliki sebuah perusahaan demi tercapainya tujuan atau visi dan misi sebuah perusahaan yang tentu tidak pernah lepas dari masalah “citra” dan hanya dengan komunikasi yang baik dengan berlandaskan saling percayalah yang dapat menciptakan citra yang baik di mata publik, maka dengan ini PT Nippon Indonesia Corporindo dengan merek dagang Sari Roti dan memiliki tagline Rotinya Indonesia ingin tetap menciptakan kepercayaan publik terhadap produk-produknya.Namun, baru-baru ini beredar dan berkembang pemboikotan Sari Roti oleh masyarakat secara besar-besaran yang dikarenakan “Salah Tulis” di press release yang telah di upload di website resmi oleh divisi kehumasan dan dengan begitu harga saham PT Nippon Indonesia Corporindo turun drastis hingga angka 1,32%.
Kronologi kejadiannya adalah, pada saat aksi damai di Monas, banyak hawker tricycle yang di depan grobaknya bertuliskan “Gratis Untuk Mujahid”, lalu dua hari kemudian divisi kehumasan membuat press release yang di upload di website resmi untuk memberitahu masyarakat bahwa roti gratis tersebut dibeli oleh seorang konsumen melalui salah satu agen yang berlokasi di Jakarta.
Dan yang mebuat masyarakat sangat marah adalah pada penulisan di website yang menyatakan, “PT Nippon Indonesia Corporindo Tbk tidak terlibat dalam semua kegiatan politik”. Padahal masyarakat yang sedang melakukan aksi damai tersebut sedang tidak melakukan kegiatan politik melaikan kegiatan kedamaian. Dengan begitu banyak masyarakat yang menyerukan untuk meboikot Sari Roti karena mereka menganggap bahwa Sari Roti melakukan klarifikasi yang tidak perlu.
Akan tetapi dengan adanya kejadian pemboikotan ini, bisa mendorong PT Nippon Indonesia Corporindo untuk melakukan strategi pengokohan brand image supaya pelanggan tetap setia terhadap produk-produk Sari Roti. Namun, setelah kejadian pemboikotan ini, banyak perusahaan sejenis yang menjamur. Dalam persaingan yang cukup kompetitif ini, maka PT Nippon Indonesia Corporindo menyusun langkah-langkah yang dipandang efektif.
Sebagai jalan dalam menangani krisis tersebut disusunlah perencanaan konferensi pers dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai “Salah Tulis”, meminta maaf kepada kaum muslimin, mengembalikan citra perusahaan, menjalin hubungan yang baik dengan media massa yang diterbitkan oleh wartawan dan menjalin silaturahmi dengan media demi menciptakan kepercayaan perusahaan terhadap media.
Baca : Contoh Surat Undangan Pers terkait Konfrensi Pers
1.2 Analisa perusahaan
Berikut ini adalah analisa PT Nippon Indonesia Corporindo dengan menerapkan metode SWOT (Strength, Weakness, opportunituies & Threats)1. Strength (Kekuatan / Keunggulan)
- Harga produk yang murah
- Memiliki sertifikat jaminan keamanan pangan dan sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.
- Telah melakukan Penawaran Umum Saham Perdana Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten Roti
- Menerapkan standar ISO 9001:2008 (Quality Management System) dan ISO 22000:2005 (Food Safety Management System)
- Memiliki 10 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia
- Kurangnya kerja sama pada divisi kehumasan PT Nippon Indonesia Corporindo
- Harga saham turun 1,32%
- Beberapa konsumen masih repeat order
- Diboikot oleh banyak masyarakat.
- Usaha sejenis yang saat ini tengah banyak berkembang
1.3 Pokok Permasalahan
Pokok permasalahannya adalah beredar dan berkembang pemboikotan Sari Roti oleh masyarakat secara besar-besaran yang dikarenakan “Salah Tulis” di press release yang telah di upload di website resmi oleh divisi kehumasan dan menjadikan harga saham PT Nippon Indonesia Corporindo turun drastis hingga angka 1,32%.1.4 Tujuan Kegiatan
- Menjelaskan mengenai “Salah Tulis”
- Meminta maaf kepada kaum muslimin
- Mengembalikan citra perusahaan
- Menjalin hubungan yang baik dengan media massa yang diterbitkan oleh wartawan
- Menjalin silaturahmi dengan media demi menciptakan kepercayaan perusahaan terhadap media
1.5 Manfaat Kegiatan
Untuk mengembalikan citra perusahaan yang sebelumnya menurun akibat pemboikotan secara besar-besaran oleh masyarakat, demi tetap menjaga kesetiaan pelanggan dan memberikan kedekatan dengan pelanggan setia PT Nippon Indosari Corpindo. Serta memberikan kepercayaan publik terhadap produk-produk PT Nippon Indosari Corpindo dan juga menjaga hubungan baik dengan media sehingga menghasilkan hubungan yang membawa benefit bagi perusahaan.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
2.1 Profil Perusahaan
PT Nippon Indonesia Corporindo adalah perusahaan yang bergerak di bidang produsen roti dengan merek dagang Sari Roti dan tagline Rotinya Indonesia serta memiliki 10 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia. PT Nippon Indonesia Corporindo memiliki visi senantiasa tumbuh dan mempertahankan posisi sebagai perusahaan roti terbesar di Indonesia melalui penetrasi pasar yang lebih luas dan dalam dengan menggunakan jaringan distribusi yang luas untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Dan memiliki misi memproduksi dan mendistribusikan beragam produk yang halal, berkualitas tinggi, higienis dan terjangkau bagi seluruh Konsumen Indonesia.Baca : Contoh perencanaan Konfrensi Pers PT Sinar Solaria
2.2 Strategi dan Taktik
1. StrategiMedia dapat menjadi partner terpenting dalam mempromosikan dan membantu sebuah perusahaan. Media yang akan disasar adalah media visual, media cetak dan media online. Hal ini dilakukan mengingat PT Nippon Indonesia Corporindo adalah produsen roti terbesar di Indonesia sehingga media merupakan target sasaran awal yang harus di approach. Adapun media yang di approach diantaranya adalah :
- Media Visual (TV)
1. TRANS TV
Jl. Kapt Tendean 12-14A, Jakarta Pusat, 12790
Telp :021 7917 7000
Email : webmaster@transtv.co.id
Website : www.transtv.co.id
2. RCTI
Jl. Raya Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11530
Telp : 021 530 3540 / 530 3550 / 536 0623
Fax : 021 532 0906 / 549 3838 / 549 3846
Email : webmaster@rcti.tv, pr@rcti.tv, pr@rcti.co.id
Website : www.rcti.tv
3. TV One
Jl. Rawa Terate II No. 2 Kawasan Industri Pulo Gadung
Telp : +62 21 4613545
Fax : +62 21 30405668
Website : www.tvone.co.id
4. Metro TV
Jl. A. Yani No. 5-7, Gd. Bank Papua Lt.6
Telp : 021 967 522 6666
Fax : 021 967 522 019
Email : webmetro@metrotvnews.com
website : http://www.metrotvnews.com - Media Cetak (Koran)
1. Kompas
Jl. Palmerah Selatan 26-28 Jakarta Pusat 10270
Telp :(021) 5302200, 5347710, 5347720, 5347730
Fax : (021) 5466085
2. Koran Tempo
Kebayoran Centre Blok A11-A15, Jl. Kebayoran Baru Mayestik, Jakarta
Telp : (021) 7255625.
Fax : (021) 7255645, 7255650
Email : koran@tempo.co.id, interaktif@tempo.co.id
3. Republika
Jl. Warung Buncit Raya No. 37 Jakarta 12510
Telp : (021) 7800649, 780042
Fax : (021)7803747
Website : www.republika.co.id - Media Online
1. Detik.com
Aldevco Octagon Building Lt 2, Jl. Warung Buncit Raya No.75, Jakarta
Telp : (021) 794.1177
Fax : (021) 794.4472
Email : redaksi@staff.detik.com
2. Liputan6.com
Jl. Asia Afrika Lot 19, Jakarta
Telp : (021) 722 9681
Email : webmaster@liputan6.com
2. Taktik
- Mengundang media dalam acara konferensi pers
- Membuat media kit untuk para media
- Menyiapkan narasumber
- Menyiapkan tempat yang nyaman untuk para media
- Menyiapkan konsumsi untuk para media
- Menyiapkan catatan susunan acara ke media supaya mengetahui susunan acaranya
- Berkata lemah lembut ke para media supaya senang
- Memberikan perhatian yang tulus selama konferensi pers
2.3 Perencanaan Kegiatan Media Relations
Untuk memberikan penjelasan mengenai “Salah Tulis” serta mengembalikan citra perusahaan dan juga demi menjalin suatu hubungan yang baik dengan media maka kegiatan yang akan kami laksanakan adalah sebagai berikut :2.3.1 Kegiatan Konferensi Pers
- Judul : Sari Roti Selalu Ada untuk Konsumen
- Tempat : Balai Patriot Kota Bekasi, Jl. Ir. H. Juanda No.175
- Waktu : 28 April 2017
- Pukul : 10.00 WIB s/d selesai
- Pembicara : Dani Wijaya (Humas PT Nippon Indonesia Corporindo)
- Press Kit : Press Release, Backgrounder, Goody Bag (10 buah), Flash Disk (10 buah)
2.3.2 Press Release
Kawasan Industri MM 2100Jl. Selayar Blok A No. 9, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikarang
Barat, Bekasi 17530
Telp : 021 893 5088
Fax : 021 893 5286
Penjelasan Tentang “Salah Tulis”
Press Release No : PR I/IV/2017
BEKASI – Pada 28 April 2017 di Balai Patriot Kota Bekasi, divisi kehumasan PT Nippon Indonesia Corporindo yang terlibat mengenai “Salah Tulis” telah angkat bicara dalam konferensi pers PT Nippon Indonesia Corporindo untuk meminta maaf dengan tulus dan juga menjelaskan kepada masyarakat mengenai “Salah Tulis” dalam press release yang telah di upload di website.
Dalam konferensi pers, telah menjelaskan bahwa PT Nippon Indonesia Corporindo pun mengetahui bahwa banyak sekali hawkertricycle PT Nippon Indonesia Corporindo yang beragama Islam dan dengan begitu sedikit sulit kiranya jika mengatakan bahwa PT Nippon Indonesia Corporindo tidak mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang Islami.
Tidak hanya itu saja, PT Nippon Indonesia Corporindo juga mengatakan bahwa sangat senantiasa berkomitmen menjaga nasionalisme, senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia.
PT Nippon Indonesia Corporindo berharap semoga setelah kejadian salah tulis ini bisa mendorong PT Nippon Indonesia Corporindo untuk lebih berhati-hati dalam menuliskan sesuatu supaya tidak terjadi kesalahan seperti ini.
Demikian tulisan ini kami buat sebagai salah satu upaya untuk memberikan penjelasan supaya tidak terjadi kesalahpahaman lagi diberbagai pihak. PT Nippon
Indonesia Corporindo berkomitmen untuk selalu menjaga Nasionalisme, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.
###
2.3.3 Backgrounder
BackgrounderFor Immediate Release
28 April 2017
PT Nippon Indosari Corpindo
Rotinya Indonesia
PT Nippon Indosari Corpindo merupakan sebuah perusahaan produsen roti dengan merek Sari Roti yang berdiri sejak tahun 1995 dan mengoperasikan pabrik pertama di Cikarang, dengan nama sebelumnya adalah PT Nippon Indosari Corporation.
Direktur dan chief executive officer (CEO) PT Nippon Indosari Corpindo adalah Wendy Sui Cheng Yap. Beliau telah meraih gelar Bachelor of Commerce dari University of Melbourne, Australia. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Direktur PT Suryamas Duta Makmur, Tbk., Presiden Direktur PT Wendy Citrarasa, Alternate Director Kerry Trading Hong Kong, President Wemith Corporation California, Amerika Serikat dan Presiden Prima Development Company, Amerika Serikat. Beliau juga merupakan Direktur Bonlight Investments Limited, salah satu pemegang saham PT Nippon Indosari Corpindo.
Visi PT Nippon Indosari Corpindo adalah senantiasa tumbuh dan mempertahankan posisi sebagai perusahaan roti terbesar di Indonesia melalui penetrasi pasar yang lebih luas dan dalam dengan menggunakan jaringan distribusi yang luas untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Dan misi PT Nippon Indosari Corpindo adalah memproduksi dan mendistribusikan beragam produk yang halal, berkualitas tinggi, higienis dan terjangkau bagi seluruh Konsumen Indonesia.
Hingga saat ini, PT Nippon Indosari Corpindo telah memiliki 10 pabrik di Indonesia. Tidak hanya itu, pada tahun 2006 PT Nippon Indosari Corpindo mendapatkan sertifikat HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) yaitu sertifikat jaminan keamanan pangan sebagai bukti komitmen PT Nippon Indosari Corpindo dalam mengedepankan prinsip 3H (Halal, Healthy, Hygienic) pada setiap produk Sari Roti. Selain itu, seluruh produk Sari Roti telah terdaftar melalui Badan BPOM Indonesia dan memperoleh sertifikat Halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.
PT Nippon Indosari Corpindo juga telah melakukan Penawaran Umum Saham Perdana pada tanggal 28 Juni 2010 di Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten Roti. Pada tahun 2015, PT Nippon Indosari Corpindo menerapkan standar ISO 9001:2008 (Quality Management System) dan ISO 22000:2005 (Food Safety Management System) pada pabrik Cibitung, Cikarang, Cikande, Purwakarta dan Semarang.
Sebagai produsen roti terbesar di Indonesia, PT Nippon Indosari Corpindo telah meraih beragam penghargaan, antara lain Top Brand dan Top Brand for Kids sejak 2009 hingga sekarang, Marketing Award 2010, Original Brand 2010, Investor Award 2012, hingga penghargaan dari Forbes Asia.
Sampai dengan semester I 2016, kapasitas produksi PT Nippon Indosari Corpindo telah mencapai lebih dari 4 juta potong roti per hari. Perseroan telah menandatangani perjanjian kerjasama (JV) pada tanggal 18 Februari 2016 bersama dengan Monde Nissin Corporation, untuk mendirikan usaha patungan dengan nama Sarimonde Foods Corporation dan diharapkan dapat mulai berkontribusi pada akhir tahun 2017.
PT Nippon Indosari Corpindo berharap semoga menjadi produsen roti terbaik dibeberapa tahun mendatang serta dapat meningkatkan omset yang telah anjlok. Dan perusahaan kami pun siap untuk bersaing secara sehat dengan perusahaan lainnya yang sejenis.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi,
Wendy Sui Cheng Yap
Direktur dan CEO
Telp : 021 893 5088
Fax : 021 893 5286
Alamat : Kawasan Industri MM 2100 Jl. Selayar Blok A No. 9, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikarang Barat, Bekasi 17530
###
2.4 Anggaran Dana
Berikut ini adalah estimasi biaya yang harus dikeluarkan berdasarkan perencanaan konferensi pers:
No
|
Nama Barang
|
Kuantitas
|
Harga
|
Keterangan
| ||
1
|
Konsumsi Peserta
|
30 Porsi
|
Rp. 2.000.000
|
Catering + Snack
| ||
2
|
Peralatan
|
-
|
Rp. 3.000.000
|
Persiapan Tempat
| ||
3
|
Press Kit
|
20
|
Rp. 1.500.000
|
Goody Bag + Flasdisk + Press Release + Backgrounder
| ||
4
|
Amplop Wartawan
|
10
|
Rp. 1.500.000
|
Rp. 150 rb / Orang
| ||
5
|
Lain – lain
|
-
|
Rp. 2.000.000
|
Dana Tak Terduga dan lain – lain
| ||
Total
|
Rp. 10.000.000
| |||||
No
|
Waktu & Tanggal 24-29 April 2017
| |||||||
01
|
Jenis Kegiatan
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
Keterangan / PJ
|
02
|
Penyusunan Panitia & Rapat Persiapan
|
Direktur, Kepala bidang kehumasan & Keuangan
| ||||||
03
|
Rapat Ketetapan, Pemberian undangan kepada media & Narasumber
Konfirmasi Kehadiran Undangan
|
Panitia pelaksana & Kepala bidang kehumasan
| ||||||
04
|
Persiapan Perlengkapan
|
Bagian Perlengkapan & Panitia Pelaksana
| ||||||
05
|
Pelaksanaan Kegiatan
|
Konfrensi pers
|
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Demi tercapainya visi dibutuhkan citra yang baik bagi sebuah perusahaan. Di sini seorang humas harus selalu sigap dan tanggap dalam menghadapi krisis. Akan tetapi, seorang humas tidak akan mampu bekerja dengan baik tanpa bantuan media yang berperan sebagai Publisher. Seorang humas mustahil dapat bekerja tanpa hubungan yang baik dengan media Konfrensi Pers. Kami rasa selain dapat menangani krisis, namun juga dapat mempererat tali silaturahmi dan juga kepercayaan media terhadap perusahaan sehingga dapat tercipta hubungan mutualisme dan juga membawa manfaat bagi perusahaan demi tercapainya visi PT Nippon Indosari Corpindo.3.2 Saran
Dari berkembangnya isu di kalangan masyarakat seharusnya kita sadar bahwa masih banyak hal yang harus diperbaiki dari perusahaan ini. Demi tercapainya sebuah visi perusahaan tentu kita harus selalu mengedepankan citra perusahaan dan dengan adanya media sebagai partner hal ini sangat memudahkan kita dalam menjangkau tiap sendi-sendi masyarakat, oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah hubungan yang baik dengan media.
LAMPIRAN
Screenshot Press Release yang Salah TulisScreenshot Masyarakat yang Memboikot Sari Roti
Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Perencanaan Kegiatan Media Relations
makalah perencanaan program public relation
contoh perencanaan humas perusahaan
contoh program kerja public relation
pembuatan dokumen perencanaan kegiatan kehumasan
menerapkan pembuatan dokumen perencanaan kegiatan kehumasan
contoh program kerja humas dalam organisasi
program kerja humas perguruan tinggi
contoh program kerja humas dalam osis
Posting Komentar