[ Contoh ] Kerangka Penelitian di Bidang KEHUMASAN - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Kamis, 15 November 2018

[ Contoh ] Kerangka Penelitian di Bidang KEHUMASAN

[ CONTOH ] KERANGKA PENELITIAN
DI BIDANG KEHUMASAN

Berikut ini adalah sebuah Kerangka Penelitian di Bidang Humas / Public Relations yang dikirim oleh Nabiilah Syafira Aziz. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Riset Humas

KERANGKA PENELITIAN


 

 Baca : Riset Humas Terkait Program Marketing PR di Perusahaan

A. Judul Penelitian

“Public Relations Penting untuk Startup”


Menurut Paul Graham, startup merupakan sebuah perusahaan yang didesain untuk berkembang dengan cepat. Baru dirintis tidak serta merta membuat sebuah perusahaan menjadi startup. Perlu diingat bila startup tidak harus bergerak di bidang teknologi, memperoleh dana dari investor, dan melakukan exit. Hal yang paling penting adalah berkembang dengan cepat. Semua hal yang berkaitan dengan startup akan mengikuti perkembangan perusahaan tersebut.

Kemunculan startup di masa ekonomi sulit ini, memang tidak dapat terbantahkan, mengingat banyak wajah baru yang didominasi oleh pemain muda ikut meramaikan sektor industri Indonesia. Namun banyak dari mereka yang mengesampingkan peran PR dengan berbagai alasan seperti ingin fokus pada aspek pemasaran.

Namun PR bukan hanya dibutuhkan ketika krisis melainkan sudah memiliki andil dari awal untuk membangun reputasi dan fondasi startup. Lebih luasnya, PR juga dibutuhkan ketika startup ingin berkomunikasi dengan pihak ketiga, misalnya ketika ingin menarik investor.

B. Rumusan Masalah

  • Mengapa PR penting untuk startup?
  • Bagaimana pengaruh PR untuk startup? 
  • Startegi apa yang PR lakukan untuk startup? 
  • Hambatan apa yang dialami PR untuk startup?

C. Landasan Teori


1) Tugas PR
Menurut Astrid S. Sutanto mengutip pendapat Cutlip & Centre dalam Kusumastuti (2004 : 26), tugas PR adalah :
  1. Mendidik suatu publik melalui kegiatan non profit untuk menggunakan barang/jasa instansinya
  2. Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik
  3. Meningkatkan penjualan barang/jasa .
  4. Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari.
  5. Mendidik dan meningkatkan tuntutan serta kebutuhan masyarakat akan barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  6. Mencegah pergeseran penggunaan barang/jasa yang sejenis dari pesaing perusahaan oleh konsumen

2) Keahlian PR 
Menurut Frank Jefkins, dalam bukunya, Public Relations, menyebutkan kriteria keahlian seorang praktisi humas yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Mampu menghadapi semua orang yang memiliki aneka ragam karakter dengan baik
  2. Mampu berkomunikasi dengan baik 
  3. Pandai mengorganisasikan segala sesuatu 
  4. Memiliki integritas personal 
  5. Memiliki imajinasi 
  6. Kemampuan mencari tahu 
  7. Mampu melakukan penelitian dan mengevaluasi

DAFTAR PUSTAKA 
  1. Kusumastuti, 2004. Dasar-Dasar Humas, Gojongkerta, Ghalia Indonesia

Sumber Internet :
  1. https://id.techinasia.com/istilah-startup-yang-perlu-anda-ketahui
  2. http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/keahlian-humas-pr-skills.html

Baca juga : Riset Humas Terkait Upaya Peningkatan pelayanan Kelurahan

Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Kerangka Penelitian di Bidang KEHUMASAN

kerangka kerja humas
pengertian humas pdf
buku public relations pdf
teori strategi humas
teori strategi komunikasi humas
pengertian public relation menurut para ahli pdf
pengertian humas internal menurut para ahli
fungsi humas

" [ Contoh ] Kerangka Penelitian di Bidang KEHUMASAN "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad