[ Contoh ] Observasi & Analisis Karakteristik Komunikasi - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Rabu, 14 November 2018

[ Contoh ] Observasi & Analisis Karakteristik Komunikasi

[ CONTOH ] OBSERVASI & ANALISIS KARAKTERISTIK KOMUNIKASI

Berikut ini adalah sebuah Hasil Observasi & Analisis Karakteristik Komunikasi yang dikirim oleh Nabiilah Syafira Aziz. Semoga dapat menjadi refrensi teman - teman semua dalam mengerjakan tugas kuliah terutama mata kuliah Komunikasi Antar Pribadi

Pendahuluan


Komunikasi memiliki beberapa pengertian, antara lain merupakan suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. (Rogers & D. Lawrence Kincaid, 1981).

Selain itu, ahli lainnya mengungkapkan komunikasi sebagai “Bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.” (Shannon & Weaver, 1949).

Seperti yang telah diketahui, komunikasi terdiri dari dua jenis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Komunikasi verbal merupakan proses komunikasi melalui bahasa dan kata-kata yang diucapkan. Sedangkan komunikasi non-verbal ialah penyampaian arti (pesan) tanpa kata-kata yang tercermin pada bahasa tubuh dan intonasi verbal. Penelitian menunjukkan bahwa 80% komunikasi yang dilakukan manusia disampaikan secara non-verbal.

Dengan memahami komunikasi non verbal, seseorang dapat mempelajari bahasa tubuh dan menggunakannya dalam komunikasi sehari-hari. Selain itu, dapat memahami isyarat non verbal melalui bahasa tubuh yang dikirimkan orang lain, sehingga melalui hal tersebut dapat tercipta suatu hubungan sosial yang baik.

Selama berabad-abad, penulis-penulis besar seperti Shakespeare, telah mengetahui bahwa sikap dan gerakan tubuh mencerminkan suasana hati. Pada cerita “Malam Kedua Belas”, Malviolo, pelayan Olivia, membuat dirinya konyol dengan mengenakan ikat kaos kaki kuning dan bertingkah laku aneh.

Baca :  Contoh Makalah Sejarah dan Perkembangan Komunikasi


Hasil Observasi

Saya telah berhasil mengobservasi seorang admin BSI Kalimalang yang bernama Christin, maka dengan begitu saya bisa menulis apa saja hasil observasi yang telah saya lakukan dan juga bisa mengawali penulisan karakteristik komunikasi non verbal. Berikut adalah hasil observasi saya terhadap admin BSI Kalimalang yang bernama Christin :
  • Duduk sambil melipat tangannya.
  • Berbicara dengan temannya di ruang admin.
  • Ketika sedang berbicara, sesekali dia juga memainkan penggaris.
  • Sesekali dia juga mengernyitkan dahi ketika temannya sedang berbicara.
  • Menunjukkan kesuatu arah pada temannya.
  • Ketika ada mahasiswa, dia menyapa.
  • Ketika berbicara dengan mahasiswa, sesekali dia tersenyum.
  • Suara dia sangat lembut dan pelan.
  • Dia sesekali menguap (yawning).
  • Dia memakai pakaian yang formal dan sopan.
  • Dia memiliki bau yang wangi dan lembut.
Setelah saya menulis hasil observasi seorang admin BSI Kalimalang yang bernama Christin, maka selanjutnya saya dapat menulis analisa karakteristik komunikasi non verbal yang dia gunakan. Berikut adalah analisa saya pada admin BSI Kalimalang yang bernama Christin :

Baca juga : Contoh Makalah Komunikasi Antar Pribadi

Penelusuran yang terkait dengan [ Contoh ] Observasi & Analisis Karakteristik Komunikasi

observasi komunikasi
makalah karakteristik komunikasi
macam macam karakteristik komunikasi
karakteristik komunikasi pdf
8 karakteristik komunikasi
6 karakteristik komunikasi
contoh laporan observasi sosiologi
karakteristik komunikasi menurut para ahli

" [ Contoh ] Observasi & Analisis Karakteristik Komunikasi "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad