Pengertian Artikel Ilmiah dan Mengenal Bagian-Bagianya - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Minggu, 18 November 2018

Pengertian Artikel Ilmiah dan Mengenal Bagian-Bagianya

PENGERTIAN ARTIKEL ILMIAH
DAN MENGENAL BAGIAN-BAGIANYA


Pengertian Artikel Ilmiah 


Artikel ilmiah merupakan salahsatu bentuk karya ilmiah. Artikel ilmiah adalah karya ilmiah yang dikhususkan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah. Ada dua bentuk artikel ilmiah, yaitu artikel konseptual--artikel yang diangkat dari gagasan atau ide penulis—dan artikel penelitian–artikel yang diangkat dari hasil penelitan.
Perbedaan kedua jenis artikel tersebut terletak pada bagian isi. Jika dalam artikel konseptual antara bagian pendahuluan dan bagian penutup hanya berisi isi artikel–yang bisa terdiri atas beberapa subbab; dalam artikel penelitian antara bagian pendahuluan dan bagian penutup terdapat bagian landasan teoretis, metodologi penelitian, dan hasil dan pembahasan.

Pola dasar artikel ilmiah

Pola dasar artikel ilmiah secara umum paling sedikit berisikan bagian-bagian yang sudah baku, yaitu bagian pengenalan, batang tubuh, dan kepustakaan. Dalam bahasa yang sederhana ketiga bagian tersebut dapat juga disebut dengan istilah bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir. Inti karya ilmiah ada pada bagian batang tubuh atau bagian tengah, sehingga secara proporsional bagian tengahlah yang paling panjang uraiannya. 

Jika ketiga bagian tersebut dianalogikan dengan tubuh manusia, bagian awal dapat dianalogikan sebagai kepala, bagian tengah sebagai tubuh, dan bagian akhir sebagai kaki. Dengan penganalogian tersebut kita sudah mendapat gambaran seberapa besar uraian masing-masing bagian dalam karya ilmiah. Akan menjadi tidak logis jika tubuh manusia lebih kecil daripada kepala atau kakinya. 

Demikian juga dengan karya ilmiah, akan menjadi tidak logis jika uraian pada bagian pengenalan atau awal lebih panjang daripada bagian batang tubuh atau tengah.

Baca : Pengertian Dasar-dasar metode Penelitian dan Metode Ilmiah

BAGIAN - BAGIA ARTIKEL ILMIAH


Bagian pengenalan berisi hal-hal yang bersifat informatif. Ada dua jenis bagian pengenalan, yaitu yang bersifat umum–ada pada semua jenis karya ilmiah—dan yang bersifat khusus--hanya dimiliki
jenis karya ilmiah tertentu. 

Bagian pengenalan artikel ilmiah terdiri atas judul, nama penulis, abstrak, dan kata kunci.
  1. Judul adalah identitas tulisan yang utama. Syarat judul karya ilmiah adalah (1) mencerminkan isi karangan, (2) berupa pernyataan, (3) jelas, dan (4) mencerminkan jenis artikel ilmiah. Mencerminkan isi karangan berarti apa yang akan diuraiakan dalam artikel tersebut sudah dapat diraba dari judulnya.

    Berupa pernyataan berarti judul tidak boleh berupa kalimat—harus berupa frasa atau klausa—dan tidak boleh berupa pertanyaan. Jelas berarti hanya memiliki satu maksud atau tidak dapat ditafsirkan lain. Mencerminkan jenis artikel ilmiah artinya melalui judul tersebut pembaca akan dengan mudah mengetahui artikel tersebut sebagai artikel penelitian atau artikel konseptual.
  2. Nama penulis sering disebut baris kepemilikan. Ada beberapa model penulisan baris kepemilikan, bergantung kepada gaya selingkung jurnalnya. Ada nama penulis yang disertai instansi, ada pula yang tidak. Penulisan nama penulis hendaknya dilakukan dengan menanggalkan pangkat, kedudukan, dan gelar akademik. Jika penulis bernama Prof. DR. Ir. Prabowo Pudjo Widodo, MS, misalnya, dalam artikel ilmiah cukup kita tulis Prabowo Pudjo Widodo.

    Pangkat, kedudukan, dan gelar dapat dicantumkan dalam catatan kaki atau lampiran–jika ada biografi pengarang. Jika nama penulis lebih dari satu, keseluruh nama harus dicantumkan; dalam arti tidak boleh diganti dengan dkk. (dan kawan-kawan)..

Baca juga : Tips-tips Bermanfaat dalam Membuat Artikel

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Artikel Ilmiah dan Mengenal Bagian-Bagianya

contoh karya ilmiah dan bagian bagiannya
bagian bagian karya ilmiah
bagian karya ilmiah dan tanggapan/informasi
bagian bagian karya ilmiah sederhana
struktur karya ilmiah
isi karya ilmiah
bagian akhir karya ilmiah
contoh karya tulis ilmiah

" Pengertian Artikel Ilmiah dan Mengenal Bagian-Bagianya "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad