7 Kuliner Khas Bogor Murah - Tempat Makan Enak Di Puncak - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Minggu, 24 Maret 2019

7 Kuliner Khas Bogor Murah - Tempat Makan Enak Di Puncak

7 KULINER KHAS BOGOR MURAH

Jalan-jalan ke suatu tempat emang gak bakalan lengkap kalau belum mencicipi makanan khasnya apalagi ketika mengunjungi suatu tempat yang memang terkenal dengan makanan khasnya seperti yang satu ini, kawasan puncak Bogor. Kawaasan puncak memang banyak dikunjungi wisatawan yang umumnya memang dari ibu kota, kawasan ini palin ramai dikunjungi pada akhir pekan ataupun libur nasional.

Selain terkenal dengan wisata alamanya, Bogor juga terkenal dengan berbagai makanan khasnya yang dijamin sangat terjangkau dan akan memanjakan lidah anda. Berikut sudah saya rangkum beberapa tempat dan juga jenis makanan-khas kota hujan yang wajib anda cicipi ketika berlibur ke Bogor.


BAPATONG KHAS BOGOR



Makanan khas yang pertama yaitu bapatong, makanan ini memang unik sesuai namanya Bapatong berarti bakso-ketupat gentong. Cara penyajian makanan ini yaitu dengan cara memotong ketupat dan kemudian diampur dengan bakso ditambah daging sapi yang di potong kecil-kecil dengan kuah bakso dengan rasa kaldu sapi akan memberikan rasa gurih dan juga nikmat. 

Untuk menikmati makanan yang satu ini anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000-Rp.20.000 per porsi dan ini dapat anda jumpai di sepanjang Jalan Pangrango, Bogor.



DOCLANG BOGOR



Sekilas makanan ini memang mirip dengan kupat-tahu ataupun lontong sayur namun yang mebuat berbeda dari makanan ini yaitu bunmbu kecapnya yang menggunakan kecap khusus yaitu kecap Merek Zebra buatan asli bogor yang memang memberikan rasa berbeda dan khas. Oya selain di bogor di daerah lain seperti Cirebon juga mempunyai Doclang yang hampir mirip yang mebedakan adalah dari segi rasa dari ke 2 makanan ini mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Doclang ini sendiri terbuat dari irisan tahu goreng, kentang rebus yang digoreng, pesor (ketupat yang direbus denagn menggunakan daun patat) yang tumbuh disekitaran gunung Salak, telur rebus, bumbu kacang, bumbu kecap dan juga toping lainya seperti emping dan juga kerupuk. Namun sayangnya saat ini keberadaan Doclang sudah sukar ditemui di Bogor dan untuk menikmati makanan yang satu ini juga cukup murah kok yaitu dibandrol dengan harga Rp.12.00 perporsinya.




CUNGKRING KHAS BOGOR




Hampir sesuai dengan namanya, makanan ini memang bentuknya kurus atau cungkring, Cungkring itu apa?, yaitu salah satu makanan yang mirip dengan sate yang terbuat dari potongan-potongan kikil dan juga potongan daging kepala sapi yang disajikan dengan bumbu kacang manis yang sebelumnya telah dimasak dengan bumbu rempah-rempah kuning.

Makanan yang satu ini paling enak jika disajikan berbarengan dengan nasi ketan putih dengan toping kelapa parut ataupun anda juga bisa menyantapnya bersama dengan tempe goreng dan juga oncom goreng yang dilapisi tepung. Sekilas bentuk dari makanan ini memang mirip sate tapi jangan salah sangka ini bukan sate karena cungkring yang berasal dari bahasa sunda jika diartiken kedalam bahasa indoonesia berati Kikil Sapi.

Untuk mencicipi makanan khas yang satu ini juga cukup murah kok, anda hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 untuk per porsinya dan ini bisa anda temui di sepanjang Jalan Surya Kencana Bogor.




ASINAN KHAS BOGOR




Makanan khas yaing satu ini tidak boleh dilewatkan jika anda mampir ke Bogor, Asinan Khas Bogor memang mempunyai rasa yang unik sehingga menjadikan makanan ini sebagai primadona asinan khas Kota Hujan ini, Asinan Khas Bogor sejatinya adalah makanan yang berasal dari percampuran budaya adat antada etnis Tiong Howa dan juga masyarakat setempat.

Untuk jenisnya sendiri Asinan Bogor terdiri dari 3 jenis yaitu Asinan Sayur, Asinan Buah dan juga asinan yang terbuat dari campuran asinan Buah dan Sayur. Untuk menikmati Asinan bogor anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.10.000 per porsi dan Rp. 12.000 khusus untuk asinan campuran dan ini bisa anda temuai di pingir-pinggir jalan di Kota Bogor.

Asinan yang satu uni paling enak jika disajikan dengan kerupuk kuning dan kacang tanah dan juga es teh manis sebagai temanya dijamin bakal membuat lidah anda bergoyang menikmati setiap kunyahan dari Asinan Bogor tersebut.



TOGE GORENG




Toge selain menjadi pelengkap sayuran, di Bogor juga menjadi salah satu makanan khas yang wajib anda cicipi namun yang saya bingung ketika mencobanya adalah namanya Toge Goreng tapi cara memasaknya dengan cara direbus haha aneh memang sih. Tapi soal rasa gak boong kok emang beneer-bener enak,

Toge Goreng terbuat dari toge yang direbus kemudian kemudian dicampur dengan mie telor kuning yang kemudian disiram dengan bumbu yang berisi oncom dan juga kecap manis. yang akan memebrikan sesasi makan yang gurii,.. gurii.. nyooo.. apalagi jika disajikan ketika masih panas ketika cuaca hujan pasti akan sangat nikmat.

Namun untuk menemukan tempat yang menjual Toge Goreng sekarang agak susah di Kota Bogor saya juga tidak tahu kenapa dan untuk emndapatkanya anda hanya cukup menebusnya seharga Rp.8.000 saja per porsi murah kan?



ES PALA KHAS BOGOR




Kenyang makan, makanan khas kota hujan? jangan lupa minum. Nih saya rekomendasikan minuman yang pas buat anda yaitu es pala, setelah anda mencicipi makanan gurih-gurih kesegaran es dan juga kelegitan gula akan meluncur mebawa kenikmatan disepanjang kerongkongan anda.

Apa anda tahu? es Pala ini sudah ada lho sejak zaman kependudukan kolonial Belanda yang juga sangat disukai oleh orang-orang dari Belanda dan sampai saat ini juga masih dipertahankan keasilian rasa dan juga keberadaanya. Selain menyegarkan dan beraroma harum Es Pala juga baik untuk kesehatan dan dipercaya dapat mengatasi yang namanya Insomnia.

Es Pala itu sendiri terbuat dari irisan Buah Pala yang kemudian dicampur dengan gula pasir dengan sedikit garam. Untuk menikmati kesegaran Es Pala anda cukup membayarnya seharga Rp.8.000 per gelas dan ini memang masih mudah ditemui di pingi-pinggir jalan disekitaran Bogor.



NGO HIANG




Makanan terakhir yang saya rekomendasikan adalah Ngo Hyang, yaitu makanan khas bogor yang sebenarnya merupakan kuliner asal negri tirai bambu China. Namun saya tidak menganjurkan makanan yang ini untuk anda yang beragama islam karena Ngo Hiang ini terbuat dari campuran daging babi dan juga sagu yang dibentuk memanjang kemudian dipotong-potong bulat.

Ngo Hiang ini biasa disajikan dengan tahu + kentang yang disiram dengan kuah kental yang memberikan rasa gurih dan juga manis dengan tambahan acar tiwun lobak dan wortel.



Selain ke-7 makanan khs tersebut sebenarnya masih banyak lagi makanan-makanan yang sangat menggugah selera dan mungin akan saya sajikan di lain kesempatan.

" 7 Kuliner Khas Bogor Murah "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad