10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Selasa, 30 April 2019

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan

10 TEMPAT WISATA DIENG YANG MENARIK DIKUNJUNGI

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Peta Wisata Dieng. Pic. Paketwisatajawa.com


Dieng adalah salah salahh satu kawasan wisata terbaik di Jawa Tengah berada di dataran tinggi tepatnya berada diantara Kab. Wonosobo dan Banjarnegara, kawasan wisata ini menyimpan berbagai objek wisata yang populer dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca selain itu dengan adanya dieng culture fest membuat objek wisata ini semakin lengkap bagi anda yang gemar berwisata alam maupun wisata budaya.

Letaknya yang berada di kawasan vulkanik membuat Dieng memiliki beberapa kawah yang masih aktiv dan juga ketinnguanya yang mencapai 2.000 mdpl membuat suhu di sini rata-rata sekitar 12-20 derajat celcius pada siang hari dan 6-10 derajat celcius pada saat malam hari. Bahkan di musim kemarau suhu di sini 0 derajat di pagi hari, karena fenomena inilah yang memunculkan embun beku yang merusak tanaman para petani.

Selain terkenal dengan objek wisatanya yang eksotis Dieng juga terkenal sebagai penghasil sayuran khas dataran tinggi seperti kentang kubis dan wortel yang merupakan komoditas hasil tani utama disini. Karena aktivitas mata pencaharian penduduk setempat adalah bertani maka tak heran pula kalau disini hampir semua daerah pegunungan menjadi lahan pertanian.

Jika anda berniat mengunjungi kawasan ini alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu tetmpat-tempat wisata apa saja yang menarik disana, sebenarnya selain 10 tempat wisata terbaik masih ada tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik. namun kali ini kita simak dilu 10 Tempat Wisata Dieng Yeng Menarik.



01. BUKIT SIKUNIR DIENG 


10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Sikunir
Bukit Sikunir. Pic. Pesonaholiday.com



Dari atas bukit ini selain anda dapat menikmati keindahan negri diatas awan, namun yang dicari-cari para wisatawan adalah Goldens Sunresnya yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, memang di tempat ini adalah surganya para penikmat sunrise karena pada pagi hari mata anda akan terbius oleh indahnya matahari terbit berwana merah keemasan, selain itu anda juga dapat berfoto dengan berlatarkan gunung sindoro dan sumbing.

Lautan awan yang mengambang mengelilingi bukit akan membuat anda seperti di kahyangan tempa para dewa singgah. Selain itu tempat ini juga menawarkan spot untu camping bisa juga di atas bukit atau di danau kecebong yang berada du bawah bukit.

Tempat wisata ini paling ramai dikunjungi pada sehabis lebaran ataupun tahun baru selain itu disini juga sering diadakan berbagai festival yang sungguh sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke wonosobo ataupun banjarnegara.

Tiket masuk disinipun termsuk terjangkau, hana dengan Rp. 10.000 anda sudah bisa menikmati keindahan bukit sikunir yang  berada di Desa Sembungan ini dan bila anda hendak menginap disini juga tersedia Home Stay dengan harga yang lumayang murah jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata lain.


02. GUNUNG PRAU DIENG

 

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Mt. Prau. Pic. Planetlunars.wordpress.com

 

Buat anda yang gemar atau hobi mendaki, Gunung Prau dieng merupakan tempat yang harus anda kunjungi karena tempat ini juga merupakan tempat yang dikususkan bagi para pendaki ataupun pecinta alam. Terletak di ketinggian 2.565 mdpl gunung ini merupakan puncak tertinggi di Dieng disana para pendaki akan berada di padang rumput luas yang memanjang.

Perjalanan menuju ke Gunung Prau itu sendiri memakan waktu sekitar 3-4 jam dengan pemandangan yang indah yang akan membuat anda melupakan rasa lelah, tidak hanya di Sikunir disini anda juga dapat menikmati Golden Sunrise di pagi hari sekitar pukul 05.30 - 06-30 WIB.

03. CANDI ARJUNA DIENG


10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Candi Arjuna. Pic. Djibnet.com

Tidak hanya wisata alam, Dieng juga mempunyai tempat bersejarah yaitu kompleks Candi Arjuna yang terletak di Dieng Banjarnegara Candi ini merupakan peninggalan budaya hindu yang mengambil nama dari tokoh perwayangan yaitu Arjuna.

Cadi ini mulai dibuka untuk wisatawan pada tahun 2010 oleh masyarakat setempat selain Candi Arjuna Dieng juga memiliki beberapa candi lainya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra dll. yang lokasinya tak jauh dari kompleks Candi Arjuna.

Buat anda yang ingin mengunjungi candi ini datanglah pada sekitar bulan agustus tepatnya tanggal 5-7 dimana masyarakat mengadakan Dieng Culture Fest, Candi ini juga merupakan salah satu tempat diadakanya Festival tahunan ini.

04. KAWAH SIKIDANG DIENG

 

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Kawah Sikidang - Pic Masramdahsyat.blogspot.com


Selain objek wisata diatas tadi, Kawah Sikidang juga tak kalah populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Seperti halnya kawah lainya kawah ini juga mengeluarkan belerang dan asap putih dan untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola setempat juga telah memasag pagar pembatas disekeliling kawah.

Nama Sikidang diambil dari nama sebuah hewan berkaki 4 yaitu Kijang. Harga tiket untuk menlihat kawah ini juga sangat terjangkau yaitu hanya sebesar Rp. 6.000. Selain kawah sikidang sebenarnya masih ada banyak lagi kawah-kawah lainya namun yang paling terkenal di Dieng adalah kawah ini

Keistimewaan dari kawah ini yaitu letaknya yang berada di lokasi yang datar sehingga sangat mudah untuk dijangkau. yang perlu diperhatikan jika anda ingin mengunjungi kawasan ini adalah gas yang keluar dari mulut kawah ini mengandung belerang jadi sangat disarankan untuk menggunakan masker ketika hendak mengunjungi tempat wisata yang satu ini

05. TELAGA WARNA DIENG

 

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Telaga Warna - Pic. Diengadventure.com


Teletak di ketinggian 2000mdpl telaga yang satu ini menyuguhkan suatu pemandangan yang sangat indah disekitar telaga. Kenapa di namakan Telaga Wana yaitu karena warna air dari danau ini sering berubah-ubah dari mulai warna hujau, kuning ataupun bisa berwana-warni.

Udara sejuk yang berhembus sambil melihat bukit-bukit tinggi yang membingkai danau akan mebuat anda betah tinggal berama-lama disini. Wisatawan yang datang akan merasakan hawa sejuk mistis dan kadang berkabut .

Akses menuju kesinipun cukup mudah hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari terminal wonosobo dengan jarak tempuh hanya 30 kilo meter. Selain berfungsi sebagai objek wisata, warga sekitar telaga juga memanfaatkan air dari telaga ini sebagai sumber untuk mengairi persawaan milik warga yang berada di sekitar lokasi.

06. MUSEUM KAILASA DIENG

 

Museun Kailasa - Pic. Daftartempat.com

 

Ddengan adanya museum ini semakin mebuat kawasan dieng menjadi kawasan wisata terlengkap di Indonesia karena tidak hanya berekreasi namun dengan adanya museum anda juga dapat memperoleh ilmu pengetahuan sejarah purba disini.

Museum yang resmi dibuka pada tanggal 28 juli 2008 oleh Kemenbu & Pariwisata ini juga merupakan perluasan dari Gedung Arca yang memang sudah berdiri sebelumnya. Nama Kailasa sendiri diambil dari nama sebuah gunung tempat pemujaan dewa Syiwa, sesuai dengan kebudayaan masyarakat setempat yang dahulunya banyak terpengaruh Hindu-Budha.

Seperti asal-usulnya museum ini berisi benda-benda peninggalan sejarah serta peninggalan kebudayaan masyarakat dieng pada zaman dulu seperti patung Lingga & Yoni serta peralatan dapur masyarakat dieng zaman dulu dan juga replika-replika candi yang pernah dibangun di Dieng.

Tiket untuk masuk musem hanya sebesar Rp. 5000 dan mulai dibuka pada pukul 07.00 - 16.00 selain melihat koleksi benda-benda bersejarah di museum ini pengunjung juga akan disugunhi film pendek berdurasi sekitar 12 menit yang menjelaskan tentang isi museum.

Museunm ini terletak di Kec. Batur Kab. Banjarnegara tepatnya berada di gedung Arca milik balai pelestarian peninggalan purbakala tepat disebrang candi Gatot Kaca Dieng.


07. ARUNG JERRAM DIENG 

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Arung Jeram Dieng - Pic. Manfaat.co.id




Buat anda yang suka olah raga yang memacu adrenalin anda harus mencoba yang satu ini jika mengunjungi Dieng. Rasakan meluncur diatas derasnya sungai Serayu, sungai terpanjang di Jawa Tengah, banyak paket wisata arung jeram yang bisa anda dapatkan disini harga bisa disesuaikan tergantung jarak.


Dengan lebar sungai sekita 12 - 15 meter sungai serayu mempunyai panjang lebih dari 70 km dan melintasi 5 Kabupaten dijawa tengah yaitu dari Wonososo - Banjarnegara - Purbalingga - Banyumas dan Cilacap.

08. GOA SEMAR DIENG



Goa Semar - Pic. Budaya-indonesia.org

Goa berdiameter 4 meter persegi ini dulunya merupakan tempat bertapa para raja-raja di Jawa dan njuga mantan presiden ke-3 Soeharto sperti keterangan yang tertulis di tugu. Jika anda mengunjungi gua ini anda hanya akan di pintai buaya sebesar Rp. 2.000 untuk satu orang.

Selain gua Semar Dieng juga masih memiliki gua-gua lain yang biasa dijadikan tempat wisata seperti gua Sumur dan Gua semar yang rata-rata penduduk setempat menganggap bahwa gua-gua tersebut memiliki energi gaib.

 09. WISATA KULINER DIENG

10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Mie Onklok - Pic. Ranselwisata.co


Puas jalan-jalan mengelilingi Dieng tentu lapar dong, namun tidak usah khawatir justru ini saatnya anda mencicipi kuliner khas Dieng yang sangat digemaari oleh wisatawan yang berkunjung. Salah satunya adalah Mie Oklok mie khas dieng ini dibandrol dengan harga sekitar Rp.15.000 -Rp.35.000 selain Mie Oklok disini juta terdapat makana khas lain seperti Geblek dan Tempe Kemul.

10. SUMUR JALATUNDA DIENG

 


10 Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi - Negri Diatas Awan
Sumur Jalatunda - Pic. Jalatunda.xtgem.com



Destinasi terakhir yang tak boleh terlewatkan adalah Sumur Jalatunda, yaitu sumur raksasa yang berada di desa Pekasir Kec. Batur Kab. Banjarnegara. Banyak mitos mengenai sumur ini salah satunya yaitu yang mengatakan bahwa konon barang siapa yang dapat melempar batu hingga ke ujung sumur maka kelak orang tersebut akan menuai kesuksesan, namun itupun bagi anda yang percaya mitos.

Sumur yang terbentuk karena letusan gunung beratus-ratus tahun silam ini mepunyai fasilitas yang lumayan mumpuni dan terlepas dari itu para pengunjung akan disiguhi pemandangan khas pegunungan. Sumur yang berkedalaman 7 meter ini berjarak sekitar 7 meter dari objek wisata utama Dieng Plateu.

Itu tadi adalah 10 objek wisata yang menurut saya sangat menarik untuk kita kunjungi, sebenarnya masih banyak tempat lain selain Dieng karena negri kita Indonesia ini merupakan Taanah Surga yang wajib kita jaga dan lestarikan, demikian artikel ini semoga dapat menjadi refrensi berlibur andadan keluarga ataupun teman.

" 10 Tempat Wisata Dieng Yang menarik "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad