Daftar Tempat Wisata Murah Banjarnegara - Pesona Kab. Banjarnegara - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Selasa, 23 April 2019

Daftar Tempat Wisata Murah Banjarnegara - Pesona Kab. Banjarnegara

DAFTAR TEMPAT WISATA MURAH BANJARNEGARA

Banjarnegara kota yang terkenal dengan Dawet Ayunya itu merupakan wilayah yang cukp potensial memiliki kekayaan alam yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Secara administratif banjarnegara mempunyai 20 kecamatan yang terbagi atas 226 desa dan 12 kelurahan dengan pusat pemerintahanya yang berada di kecamatan Banjarnegara wilayah ini memiliki iklim tropis dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm per tahun.

Tahukah anda selain Dieng ternyata Banjarnegara masih memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjugi, pesona alamnya yang teduh dan asri dengan masyarakatnya yang rata-rata bermata pencaharian sebagai petani ini juga memiliki peran penting dalam sejarah kemerdekaan yang mungkin peninggalanya bisa menjadi suatu bilai wisata tersendiri bagi anda,.



DAFTAR TEMPAT WISATA MENARIK BANJARNEGARA

 

01. CURUG PITU AIR TERJUN DENGAN TUJUH ANAK TANGGA MENJUNTAI 


Salah satu tempat wisata yang wajib and kunjungi jike ke Banjarnegara yaitu Curug Pitu, Curug / air terjun ini memiliki keindahan yang eksotis dimana lereng curug tersebut mempunyai 7 anak tangga yang menciptakan ribuan embun yang akan menyejukan anda.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini airnya sangat jernih selain itu suasana alam yang begitu asri dan sejuk lantas akan membawa kenyamanan tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya, disana anda bisa berenang ataupun naik keatas curug sambil memandang luas hutan disekitar lokasi. Oyya nama Curug Pitu ini sebenarnya diambil dari 7 buah ank tangga tadi, karena 7 dalam bahasa jawa berarti pitu.

Untuk lokasi tepatnya spot wisata ini berada di Desa Sigaluh, Kec. Sigaluh, Banjanegara yang berjarak sekitar 10 km dari alun-alun Banjarnegara kearah Timur, jika menggunakan kendaraan pribadi waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di Desa Sigaluh hanya sekitar 15 menit atau seperempat jam. 


02. CURUG SIRAWE DENGAN 2 ALIRAN HANGAT DAN DINGIN


Selain Curug Pitu yang terkenal eksotis di Banjarnegara juga masih terdapat beberapa curug lagi diantaranya yang menarik adalah Curug Sirawe. Yang menarik dari curug ini yaitu aliran airnya yang berair hangat dan juga dingin sekaligus.
Selain keunikan airnya air terjun ini juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi sekitar 80 meter dengan dinding curug dengan batu hitam akan menambah hawa mistis tersendiri. Deru air yang jatuh menabrak bebatuan membuat cipratan air dengan buih-buih embun namun anda tidak usah taku kedinginan karena sumber air dari Curug ini ada yang yang berair panas.

 Untuk lokasi Curug ini tepatnya berada di Desa Kepakisan Kec. Batur, Banjarnegara. Curug ini masih kurang begitu populer dimata wisatawan karena memang akses menuju lokasi yang masih terbilang sulit, Namun bagi anda yang tetap ingin mengunjungi lokasi wisata ini saya jamin jerih payah anda akan terbayar begitu sampai disana. 


03. RAFTING MENYUSURI KALI SERAYU


Buat anda penyka olah raga ekstrim penuh adrenalin seperti Rafting atau Arug Jeram mungkin ini saatnya anda mencoba mengarungi sungai terpanjang di Jawa Tengah yaitu kali serayu.
Seiring berkembangya waktu kini pemerintah Banjarnegara beserta pengelola wisata mulai mengadakan atau mengembangkan wisata alam Sungai Serayu. Banyak penyedia jasa wisata rafting atau outbond dengan berbagai paket menarik serta fasilitasnya yang memang sudah memenuhi setandar internasional

Jadi jangan sampai anda lewatkan wisata yang satu ini jika ke Banjarnegara yaa. Berbagai penawaran menarik mulai ditawarkan seperti Outbond, Rafting dan juga River Camp yang akan membuat keindahan kali reayu ini lebih tereksplore, jadi sangat sayang untuk dilewatkan. 


04.TAMAN REKREASI MARGA SATWA (TRMS) SERULINGMAS BANJARNEGARA


Taman Marga Rekreasi Satwa Serulingmas (TRMS) atau warga sekitar menyebutnya dengan Selamanik merupakan satu-satunya kebun binatang yang ada di Banjarnegara yang juga merupakan tempat wisata favorit warga Banjarnegara tempat ini memang selalu ramai pada hari libur ataupun akhir pekan selain koleksi binatangnya yang lumayan lengkap disana juga terdapat fasilitas lain seperti kolam renang dan fasilitas outbond.
Taman marga satwa ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.30 untuk tiket masuk ke kebun binatang ini anda hanya akan dikenai biaya sebesar Rp.12.000. Untuk akses ke lokasi juga cukup mudah Taman Marga Satwwa ini hanya berjarakn sekitar 1 km dari pusat kota.


05. BENDUNGAN PANGLIMA JENDRAL SUDIRMAN (WADUK MERICAN)


Waduk yang juga berfungsi sebagai pamasok listrik atau PLTA ini letaknya berada disebelah barat Banjarnegara kira-kira bserjarak sekitar 10 km dari alun-alun kota. Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik waduk ini juga dijadikan sebagai tempat wisata oleh oengelola setempat.
Disana anda dapat menikmati panorama danau dengan bingkai perbukitan sambil menikmati angin yang berhembus, selain itu buat anda yang hobi olah raga seperti golf disana juga tersedia lapangan golf yang letaknya tak jauh dari bendungan. 


06. SURYA YUDHA PARK


Selain wisata alam di Bajarnegara juga terdapat sebuah taman wisata yaitu Surya Yudha Park. Tempat wisata ini merupakan salah satu wisata air andalan yang ada di kota dawet ayu, dengan harga tiket yang sangat terjangkau dengan berbagai fasilitas yang memadai membuat taman yang satu ini sangat ramai dikunjungi pada weekend ataupun holiday.
Yang menarik menurut saya dari tempat ini yaitu adanya patung mirip Merlion dari Singapura dan juga Liberti dari New York yang dibangun oleh pengelola wisata ini. Memang tak semirip dan sebesar dari slinya namun penataan konsep adanya fasilitas lain seperti Hotel Berbintang, Sarana Olahraga dan juga outbon membuat tempat wisata ini tetap menjadi favorit warga Bajarnegara.


07. WISATA KULINER DAWET AYU BANJARNEGARA


Jalan-jalan ke suatu daerah gak lengkap rasanya kalo gak mencicipi kudapan khas daerah tersebut, kalo di Banjarnegara pasti sudah pada tahu makanan khasnya apa. Dawet Ayu selain menjadi julukan dari Banjarnegara minuman ini juga menjadi incaran para pelancong yang mampir ke kota ini.

Dawet ayu banyak terdapat di jalan raya Pucang - Banjarnegara tepanya berada disekitar Tugu Gilar-gilar untuk harga dari Dawet Ayu bisa didapat dengan harga Rp.5.000 rupiah saja per gelas.


08. KAWAH CANDRADIMUKA BANJARNEGARA


Karena letak geografisnya yang memang berada diketinggian Banjarnegara juga memiliki beberapa kawah yang masih aktif salah satunya yaitu kawah Candradimuka, disana anda dapat menyaksikan berbagai aktfitas luar biasa dari perut bumi seperti semburan air panas becampur belerang.

Nama kawah ini diambil dari nama tempat dari cerita pewayangan yaitu tepat dimana Gatot Kaca memperoleh kesaktianya. Kawah ini juga termasuk dalam jajaran kawah yang berada di dieng banjarnegara. 


09. TELAGA DRINGO BANJARNEGARA



Telaga Dringo mungkin masih adag sedikit asing di pikiran anda karena memang telaga ini masih belum begitu populer namun yang unik dari telaga ini adalah bentuknya yang mirip seperti Rano Kumbolo yang terdapat pada gunung semeru bahkan masyarakat setempat juga memberikan istilah "Rano Kumbolonya Dieng " pada tempat ini.
Tempatnya masih belum begitu ramai dikunjungi wisatawan sehingga membuat tempat ini tampak lebuh alami, untuk sampai ke lokasi anda harus menyusuri jalan setapak yang berkelok-kelok dengan pemandangan khas pegunungan. Untuk anda yang demen nge-trip wajib mencoba tempat ini.


10. KAWAH SILERI BANJARNEGARA


Selain kawah Candradumuka masih ada satu lagi kawah yang secara administratif masuk wilayah Banjarnegara kawah tersebut yaitu kawah Sileri. Terletak di Kec. Batur Banjarnegara, kawah ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu luasnya yang mencapai 4 hektar membuat kawah ini merupakan kawah terluas di Dataran Tinggi Dieng.

Kawah yang terletak di Lereng Gunung Pagergedang ini merupakan kawah Vulkanik yang masih aktif. Mulut kawah yang selalu diselimuti asap merupakan pertanda bahwa berbagai aktivitas Vulkanik masih terjadi disana. waktu yang tepat untuk mengunjungi kawah adalah pada pagi hari dimana embun disana masih menjadi air.


11. SUMUR JALATUNDA BANJARNEGARA


Sumur ini memang buka sumur buatan melainkan sumur alami yang terbentuk akibat letusan gunung ribuan tahun silam. Sumur dengan diameter sekitar 70 meter ini juga mempunyai 257 anak tangga yang harus dilewati ketika hendak menuju ke lokasi. 

Sumur Jalatunda tepatnya berada di desa Pekasiran Kec. Batur, Banjarnegara tempat ini memang sudah menjadi wisata andalan sejak tahun 2000 selin itu tempat ini juga masih mengandung misteri dan juga banyak mitos yang masih dpercayai waga sekitar.


12. KOMPLEKS CANDI ARJUNA BANJARNEGARA


Selain wisata alam, taman wisata dan juga topografinya yang unuk Banjarnegara juga dulunya merupakan tempat berlangsungnya kebudayaan Zaman Prasejarah, terbukti dengan adanya candi Arjuna yang berada di Dieng Banjarnegara.

Candi ini merupakan peninggalan kebudayaan hindu selain candi Arjuna disana juga masih terdapat candi lain seperti Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi sembadra yang kebanyakan namanya diambil dari nama tokoh perwayangan.

Kompleks Candi Arjuna ini m erupakan kompleks candi teresar yang ada di Dieng yang juga merupakan tempat diadakanya festival tahunan, Dieng Cultture Festival. 


13. KAWAH SIKIDANG BANJARNEGARA


Satu lagi kawah yang menarik untuk dikunjungi di Banjarnegara yaitu kawah Sikidang. Keistimewaan kawah ini dibanding lainya adalah lokasi kawah yang berada di tempat yang datar sehingga membuat kawah ini mudah dijangkau .

Seperti halnya kawah lain kawah ini juga mengeluarkan asap putih danmengandung belerang. Ynag haarus anda perhatika ketika berwisata kesini adalah gas yang keluar dari mulut kawah ini mengandung kadar belerang yang cukup banyak sehingga sangat disarankan untuk menggunakan masker ketika berada di tempat ini. 


14. TELAGA MERDADA DIENG BANJARNEGARA


Untuk anda yang tidak ingin berwisata ke tempat-tempat ramai mungkin anda akan menyukai telaga yang satu ini. Telaga ini memasng belum dikelola untuk tempat wisata komersil untuk itulah disana masih sangat sepi paling hanya akan dijumpai petani yang menggarap lahan mereka.
Meski belum ada yang mengelola, namun telaga ini tak kalah eloknya dengan telaga-telaga ataupun danau lanin di Dieng maupun banjarnegara, Airnya yang tenang dan jernih serta pemandangan bukit yang inda sangat cocok buat anda yang menginginkan suasana tenang.


15. MUSEUM KAILASA DIENG BANJARNEGARA


Museun yang diresmikan tahun 2008 ini sebenarnya merupakan perluasan dari gedung Arca. Koleksi dari museum ini diantaranya berisi peninggalan kebudayaan masyarakat Dieng kuno seperti prasasti Lingga & Yoni, peralatan dapur yang digunakan pada masa kuno serta replika-replika bangunan Candi yang pernah ada di Dieng.

Museum ini mulai beroperasi pada pukul 07.00 WIB - 16.00 denga tiket masuk yang hanya sebesar Rp.5.000 pengunjung yang masuk selain dapat melihat koleksi museum juga biasanya disuguhi denga film pendek berdurasi sekitar 12 menit yang secara singkat akan menjelaskan isi deri museum tersebut.



Selain tempat-tempat tersebut tadi sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang baik sudah dikelola maupun belum terkelola di Banjarnegara. Jika anda mempunyai rekomendasi atau ingin emnambahkan tempat wisata lain silahkan tulis di kolom komentar. Semoga tulisan saya kali ini dapat menjadi refrensi anda dalam berlibur, Sampai Jumpa !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad