Daftar Wisata Kuliner Favorit Banjarnegara Lengkap - Tempat Wisata Murah Banjarnegara - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Minggu, 21 April 2019

Daftar Wisata Kuliner Favorit Banjarnegara Lengkap - Tempat Wisata Murah Banjarnegara

DAFTAR WISATA KULINER FAVORIT BANJARNEGARA

Jalan-jalan ke suatu tempat memang kurang lengkap juka tidak mencicipi kudapan khasnya, dari masing masing daerah di Indonesia memang memiliki kekayaan kulinernya yang seolah tidak akan pernah ada habisnya.

Nah kali ini saya akan mengajak anda untuk menyambangi sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang juga memiliki makanan khas yang dijamiin mampu menggoyang lidah anda. Kab. Banjarnegara, sebuah kota kecil yang terletak antara Kab. Wonosobo dan juga Banyumas ini memang mempunyai makanan khas denag bumbu resep rahasia yang pastinya bakal bikin ngiler.

TEMPAT WISATA KULINER BANJARNEGARA

 

01. DAWET AYU BANJARNEGARA

Buat anda yang tinggal di Krasidenan Banyumas mungkin sudah perrnah dong icip-icip kudapan yang satu ini. Adawt ayu selain menjadi makanan favorit warga Banjarnegara namun juga dikenal sebagai Ikon-nya kota ini loh, karena inilah kemudia pemerintah Banjarnegara kemudian mendirikan patung Dawet Ayu yang terletak di alun-alun kota.

Dawet dengan balutan gula merah ini sangat mudah kita jumpai disepanjang jalan utama Kab. Banjanegara yang dibandrol hanya dengan seharga Rp.5.000 . Makanan khas ini terbuat dari campuran tepung beras dan tapioka yang direbus hingga mengental lalu kemudian dicetak dengan cetakan khusus yang akan membentuk bulir-bulir dawet yang kemudian disajikan dengan santan kelapa lalu dicampur dengan gula merah.




02. TEMPE MENDOAN KHAS BANJARNEGARA

Tempe dengan balutan terigu ekstrak irisan daun bawang ini paling pas bila disajikan dengan bumbu pedas seperti cabai dan kecap pedas dan dijamin bakal menggugah selera makan anda. Tempe mendoan sebenarnya hampir sama dengan tempe seperti biasanya cuman yang membuat beda adalah bentuknya yang lebih lebar serta tempe ini juga lebih tipis dibandingkan tempe-tempe yang mungkin sering anda jumpai. Tempe khusus untuk membuat mendoan ini orang sering menyebutnya dengan sebutan tempe lentreng, cara memasaknya pun berbeda yaitu dengan cara digoreng dengan api kecil setengah matang saja.

Makanan yang satu ini memang sangat mudah kita temukan di Bajnarnegara biasanya di pinggir-pinggir jalan pada sore atau malam hari dan harganya pun cukup murah kok hanya Rp.1000 saja.



03. MIE OKLOK BANJARNEGARA

Mie yang satu ini mungkin sudah sering terdengar karena memang sudah terkenal dikalangan wisatawan, yang unik dari mie ini yaitu cara pembuatanya yang dikocok dengan bumbu khas rahasia dan dicampur dengan sayuran seperti kol dan sawi.

Mie yang satu ini biasanya disajikan berbarengan dengan sate sapi yang dilimuri sambal kacang yang akan memberikan rasa pedas manis dan pasti hmm lezzaatt. Harga mie ini memang terbilang cukup mahal, namun sebanding deh dengan kenikmatanya yang pati akan menggoyang lidah.




04. BUNTIL KHAS BANJARNEGARA

Buat anda para pecinta makanan gurih dan pedas anda harus mencoba yang satu ini, Makanan bersantan dengan balutan daun singkong ini memang sudah menjadi primadona lidah warga Banjarnegara yang menyukai makanan gurih dan nikmat.

Buntil adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa yang telah dibumbui dengan bumbu khusus yang kemudian dibungkus dengan daun talas lalu dimasak menggunakan santan dan dibumbui dengan bumbu rempah yang memberikan rasa gurih. Buntul pada umumnya memang menggunaka daun talas namun khusus untuk di Banjarnegara mereka memasak buntil menggunakan daun singkong.

Makan ini paling nikmat bila dinsajikan bersama nasi panas atau ketupat. Kuliner yang satu ini memang tidak dijual khusus namun biasanya tersedia di  warung-warung makan disekitar Banjarnegara.



05. SOTO KRANDEGAN BANJARNEGARA

Soto memang banyak di temui di Pulau Jawa begitu pula di Banjarnegara, seperti halnya soto lainya, Soto Krandegan ini juga menggunakan ketupat dan juga toping yang biasa berupa irisan daging sapi ataupun telor dan sekilias sato yang satu ini hampir mirip dengan soto Betawi.

Soto Krandegan ini bisa anda jumpai di sekitar alun-alun Banjarnegara selain rasanya yang lezat harganya juga cukup terjangkau yaitu biasanya dibandrol dengan harga Rp.15.000 - Rp. 25.000. per porsi.



06. COMBRO BANJARNEGARA

Hobi ngemil? coba jajanan khas yang satu ini adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diparut kemudian digoreng dengan isian seperti tempe ataupun sayuran dengan rasa pedas manis dan juga asin. Combro ini palin nikmat dinikmatidengan secangkir es teh manis.

Makanan gurih ini bisa anda temui di Kec. Kalipalet Banjarnegara karena disana memang terkenal dengan keahlian pembuatan combro yang khas. Sekilas nama combro mungkin sudah tidak asing lagi karena di Bandung juga ada makanan yang sekilas mirip dengan yang satu ini namun di Bandung mereka menyebutua dengan sebutan Comro sedangkan di Banjarnegara mereka menambahkan huruf B dalam penamaan makanan ini.



07. APEM MADUKARA BANJARNEGARA

Makanan tradisional ini memang sudah terkenal di Banjanegara rasanya yang manis serta legit dalam kelembutan di setiap gigitan memang memeberikan sensasi makan yang khas, Apem madukara terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan telur kemudian ditambahi gula merah dan juga santan lalu dipanggan dengan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Selain menjadi jajanan khas, kudapan ini biasanya juga dijadikan pelengkap saat kirab ataupun arak-arakan hasil bumi yang biasanya berlangsung di alun-alun Banjarnegara. Sampai saat ini kue tradisional ini masih banyak yang memproduksi dan dapat ditemukan di toko oleh-oleh ataupun di pasar karena memang masyarakat setempat juga menjuliki si apem sebagai jajanan pasar.



08. JENANG SALAK BANJARNEGARA

Dodol dari Banjarnegara yang satu ini memang unik yaitu bahan dasarnya yang menggunakan salak pondoh yang memang melimpah di Banjarnegara khususnya daerah Karangkobar dan sekitarnya. Karena melimpahnya panen salak di kota inilah yang membuat para petani kemudian berinovasi mengolah salak menjadi dodol atau jenag.

Legitnya olahan salak ini dapat anda temui di sekitar Dieng - Banjarnegara yang biasanya di jual di toko oleh-oleh, mall kios ataupun pusat jajanan. Selain empuk rasa dari dodol ini juga manis dan memberikan aroma khas bunga kelapa (manggar) . Olahan salak di kota ini sebenarnya tidak hanya berupa dodol ada juga yang dijadikan kripik salak, aneka mnisan salak, asinan salak, kerupuk salak dll.





Nomongin makanan khas di Indonesia memang takan pernah ada habisnya dari sabang sampai merauke hampir di tiap-tiap daerah memiliki kudapan khasnya masing-masing. Indonesia yang kaya akan rempah-rempah memang membuat nenek moyang kita memiliki resep khas yang secara turun-temurun diwariskan sebagai budaya dan kekayaan wisata kuliner Indonesia.

Sudah sewajarnya kita mampu menjaga dan melestarikan kekayaan kuliner kita dengan memperkenalkanya kepada dunia bahwa kita ini kaya akan budaya. Semoga tulisan saya kali ini dapat menambah refrensi serta pengetahuan anda dan semoga kedepanya kuliner di Indonesia makin lestari sehingga kita jadi bangga Indonesia !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad