Parangtritis Yogyakarta - Wisata Bahari Menari Indonesia - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Minggu, 07 April 2019

Parangtritis Yogyakarta - Wisata Bahari Menari Indonesia

PARANGTRITIS YOGYAKARTA



Indonesia kita ini memang terdiri dari pulau - pulau dengan pantainya yang indah serta menarik untuk dikunjungi, dari sabang sampai merauke hampir disetiap pulaunya memiliki garis pantai yang menawan dan memang menjadi dastinasi wisata facorit dan pada kesempata kali ini saya akan mengajak anda mengunjungi pantai yang sangat fenomenal di Indonesia yaitu Pantai Parangtritis yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Pantai Parangtritis ini memang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di yogyakarta yang letaknya hanya sekitar 25 KM kearah barat kota Yogyakarta. Yang unik dari pantai yang satu ini yaitu disana terdapat Gumuk atau gundukan pasir pantai yang miripseperti padang pasir di timur tengah.

Selain terkenal dengan eksotisme pantainya yang begitu indah Parangtritis juga memiliki legenda ataupun mitos yang sampai saat ini masi dipercaya oleh masyarakat. Masyarakat percaya bahwa Pantai yang satu ini merupakan tempat singgah Nyai Roro Kidul yaitu penguasa laut pantai selatan dan ada juga mitos yang mengatakan bahwa pengunjung yang datang ke Pantai ini hendaknya tidak memakai pakaian berwarna hijau pucuk daun, karena warna ini merupakan warna kesukaan penguasa laut kidul dan barang siapa yang mengenakanya saat berkunjung ksesana, masyarakat percaya bahwa orang tersebut akan mendapakan petaka.

Selain itu ada juga legenda yang mengatakan bahwa penamaan pantai tersebut berkaitan dengan kisah pelarian Pangeran Dipokusumo pada zaman Majapahit, Konon dulu Pangeran Dipokusumo pada saat pelarian menemukan sebuah batu karang dengan tetesan air yang mengalir dai batu karang tersebut dan dari kisah inilah nama parangtritis diambil yaitu Parang yang berarti kaarang dan tritis atau tumitis berarti tetesan.

HARGA TIKET & RUTE PANTAI PARANGTRITIS


Untuk fasilitas dan juga sarana - prasarana disana juga sudah cukup memadai. Disana selain dapat menikmati keindahan pantai anda juga dapat mencoba wahana lain seperti :

  • Mengelilingi pantai menggunakan ATV
  • Meniki Kereta Kuda
  • Ataupun berkendara menaiki kuda
Selain itu untuk anda yang ingin bermalam disana juga terdapat penginapan dengan arga terjangkau atau anda yang ingin membawa pulang oleh - oleh khas kota Gudek ini disana juga banyak toko yang menjual jajanan khas, oleh - oleh ataupun pernak - pernik khas Yogyakarta.

Untuk harga tiket memasuki pantai Parangtritis juga tidak terlalu mahal yaitu hanya dengan Rp. 5.000.- per orang anda sudah dapat menikmati kenidahan pantai ini. sedangkan untuk akses rute menuju kesana juga sangat mudah, setidaknya terdapat 3 alternativ rute yang bisa anda coba :

  1. Lewat kecamatan Pundong
    Melalui jalur ini anda dapat kesana menggunakan kendaraan roda 4 maupun sepeda motor, Jalur alternatif ini memotong jalur dari jalan Parangtritis KM 17 kearah kiri setelah rumah sakit husada.
  2. Lewat kecamatan Imogiri
    Jalur alternatif ke 2 ini melalui kecamatan imogiri selain mudah untuk dilalui, jalura ini juga melewati berbagai wisata menarik lain.
  3. Lewat jaur selatan Gunung Kidul.
    Jalur ini memang merupakan jalur yang cukup jauh dan memutar namun ini bisa menjadi alternatif jika jalur lain mungkin mengalami kemacetan atau halangan lainya.
Dan demikian jalan - jalan kita hari ini dan semoga dapat menjadi refrensi anda untuk berwisata ke kawasan Pantai Parangtritis, selamat berakir pekan dan salam.

"  Parangtritis Yogyakarta "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad