Pesona Tersembunyi Gunung Lanang - Wisata Murah Banjarnegara - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Rabu, 24 April 2019

Pesona Tersembunyi Gunung Lanang - Wisata Murah Banjarnegara

PESONA TERSEMBUNYI GUNUNG LANANG




Gunung Lanang ( Mountain Boy ) adalah sebuah yang tgunung kecil yang terletak di Dusun Wiradrana Kec. Bawang Banjarnegara. Jika diukur menurut ketinggian memang gunung ini tidak sampai 600 meter diatas permukaan laut namun warga sekitar tetap menganggapnya sebagai gunung mungkin karena pengaruh kuno secara turun-temurun.

Mungkin masih benyak yang belum tahu letak atau keberadaanya tapi bagi kami anak-anak Desa Wiradrana sangat bangga akan keindahan Gunung kecil ini, Karena selain tempatnya indah, suasana desa yang asri dan teduh membuat saya betah berlama-lama disana. Kearifan budaya lokal, lahan pertanian yang menghampar sejauh mata menandang serta masyarakatnya yang ramah merupakan keelokan tersendiri bagi desa kami.

Terlepas dari itu Gunung Lanang juga menyimpan misteri dan mitos ataupun legenda yang secara turun-temurun dipercayai oleh warga sekitar. Masyarakat percaya bahwa Gunung Lanang dulunya adalah seorang pemuda yang dikutuk oleh orang tuanya karena berikeras mempertahankan cintanya yang tak direstui oleh orang tuanya tersebut dan masyarakat juga percaya bahwa gunung Tampomas ( Gunung Wadon ) adalah pasanganya. Memang sekilas dari bentuknya kedua gunung ini mirip seperti Lingga dan Yoni yang merupakan prasasti kuno berbentuk kelamin pria dan wanita, karena jika diartikan kedalam bahasa Indonesia menurut EYD Gunung Lanang berarti Gunung Laki-laki dan Gunung Wadon adalah Gunung Wanita mungkin ini masih ada kaitanya dengan sejarah masyarakat kuno, namun legenda asal mula penamaan kedua gunung ini masih belum diketahui secara akurat, mungkin nanti desa kami akan mengundang arkeolog untuk menelitinya.

Jika mengunjungi gunung ini selain anda dapat menikmati keindahan alamnya, disini anda juga bisa melakukan panjat tebing menggunakan akar-akar yang menjuntai disamping, karena memang jika kita ingin menuju ke puncaknya kita terlebih dahulu memanjat akar-akar tadi.

Ketika mencapai puncak selain dapat meliha pemandangan desa kami disana juga kita bisa melihat gunung-gunung lain seperti Gunung Merbabu, Gunung Lawe ataupun Gunung Perwinian yang akan membuat selfie anda terkesan Ekstrim dan eksotis tentunya.

Angin yang berhembus seakan membelai dengan bebatuan hitam sambil menikmati Sunset akan mebuat wisata anda menjadi lebih berkesan.Untuk mengunjungi temapat ini pun tanpa dipungut biaya apapun alias geratis.

Jika anda membawa kendaraan berupa mobil anda dapat memparkir kendaraan anda di Dusun Pedali kemudian berjalan kaki sekitar 25 namun jika anda membawa sepeda motor anda dapat membawa motor anda naik hingga ke Bukit Dengkeng, disana juga pemandanganya tak kalah indah anda dapat melihat perbukitan dengan lahan garapan berupa tanaman singkong, dari Bukit Dengkeng anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit.

Untu akses menuju Desa kami hanya berjarak 10 km dari alun-alun kota Banjarnegara, nanun anda harus berhati hati karena jalan menuju desa kami banyak jalanan yang menanjak selain itu jalan kesana juga masih sempit dan hanya muat untuk satu mobil ukuran Truk.


Tempat wisata ini sebenarnya masih belum dikelola dengan baik nanum tak jarang pula masyarakat luar kota banyak yang berekreasi ke tempat ini terutama pada hari-hari libur ataupun akhir pekan. Selain itu Gunung ini juga cukup ramai dikunjungi pada waktu bulan ramadhan ketika orang kebanyakan jalan-jalan menjelang buka puasa atau ngabuburit.

Selain Gunug Lanang tak jauh dari lokasi juga masih ada tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Gunung Tampomas atau Gunung Wadon ( warga sekitar menyebutnya ) yang masyarakat setempat juga percaya bahwa gunung ini adalah pasangan dari Gunung Lanang.

Pesona Tersembunyi Gunung Lanang - Wisata Murah Banjarnegara "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad