Strategi Kampanye PR - Analisi Situasi & Perencanaan Kampanye BKNN - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Minggu, 07 April 2019

Strategi Kampanye PR - Analisi Situasi & Perencanaan Kampanye BKNN

STRATEGI KAMPANYE PR
ANALISIS SITUASI & PRENCANAAN KAMPANYE BKNN

BAB I PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG
Narkoba adalah perusak bangsa paling berbahaya diseluruh dunia termasuk di Indonesia juga tidak luput dari bahaya narkoba. Untuk itu BKNN / BNN kini sedang gencar – gencarnya memerangi narkoba hingga ke akar – akarnya karena di Indonesia sendiri tercatat sebanyak 4,2 juta jiwa dinyatakan aktif sebagai pengguna narkoba.

Angka ini naik cukup signifikan hingga sampai 5,9 juta pada bulan November ini yang ironisnya sebagian besar pengguna aktif ini merupakan remaja yang seharusnya menjadi tiang penopang bangsa justru terjerumus kedalam jurang Narkoba. Berbagai faktor dikaitkan mulai dari faktor keluarga, lingkungan hingga pendidikan turut andail dalam penyebab makin maraknya pengguna narkoba.

BKNN di bantu dengan aparat kepolisian terus menerus mencari mata rantai perdagangan narkoba namun ini tidaklah cukup karena selama masih ada pemakai maka pengedar pun masih akan terus bermunculan . Untuk itu BNN dengan komitmenya terus mencoba mengalakan kampaye anti narkoba yang ditujukan untuk anak remaja di tingakat Sekolah Menegah dengan harapan dapat membawa perubahan bagi Indonesia.

BAB II PEMBAHASAN


A.    ANALISIS SITUASI

01.  Analisis PEST

Politik
Analisi Politik di Indonseia saat ini cukup stabil dan tidak memberi dampak pada OrganisasidalaMmmelakukan kegiatan kampanye
Sebagai organisasi non profit milik negara, situasi politik setabil seperti ini dapat memberi manfaat positif bagi BKNN

Ekonomi
  • Kondisi ekonomi Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan dikarenakan adanya sistem Amnesty Pajak namun ini tidak memberi jaminan akan terus bertahan
  • Kondisi ekonomi seperti ini tidak meberi dampak pada Organisasi non profit seperti BKNN 


Sosial
  • Masyarakat Indonesia saat ini sedang mengalami proses globalisasi dikeranakan invasi teknologi dan ini dapat berpengaruh terhadap perusahaan karena dapat membawa dampak pada penggunaan narkoba yang akan semakin marak karena efek Globalisasi yang semakin meluas.


Teknologi
  • Teknologi di Indonesia saat ini berkembang dengan sangat cepat dikarenakan penggunaan smartphone dan juga sosial media yang makin marak.
  • Ini dapat berpengaruh terhadap organisasi karena dapat menjadikan peredaran narkoba akan lebih marak dan sulit dikendalikan

02.  Analisis SWOT

Kekuatan ( Strength )
Kelemahan ( Weakness )


                 Dukungan pemerintah
           Mendapat dukungan dari masyarakat


  Mengontrol peredaran narkoba melalui        teknologi komunikasi
Peluang ( Opportunities )
Ancaman ( Threats )

          Peluang untuk memberantas narkoba dikalangan    Pelajar
           Sosialisi Bahaya Narkoba



  Pengedar narkoba

03.  Analisis Permasalahan

Peredaran narkoa di Indonesia kebanyakan diselundupkan melalui pelabuhan atau bandara internasional dan meskipun pihak BNN dibantu pihak bea & cukai dan POLRI berulang kali menggahalkan upaya penyelundupan ini namun mata rantai peredaran jaringan narkoba Internasional tetap menjadikan Indonesia yang dinilai sebagai pasar potensial.

Sasaran pengedaran narkoba belakanga ini mulai menyasar kepada kalangan pelajar yang dan bahkan pihak pejabat negara pun tak menutup kemungkinan menjadi sasaran empuk para pengedar. Seperti yang baru – baru ini ramai diperbincangkan adalah kasus Narkoba Gatot Braja Musti seorang tokoh sekaligus publik figur yang juga terjerumus kedalam jurang Narkoba.

04.  PERENCANAAN KAMPANYE


v  Nama & Tema Kegiatan
ü  Nama Kegiatan : Kampanye Sosial Penanggulangan Narkoba di Kalangan Pelajar
ü  Tema Kegiatan : Wujudkan Generasi Muda Indonesia yang Bebas Narkoba
v  Maksud & Tujuan Kegiatan
ü  Memberikan pemaham akan bahaya narkoba
ü  Memberikan pemahaman hukuman atas penggunaan narkoba
ü  Memberikan penyuluhan menghindari bahaya narkoba
ü  Mengajak untuk bahu membahu memberantas narkoba
v  Sasaran Kegiatan
ü  Instansi Pendidikan di Tingkat Menegah
ü  Siswa & Siswi Sekolah Tingkat Menegah
ü  Staf & Tenaga Pengajar
v  Waktu & Tempat Kegiatan
ü  Tempat : Seluruh SMA / SMU di JABODETABEK
ü  Waktu : Pada jam isturahat dan juga sepulang sekolah
v  Tekhnis Pelaksanaan
ü  Sambutan
ü  Penyampaian Materi
ü  Workshop tanggap narkoba
ü  Sesi Tanya Jawab
v  Media Publikasi
ü  Sepanduk “ Jauhi Narkoba “
ü  X Banner
ü  Projektor

BAB III PENUTUP


Geenersi muda adalah generasi yang sedang memasuki masa labil dimana pada masa inilah yang sangat rawan akan ancaman narkoba oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah kemudian BKNN mengadakan kampanye serta penyuluhan dengan target utamanya yautu untuk kalangan pelajar di Tingkat Menengah.

Namun semua ini akan lebih baik lagi jika kita masyarakat Indonesia mau bahu – membahu dan mengawasi setiap pergerakan mata rantai narkoba dan juga berpartisipasi dalam memberantas seluruh peredaran narkoba demi Indonesia yang lebih baik.
 " Strategi Kampanye PR "
" Analisi Situasi & Perencanaan Kampanye BKNN "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad