Tempat Wisata Tersembunyi Di Banjarnegara - Obyek Wisata Banjarnegara - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Senin, 22 April 2019

Tempat Wisata Tersembunyi Di Banjarnegara - Obyek Wisata Banjarnegara

TEMPAT WISATA TERSEMBUNYI BANJARNEGARA

Buat anda yang pernah berwisata ke Banjarnegara mungkin sudah tak asing lagi dengan daerah Dataran Tinnggi Dieng, daerah ini memang terkenal dengan kekayaan alam serta budayanya yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

Namun tahukah anda di Banjarnegara sendiri masih banyak loh tempat-tempat wisata yang belum banyak  diketahui orang. Kebanyakan dari tempat-tepmat ini memang masih belum dikelola menjadi tempat wisata komersial. Namun tempat-tempat ini gak kalah indah kok sama tempat wisata yang sudah populer sekalipun.

Karena belum dikelola sudah pasti dong masuknya pun geratis alias gak dipungut biaya apa-apa, buat anda yang gak terlalu seneng sama tempat wisata yang terlalu ramai mungkin ini bisa menjadi refrensi bagi anda untuk berwisata di sekitar Banjarnegara dengan buget yang dijamin termurah, langsung saja ini dia tempat-tempatnya.

01. CURUG GENTING GIRITIRTA



Tempat pertama yang belum banyak diketahui orang adalah curug Genting yang lokasinya berada di Kec. Pejawaran, Banjarnegara. Disana akan merasakan dinginya air pegunungan atau jika takut kedinginan anda juga bisa berendam di sumber air panas yang lokasinya tak jauh dari curug Genting ini.

Lokasi sumber air panas ini berjarak hanya sekitar 100 meter. Air panas tersebut memang mengandung kadar belerang yang tinggi yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Namun ketika anda kesana disarankan untuk mengenakan masker karena asap putih yang keluar dari sumber air panas tersebut juga mengandung kadar belerang yang cukup tinggi.

Curug denag ketinggian 70 meter ini sampai saat ini masih belum dikelola oleh masyarakat jadi akses menuju lokasi pun masih kurang memadai seperti jalan setapak yang masih susah untuk dilalui namun ketika sampai spot ini dijamin semua usaha anda akan terbayar dengan keindahanya.

Lokasi Curug ini hanya berjarak 35 Km ke arah utara dari pusat kota Banjarnegara  menuju Kec. Pejawaran setelah itu anda bisa memarkir kendaraan anda di Dusun Melikan. Sampai di Dusun ini anda dapat melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

02. GUNUNG TAMPOMAS BANJARNEGARA



Tempat wisata yang satu ini dulunya adalah Gunung namun pada masa penjajahan, pemerintah Belanda yang kala itu berkuasa meledakan gunung tersebut untuk kepentingan proyek Waduk Merican yang sampai saat ini masih berfungsi sebagai Pembangkit Listri Tenaga Air (PLTA)

Yang unik dari tempat ini adalah bebatuan bekas penambangan batu dan juga disana terdapat cekungan yang sekarang terisi dengan air sehingga menjadi danau berpagar bebatuan. Eksotisme bebatuan inilah yang banyak diminati wisatawan yang ingin mengabadikan moment di tempat tersebut.

Karena masih belum dikelola dengan baik, Akses ke lokasi ini pun juga masih kurang memadai namun di tempat ini anda bisa membawa sepeda motor anda hingga kesana namun anda harus melewati jalan bebatuan. Lokasi Tampomas dari alun-alun Banjarnegara hanya berjarak 7 km kearah selatan, disana anda dapat menaruh kendaraan anda di Dusun mendingin dan melanjutkan berjalan kaki dengan waktu sekitar 15 menit.

03. GUNUNG LANANG WIRADRANA



Tak jauh dari Tampomas kearah selatan sekitar 2 km ada satu spot wisata lagi yang memang belum terjamah wisatawan yaitu Gunung lanang, Gunung Lanang sebenarnya adalah bukit dengan materil Batu yang berada di Dusun Wiradrana Kec. Bawang, Banjarnegara. Meskipun seenarnya bukit namun masyarakat setempat tetap menganggapnya sebagai gunung.

Dari puncak Gunung Lanang anda dapat melihat landscape perdesaan yang indah dan juga gunung-gunung seperti gunung Lawe, Gunung Perwinian, Gunung Merbabu dll. ketika anda ingin mencapai puncak. terlebih dahulu anda harus memanjatnya hanya dengan menggunakan akar-akar yang menjuntai. Terbilang sangat ekstrim memang memamanjat gunung Bukit Batu dengan ketinggian lebih dari 100 m tanpa menggunakan alat pengaman namun ini menjadi keunikan tersendiri yang membuat Gunung ini ramai dikunjungi pada bulan ramadhan.

Untuk akses menuju lokasi dari Tampomas anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan menuju selatan sekitar 20 menit denag kendaraan. Untuk sampai dilokasi anda harus memparkir kendaraan di Dusun Pedali dan kemudian melanjutkan perjalanan sekitar 35 menit, disepanjang perjalan anda akan disuguhi landscape perbukitan yang menawan serta kearifan lokal yang akan memuat lelah anda terbayar ketika sampai di lokasi.

04. CURUG PLETUK BANJARNEGARA 


Banjarnegara memang mempunyai banyak curug ini dikarenakan letak geografisnya yang berada diantara 100 - 1000 meteer diatas permukaan laut serta topografinya yang berbukit-bukit membuat kota Dawet Ayu tersebut dikaruniai banyak Curug, terbukti dengan adanya curug yang satu ini.

Curug pletuk terletak di Kec. Pagedongan tepatnya di Desa Pesangkalan Curug yang satu ini memang agak berbeda dengan curug lain karena lokasinya yang memang tak begitu jauh dari permukiman warga. Air dari curug ini masih begitu jernih karena belum terkontaminasi oleh limbah manapun.

05. WADAS TUMPANG BANJARNEGARA

 


Wadas tumpang adalah sebuah bukit yang terdiri dari batu-batu besar yang tertumpuk secara alami oleh akar-akar pohon beringin yang melingkari bukit. Wadas dengan tinggi memiliki tinggi sekitar 80 meter. Rimbunya pepohonya selain membawa kesejukan juga membawa hawa mistis tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya dan masyarakat setempat juga mempercayai bahwa tempat ini memang angker.

Wadas tumpang terletak di Desa Majalengka Kec. Bawang, untuk menuju kesana anda dapat memarkir kendaraan anda di Dusun Kerikil dan berjalan kaki sekitar 40 menit disepanjang jalan setapak dan rimbunya pepohonan akan selalu menemani anda karena lokasinya memang agak jauh dari permukiman selain itu trek yang dilalui juga masih berliku-liku jadi jika anda kesina kenakanlah sendal gunung .

06. TELAGA MERDADA BANJARNEGARA

 


Buat anda yang demen suasana sunyi sepi sambil nge-camp mungkin Telaga yang satu ini cocok untuk anda sambangi di akhir pekan ataupun hari libur. danau merdada memang belum ada yang mengelola dan masih belum banyak yang tahu jadi jika anda berkunjung kesana anda mungkin tidak akan menemui wisatawan lain melainkan hanya petani yang menggarap lahan mereka.

Meskipun masih belum dikelola namun ke-eksotisanya tak kalah dengan danau terkenal lain airnya yang jernih sama sekali belum terkontaminasi dan juga perbukitan yang membingkai disepanjang mata memandang akan mebuat pikiran anda tenag berada disini jadi sangat cocok untuk ber-refrehing.

07. TAMAN REKREASI ANGLIR MENDUNG WATER PARK PAWEDEN



Taman Anglir mendung memang sebuah tempat rekreasi buatan, namun sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui tempat wisata yang satu ini. terletak di Desa.Paweden Kec. Karangkobar, Banjarnegara.

Taman rekreasi ini sebenarnya adalah taman berupa kolam renang namun disana pengelola juga menyediakan Bumi Perkemahan yang dapat menampung 200 tenda dan juga dilengkapi fasilitas lain seperti taman bermain anak-anak, penghinapan dll. Kelebihan dari taman rekreasi ini adalah letaknya yang setrategis dekat dengan jalan raya dan juga lokasinya berada dekat dengan hutan selain itu air yang digunakan untuk mengisi kolem renang pun merupakan air yang mengalir sehingga kejernihanya pun akan selalu terjaga

Akses menuju Anglir Mendung cukup mudah dengan jalan beraspal namun disini anda juga harus memperhatikan keselamatan karena jalan menuju kesana sangat menanjak denga tikungan-tikungan tajam. Lokasinya sekitar 18 km dari pusat kota Banjarnegara meunju ke Utara arah Kec. Karangkobar disepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan rimbunya pepohonan khas pegunungan yang akan selalu membawa hawa sejuk di perjalanan anda.

08. CURUG SIKOPEL

 


Dari sekian Curug yang sudah kita ulas masih ada satu lagi yang tak boleh ketinggalan, yaitu Curug Sikopel, Air terjun dengan ketinggian 75 meter ini terletak di kecamatan Pagetan atau lebih tepatnya di Desa Bandan.

Jika berkunjung pada pagi atau sore hari biasanya disana ada sekawanan kera yang mencari makan disekitar Air Terjun, Selain bisa menikmati pemandangan sekitar yang asri jika anda mandi air terjun Sikopel warga setempat percaya bahwa airnya dapat membuat awet muda.



Itu tadi sederet tempat wisata di Banjarnegara yang masih belum diketahui banyak orang, mungkin anda tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat tersebut atau mungkin akan merekomendasikanya ke teman anda. Semoga tilisan saya kali ini dapt memberi manfaat dan juga menjadi refrensi bagi anda. Salam !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad