Wisata Kampung Ahok - Wisata Belitung Kampoeng Ahok - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Sabtu, 13 April 2019

Wisata Kampung Ahok - Wisata Belitung Kampoeng Ahok

WISATA KAMPUNG AHOK
WISATA BELITUNG KAMPOENG AHOK

kampung ahok belitung

(Anindya Nuralifa | 2016) Jalan-jalan adalah suatu kebutuhan, selagi masih sehat, masih ada umur sayang jika kita sia-siakan. Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya sangat cocok dijadikan untuk tempat berwisata. Belitong atau disebut Belitung merupakan salah satu pulau di indonesia yang dulu tidak banyak diketahui. Berbeda dengan sekarang yang mulai dikenal oleh para wisatawan, bukan hanya lokal tetapi juga dari berbagai mancanegara.
                              
Provinsi kepulauan Bangka Belitung pun naik daun sebagai destinasi wisata. Lokasi kampung ini di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung dengan luas wilayah 54.630 hektar dan memiliki iklim tropis. Akses menuju Bangka Belitung pun sangatlah mudah. Jika wisatawan ingin menggunakan pesawat terbang, bisa terbang menuju bandara Has Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung. Sesampai di bandara, wisatawan bisa menggunakan jasa travel atau mobil pribadi, yang ditempuh melalui darat kurang lebih setengah jam.

SEJARAH KAMPORANG AHOK BELITUNG 


Awal mula dibuat nya wisata kampung ini, karena Ahok memiliki inisiatif agar masyarakat tidak hanya mengenal wisata alamnya saja tetapi dapat lebih mengenal dirinya  lebih dekat siapa keluarga Ahok, ibu dan bapak nya. Disini tempat kelahiran sosok bapak Basuki Cahya Purnama atau yang lebih akrab disapa Ahok dan rumah nya pun disini. Maka dari itu Belitung itu sendiri yang sekarang sudah banyak destinasi wisata baru yang wisatawan harus kunjungi. Sekarang pun komplek ini sudah menjadi desa wisata.

Kampung Ahok ini sekarang menjadi pusat oleh-oleh Belitung, beberpa yang dijual misalnya batik Belitung timur, madu, lada asli Belitung, hingga batu satam/meteroit yang dijual didalam nya. Dikampung ini dibangun juga replika keluarga besar Ahok dari tahun 1924. Ditempat tersebut kita dapat mengenal lebih jauh mengenai silsilah keluarga Ahok. Luas rumah Ahok mencapai 1 hektar di Belitung timur, tampak halaman rumah samping nya tempat ini dinamai sanggar batik Simpor karena bapak Gubernur juga memanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata lainnya untuk sanggar batik.

Selain membuat batik pengunjung pun bisa belajar membatik dan berbelanja bahan-bahan batik ditempat ini. Ditempat ini para pengunjung dapat melihat seperti apa rumah khas Belitung serta dapat bersantai sambil menikmati kuliner Belitung. Nama rumah khas Belitung adalah Rumah Panggung yang bahan pembuatan nya dari kayu. Rumah Ahok tersebut sempat direnovasi sebanyak 3 kali untuk memberikan kesan modern karena dulunya masih berupa rumah panggung.

 Di kampung ini juga dikenal dengan kota 1001 warung kopi nya, kopi O adalah nama salah satu minumaan khas di Belitung timur. Semua warung yang berjejer dipinggir jalan kota manggar menyediakan kopi o dengan menyajikannya buka 24 jam. Harga nya pun ga mahal, kita cukup membayar Rp.5000, sudah dapat menikmati segelas kopi. Masih banyak keindahan yang dapat kita nikmati di pulau Belitung sayang jika kita tidak berkunjung kesana, karena Belitung memiliki potensi yang sangat besar.

" Wisata Kamung Ahok - Wisata Belitung Kampoeng Ahok "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad