Wisata Tampomas Banjarnegara - Wisata Murah Banjarnegara - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Kamis, 25 April 2019

Wisata Tampomas Banjarnegara - Wisata Murah Banjarnegara

WISATA TAMPOMAS BANJARNGERA

Tompomas Banjarnegara

Tanpomas dahulunya adalah sebuah gunung yang terletak di Dusun Karang Jambu Kec. Pagedongan Kab. Banjarnegara - Jawa Tengah, namun karena keperluan untuk membangu bendungan waduk mrican, pemerintah Belanda pada zaman dulu kemudian meledakan gunung tersebut sebagai material pembangunan bendungan merican yang saat ini juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA ).

Selain bersejarah, bekas gunung ini juga sangat kental dengan legenda dan mitosnya yang sekarang masih dipercayai oleh masyarakat setempat dan karena ke-eksotisan bebatuan bekas ledakan puluhan tahun silam kini tempat ini juga menjadi tempat yang cukup ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun warga dari luar kota yang segaja datang atau mampir ke tempat tersebut.


LEGENDA TAMPOMAS BANJARNEGARA

 

Legenda atau mitos yang dipercayai sejak dahulu hingga sekarang yaitu konon dahulu kala ada seorang petapa yang mempunyai seorang putri yang cantik jelita, suatu ketika datang seorang pria yang ingin berguru kepada petapa tersebut sang petapa menyetujui pemuda tersebut menjadi muridnya namun seiring berjalanya waktu tumbuhlah cinta diantara si pemuda dan anak dari sei petapa tersebut.

Mengetahui hal tersebut ternyata orang tua dari si pemuda ternyata tidak merestui hubungan mereka dengan alasa karena putri dari si petapa berlatar belakang miskin. Namun si pemuda tetap berikeras dengan keinginanya meminang sang putri. Hingga akhirnya sang putri yang merasa cinta mereka tak bisa bersatu karena keadaanya yang miskin itu kecewa dan pergi dari rumahnya.

Sang pemuda yang mengetahui hal itu lantas mengejanya, namun orang tua dari si pemuda itu tahu dan membuatnya marah dan mengutuknya menjadi batu, si perempuan berlari ke arah desa Masaran yang kemudian dipercayai menjadi batu yang sekarang dikenal dengan Gunung Tampomas sedangkan sang pria yang juga dikutuk menjadi batu masih berada di perbatasan antara Desa Karang Jambu dan Wiradrana yng dipercayai menjadi Gunung Lanang.

Gunung ini sekarang semenjak diledakan mejadi tempat mencari nafkah warga setempat dengan menambang batu yang memang masih melimpah disana, dan juga hasil edakan ini menghasilkan ceruk-ceruk yang kemudian terisi air. Ceruk inilah yang kemudian membuat bekas gunung ini menjadi unik dan eksotis.
Selain anda bisa berwisata bagi anda yang senang memancing anda juga bisa memancing di cerukan besar yang terdapat air disana juga banyak terdapat ikan yang memang sengaja dilepas oleh warga sekitar.

Tampomas paling ramai dikunjungi wisatawan pada saat gari libur maupun akhir pekan, banyak pengunjung yang jauh-jauh dari luar kota yang penasaran dengan tempat ini, selain itu tempat ini juga paling ramai dikunjungi saat puasa disore hari warga sekitar suka mengunjungi tempat ini ketika ngabuburit atau jalan-jalan sore ketka bulan ramadhan.


RUTE MENUJU TAMPOMAS BANJARNEGARA

 

Wisata Tampomas Banjarnegara - Wisata Murah Banjarnegara
Rute Tompomas Banjarnegara

Wisata Tampomas jaraknya tak jauh dari pusat kota Banjarnegara yaitu hanya berjarak sekitar 5 km yang dapat ditempuh menggunakan mobil atau sepeda motor, ketika anda hendak mengunjungi spot wisata ini untuk anda yang mengendarai mobil saya sarankan untuk memarkir kendaraan anda di rumah warga Dusun Mendingin atau Karang Jambu dan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Untuk biaya masuk ketempat ini tidak dipungut biaya alias geratis namun bagi anda yang ingin membawa motornya ke lokasi hanya akan dikenai retribusi sebesar Rp.2.000 namun saya sarankan untuk berhati-hati karena jalan disana banyak yang rusak dan berbatu selain itu juga banyak truk membawa batu melintas jadi jangan sampai anda parkir motor sembarangan yaa..

Oyaa selain gunung Wadon, begitu warga setempat menyebutnya, tak jauh dari lokasi juga terdapat gunung lain yang dikenal dengan nama Gunung Lanang disini anda bisa melakukan pendakian tanpa harus menggunakan peralatan keamanan dan hanya menggunakan akar.

Mungkin lain kali saya akan berbagi lebih lanjut mengenai Gunung Lanan / Mountain Boy. semoga tulisan ini dapat menjadi refrensi dan juga informasi seputar wisata yang ada di Banjarnegara dan jika anda mengunjungi Tampomas jangan lupa mampir ke komunitas pecinta alam saya yaitu Wirapala yang berada tak jauh dari Tampomas tepatnya di Dusun Wiradrana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad