Eksotisme Wisata Alam & Budaya Bukit Baliem - Wamena Papua - Alfan.id

Campus Project Est. 2015

Update

Jumat, 28 Juni 2019

Eksotisme Wisata Alam & Budaya Bukit Baliem - Wamena Papua

EKSOTISME WISATA ALAM & BUDAYA
BUKIT BALIEM WAMENA PAPUA

Bukit Baliem - Merupakan tempat tinggal Suku Dani atau lebih tepatnya terletak di Desa Wosilimo yang berjarak sekitar 72 KM dari Wamena - Papua. Bukit Baliem atau yang lebih dikenal dengan Frand Baliem Valley ini merupakan salah satu kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Terletak diantara 1.600 - 1.700 Mdpl ini menjadikan suhu disana sangat digin di Pagi hari terutama pada musim kemarau. Dan letak geografisnya yang tepat berada di Lereng Gunung Jaya Wisaja ini membuat Eksotisme keindahan alam disana begitu kental dengan nuansa budaya penduduk setempat yang begitu menyatu dengan alam.

Keindahan Bukit Baliem ini nungkin dapat kita kenal lewat penggalan lirik lagu namun itu bukan sekedar syair belaka melainkan Bukit Baliem ini memang sangat indah. Disana kita akan menjumpai berhektar-hektar pada savana dengan gumpalan awan putih diatasnya.

wisata baliem, bukit baliem

Artikel menarik lainya :
1. Wisata Batu Night Spectacular Malang - Harga tiket dan Info Wisata
2. Wisata Bahari Lamongan (WBL) - Info Wisata dan Harga Tiket Masuk
3. Wisata Taman Safari Bogor - Harga Tiket dan Rute Wisata


WISATA BUDAYA BUKIT BALIEM


Yang tidak kalah menari di Baliem Valley adalah wisata budayanya yang akan memberikan ada sebuah perjalanan yang tak terlupakan. Disana kita dapat menyaksikan pertujukan adat kolosal lembah baliem yang mempertontonkan Tari dan Juga pertunjukan perang antar 3 Suku yaitu : Suku Dani, suku Yali dan juga suku Lani.

Pertunjukan adat ini bukan merupakan pertujukan yang dipertontonkan untuk keindahan semata melainkan memiliki simbol yang menandakan Kesuburan dan Kemakmuran yang digambarkan melalui perang antar suku.

Dari pertunjukan inilah kemudian muncul gagasan bernama "Festival Lembah Baliem" / "Baliem Valley Festival" yang rutin diadakan di tiap tahunya dan sudah diadakan secara turun temurun hingga sampai saat ini.

FESTIVAL LEMBAH BALIEM

festival baliem, wisat abaliem

Fetival ini diadakan rutin di tiap tahunya yang diadakan tepat pada peringatan Hari Kemerdekaan republik Indonesia yaitu tanggal 17 Agustus. Festival yang berlangsung dalam kurun wakti 3 hari ini sudah ada sejak tahun 1989 dan yang membuatnya unik adalah pembuakaan festival yang selalu dimulai dengan acara perang antar suku di pagi hari.

Keindahan alam yang begitu selaras dengan budayanya ini membuat Tempat ini selalu di minati para wisatawan Mancanegara yang ingin menyaksikan Festival Baliem. Budaya asli yang masih di pertahankan inilah yang membuatnya unik jadi jangan heran ketika kita berkunjung kita akan menemui orang asli suku dani dengan pakaian adatnya yaitu poteka.


AKSES MENUJU BUKIT BALIEM


Bukit baliem memang bukan merupakan daerah yang terisolir namun untuk mencapai kesana kita juga membutuhkan sedikit pengorbanan selain akan menguras sedikit dari ini kantung kita, untuk tiba dilokasi kita juga membutuhkan sedikit tenaga karena letaknya yang berada di lereng gunung serta daerah papua itu sendiri untuk akses transportasinya memang masih kurang memadai jika dibandingkan kota-kota besar di Indonesia.

Untuk mencapai lembah eksotik ini, pertama-tama anda harus menuju ke Propinsi Jayapura terlebih dahulu untuk selanjutnya menuju ke Wamena yang dapat anda tempuh menggunakan Pesawat. 

Namun jangan kaget ketikan Anda mungkin akan mendapati harga barang disana mungkin akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga barang di Jakarta atau kota besar lainya, Ini dikarenakan letak Wamena yang berada diperbukitan dan akses transportasi untuk membawa barang adalah dengan menggunakan pesawat sehingga harga makanan disini akan menjadi lenih mahal 2 x lipat atau lebih.

Keindahan baliem serta keunikan Budayanya ini merupakan kekayaan Bangsa Indonesia yang akan menjadi jati diri bangsa di mata dunia, sebagai warga Indonesia kita boleh bangga karena memiliki Bukit Baliem yang eksotis dan berbudaya.

Eksotisme Wisata Alam & Budaya Bukit Baliem - Wamena Papua "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad