[CONTOH] TUGAS ANALISIS MEDIA PUBLIC RELATIONS (COLATERAL)ANALISIS BROSUR RICHEESE FACTORY + PPT
ANALISIS MEDI PUBLIC RELATIONS
COLLETERAL ( BROSUR)
A. Detail Brosur :
- Perusahaan Pembuat : Richeese Factory
- Jenis Produk : Makanan
- Nama Produk : Richeese Black
- Waktu Rilis : Oktober 2019
Download Presentasi dari Analisis Brosur ini ada di : Download Analisis Brosur Richeese Factory (PPT)
Memperkenalkan konsep menu dari produk makanan dengan nuansa hitam kepada konsumen. Beberapa menu dengan nuansa hitam tersebut diantaranya adalah olahan keju dengan warna hitam, Ice Cream berwarna Hitam, Saus dan juga minuman dengan warna hitam.
Menurut Head Marketing PT Richeese Kuliner Indonesia mengatakan bahwa Richeese Black hadir sebagai persembahkan Richeese Factory yang berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan dan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen Indonesia.
C. Teknik Komunikasi
- Komunikasi Visual :
Brosur pada umumnya memang menggunakan teknik komunikasi visual yang khususkan untuk indra penglihatan dimana biasanya akan akan dicantumkan foto atau gambar produk, perusahaan, atau ilustrasi sebagai pemikat indra penglihatan.
Begitu pula dengan Brosur Richeese Black tersebut dimana sudah menggunakan konsep visual dengan warna hitam dan terdapat pula gambar dari varian produk pada richeese back tersebut. - Komunikasi Tertulis :Merupakan teknik komunikasi dengan mediun kata, kalimat maupun paragraf dalam menyampaikan pesan. Dalam Brosur Richeese Black, juga menggunakan teknik komunikasi tertulis dimana disitu terdapat unsur typografi yaitu dalam penulisan nama varian dari produk richeese black.
D. Kelebihan
- Dikemas dengan konsep kekinian yaitu dengan warna hitam yang banyak disukai generasi milenial.
- Memiliki potensi Viral Produk dengan konsep serba hitam baik media yang digunakan maupun produk yang dibuat ini berbeda dengan konsep makanan pada umumnya ini tentu menarik untuk dibahas dan memungkinkan orang untuk membahas dan membagikanya di media social.
- Mengundang rasa penasaran, masyarakat Indonesia saat ini memang serba kritis mengenai hal-hal menarik, sehingga dengan adanya konsep unik seperti ini memungkinkan orang akan mencoba produk tersebut.
Downlaod Analisis ini dalam versi Microsoft Word ada di : Download Analisis Brosur Riccheese Factory dalam file Microsoft Word
E. Kekurangan
F. Kesimpulan
Konsep hitam dalam makanan baik untuk media komunikasi maupun untuk produknya, di Indonesia memang jarang sekali digunakan mengingat filosofi dari warna hitam memang tidak tepat diterapkan untuk konsep makanan.
Tetapi ketika melihat perkembangan zaman saat ini orang lebih tertarik dengan sesuatu yang baru dan unik untuk diperbincangkan, terlepas dari kontroversi yang dihasilkan dari sebuah inovasi seperti Richeese black yang merupakan bentuk komitmen untuk terus inovasi kemungkinan Richeese ingin menciptakan sesuatu yang berbeda, unik sehingga lebih mudah dikenal orang.
Sebagai public relations kita harus mampu menciptakan konsep yang memiliki potensi viral sehingga perusahaan akan lebih mudah dikenal.
- Meskipun memiliki konsep kekinian namun warna hitam ini tetap menimbulkan kesan kotor atau tidak steril.
- Warna hitam merupakan warna yang kurang menggugah selera makan mengingat bahwa produk dari brosur tersebut adalah produk makanan tentu akan lebih baik jika menggunakan warna-warna cerah lainya yang akan lebih menggugah selera makan pada saat melihatnya.
F. Kesimpulan
Konsep hitam dalam makanan baik untuk media komunikasi maupun untuk produknya, di Indonesia memang jarang sekali digunakan mengingat filosofi dari warna hitam memang tidak tepat diterapkan untuk konsep makanan.
Tetapi ketika melihat perkembangan zaman saat ini orang lebih tertarik dengan sesuatu yang baru dan unik untuk diperbincangkan, terlepas dari kontroversi yang dihasilkan dari sebuah inovasi seperti Richeese black yang merupakan bentuk komitmen untuk terus inovasi kemungkinan Richeese ingin menciptakan sesuatu yang berbeda, unik sehingga lebih mudah dikenal orang.
Sebagai public relations kita harus mampu menciptakan konsep yang memiliki potensi viral sehingga perusahaan akan lebih mudah dikenal.
" [Contoh] Tugas Analisis Media Public Relations (Colateral) Analisis Brosur Richeese Factory + PPT "
Posting Komentar