JAWABAN SOAL MATA KULIAH ONLINE CYBER PR STIAMI
SEMESTER 7 CHAPTER 1&2


Tugas Mata Kuliah : Cyber Public Relations (Cyber PR)

Tanggal : 10/08/2019


Soal :

  1. Jelaskan secara gamblang dan berikan contoh dari ke 10 tantangan yang akan dihadapi oleh para profesional PR.
  2. Ranah mana yang paling menantang menurut anda ? 

Jawaban :

  1. A. Bertumbuhnya Hi-tech : Pertumbuhan teknologi tinggi memang mempengaruhi berbagai bidang dalam kegiatan Public Relations dimana seorang PR professional harus memiliki kualifikasi atau menguasai teknologi yang terus berkembang di berbagai bidang tersebut.

    Contoh : Dalam bidang Investor Relations, seorang PR harus dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam memberikan informasi-informasi seputar perusahaan kepada pihak inverstor seperti membuat website berisi newsroom khusus untuk investore misalnya.

    B. Globalisasi : Menjadi peluang besar untuk Public Relations dalam memperkenalkan / mencitrakan perusahaan kepada publik yang lebih beragam melalui kemudahan akses dan penyebaran informasi yang semakin global dan tanpa batasan.

    Contoh : Dengan membangun website dalam bahasa internasional (inggris) maka akan banyak orang dari berbagai Negara akan tahu tentang perusahaan tempat PR tersebut bekerja.

    C. Riset : merupakan kegiatan mencari fakta dimana riset ini biasa dilakukan PR sebelum menyusun sebuah strategi Humas maupun ketika mengukur efektifitas program yang sudah dijalankan. Disini PR dituntut untuk mampu melakukan riset yang objektif agar program yang akan dibuat berjalan sesuai tujuan.

    Contoh : PR melakukan Riset di Internet dengan menganalisis komentar positif maupun negatir terkait kegiatan atau program yang sudah dijalankan sebagai tolak ukur / parameter keberhasilan dari program tersebut.

    D. Edukasi : Publik Relations dituntut untuk mempunyai edukasi yang baik tidak hanya memiliki Soft Skil yang baik namun dia juga harus mengerti akan perusahaan yang dikelola mulai dari selu-belik sejarah dan lain-lain selain itu PR juga dituntut untuk mengetahui perkembangan budaya global yang saat ini sedang berkembang.

    Contoh : Kemampuan Bahasa inggris dari seorang PR akan membantu dalam melakukan analisis terhadap perusahaan lain di luar negri yang memiliki bidang sejenis sehingga PR dapat belajar banyak dari perusahaan tersebut.

    E. Recruitment : Berbicara mengenai PR tentu tidak bisa lepas dari Dunia Komunikasi dan ini memang memungkinkan orang diluar Studi PR untuk masuk ke ranah PR karena PR masih masuk dalam ranah komunikasi.

    Contoh : Seorang marketing komunikasi yang beralih profesi menjadi Profesional PR.

    F. Teknologi : Berkembanya teknologi harus dimanfaatkan oleh PR karena kedepanya orang akan melakukan banyak hal di Internet selain itu internet memungkinkan perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya besar dalam melakukan kegiatan PR seperti Membangun reputasi melalui website, branding, brand awareness dll.

    Contoh : PR membuat video company profile dengan membangun channel youtube maka biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan beriklan di periklanan konvensional.

    G. Taktik : PR harus menguasai taktik dalam menggaet audiens yang lebih segmented atau terarah sehingga lebih tepat sasaran dengan memanfaatkan teknologi seperti di internet ini memungkinkan PR lebih dapat menentukan target yang tepat berdasarkan segmentasi tertentu tidak seperti berpromosi atau beriklan di periklanan konvensional yang cendenrung heterogen terkait segmentasinya.

    Contoh : PR memanfaatkan fitur beriklan di Facebook yang memungkinkan kita menentukan target yang seusi, namun disini pesan yang ingin disampaikan juga harus sesuai dengan target audiens yang ingin disasar tersebut.

    H. Strategic Counsel : PR harus mampu menentukan Strategic Counsel (Penasihat Strategis) yang baik untuk menentukan keputusan karena keputusan yang dibuat tersebut bisa saja menyangkut reputasi perusahaan sehingga diharuskan tidak salah dalam mengambil langkah.

    Contoh : PR bekerja sama dengan Consultan PR dalam menentukan strategi Brand Awarnes dari suatu perusahaan.

    I. Etika : Bisa dibilang bahwa PR merupakan wajah perusahaan dimana ini sangat berkaitan erat dengan etika dimana jika Perusahaan melakukan kegiatan yang melanggar etika dan PR salah dalam memberikan pemahaman di masyarakat maka akan sangat berdampak buruk bagi citra perusahaan.

    Contoh : PR memberikan edikasi tentang pengelolaan limbah yang baik dari suatu perusahaan maka mayarakat akan berfikir bahwa perusahaan mempunyai etika yang baik terkait limbah.

    J. The Reputation of PR : Tidak hanya reputasi Perusahaan saja yang menjadi penting tetapi Reputasi dari Profesi PR itu sendiri tidak kalah pentingya, ini dimaksudkan agar para CEO atau pemimpin perusahaan dapat memahami posisi PR yang sangat erat kaitanya dengan reputasi perusahaan.

    Contoh : Seorang PR harus mempunyai reputasi baik, selalu berkomitmen dan bertanggung jawab atas apa yang diperbuat maupn yang diucapkan 

  2. Ranah Teknologi, karena dengan menguasai teknologi akan memungkinkan perusahaan untuk terus berkembang lagi kedepanya, terlebih lagi kita saat ini sedang mulai memasuki tahap Era 4.0 dimana teknologi terutama internet akan mendominasi di seluruh bidang. 

Soal :

Berikan contoh salah satu kegiatan Cyber PR, berupa informasi perusahaan untuk pihak external

Jawaban :

Public Relations menyediakan Rubrik khusus atau Kolom Khusus untuk pihak Eksternal yaitu Media / Pers dalam sebuah website dimana halaman ini biasanya berisi berita-berita seputar perusahaan yang biasanya menjadi bahan rujukan berita, maupun tambahan informasi bagi pers ataupun pihak eksternal.

Seperti PT Unilever yang menyediakan halaman khusus untuk berita atau pers.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama