PENGERTIAN E-MARKETPLACE, IKLAN DAN E-TAILING
Pertimbangan bergabung ke dalam E - Marketplace
- Kepemilikan (Ownership E-Marketspace)
Yang bertanggungj jawab penuh mengenai kelangsungan hidup E-MarketPlace. - Biaya (Costs)
Semua biaya yang mendukung seperti komisi,biaya kenggotaan, biaya lainya . - Kemudahan penggunaan/dukungan (Ease To Use/ Support)
mudah digunakan tanpa perlu pelatihan atau peralatan tertentu - Industri yang sesuai (Industry Fit)
Jenis usaha harus disesuaikan dengan marketplace sebagai kunci sukses - Partisipasi Marketplace (Marketplace Participation)
Adanya kesinambungan antar penjual dan pembeli - Keamanan/Privasi(Security / Privacy)
Marketplace yang baik harus memiliki sistem keamanan untuk mencegah pelanggaran privasi dan penipuan. - Pelayanan Lainnya (Other Service)
Layanan tambahan diberikan marketplace seperti layanan kualifikasi vendor - Proses Integrasi(Process Integration)
Proses bisnis antara pembeli dan penjual yang sesuai (klop) dengan Marketplace.
Baca juga: Manfaat, Tantangan dan Model Bisnis E-Commerce
Komponen E-Marketplace
- Konsumen (Consumer)
Setiap pengguna internet berpotensi untuk menjadi konsumen/pembeli dalam Marketplace - Penjual (Seller)
Pihak yang menjual barang/jasanya di Marketplace. - Barang (Product)
Produk/jasa yang dijual, baik berupa fisik atau digital - Front-End
Halaman muka web yang terlihat oleh user, meliputi: katalog , keranjang belanja, search engine dan payment gateway - Mitra Bisnis (Intermediaries)
Perantara yang menghubungkan antara penjual dan pembeli - Dukungan Pelayanan (Support Services)
Jasa pendukung, meliputi: pengesahan sertfikat, jaminan orang ketiga sampai penyedia layanan - Infrastruktur
Hal yang terkait dengan Marketplace, meliputi jaringan elektronik, hardware, software dll - Back End
Aktivitas yang berkaitan dengan pemenuhan pesanan, manajemen persediaan, pembelian dari suplier, proses pembayaran, packing dan pengiriman barang.
Faktor Sukses E-Marketplace
Karakteristik Produk- Tipe Produk
- Harga Produk
- Ketersediaan Standar Produk
- Informasi Produk
- Diperlukan Broker
- Intellegent System boleh menggantikan Broker
- Konsumen akan mencari penjual dengan harga yang murah
- Volume Rendah dengan margin keuntungan transaksi yang lebih tinggiKarakteristik Pembeli– Pembeli yang sesuai dengan selera
- Pembeli yang seperti pasien / selalu butuh
- Pembeli yang menganalisa
Jenis Konsumen
- Impulsive buyersKonsumen yang membeli produk dengan cepat
- Patient buyersKonsumen yang membeli produk setelah melakukan berbagai perbandingan atas harga, pemasok, model produk, maupun aspek lainnya.
- Analytical buyersKonsumen yang melakukan penelitian khusus sebelum membuat keputusan untuk membeli produk atau jasa tertentu.
- Window shoppersKonsumen yang hanya melakukan browsing.
Model Perilaku Konsumen
- Gender dan Umur
- tatus Perkawinan
- Tingkatan Pendidikan
- Etnicity
- Jabatan
- Pendapatan Rumah Tangga
- Kepribadian
- Karakteristik Gaya Hidup
Faktor konsumen dalam membeli
- Pemrakarsa ( Initiator )
- Pengaruh (Influencer )
- Kebutuhan
Segmentasi Pasar
- Segmentasi GeografiMerupakan pembagian pasar menjadi unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota dan kepulauan. Contoh : Coca-Cola memasarkan produk minumannya dengan merk tertentu hanya dijual di Jepang yaitu Sokembicha, Lactia, Georgia, dan Qoo
- IklanIklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. Perusahaan harus secara aktif berpartisipasi dalam semua jenis aktivitas internet seperti newsgroups, mailing list, dan bulletin boards.
Pelayanan Pelanggan
- Iklan harus berhubungan dengan proses orderingketika pelanggan tertarik setelah melihat iklan tersebut, item yang diiklankan harus bisa langsung dipesan dan dibayar.
- Strategi Menarik Perhatian Pengunjung ke Suatu Situs
- Tidak hanya mengandalkan situs web saja
Dalam menarik pelanggan tidak hanya mengandalkan E-Commerce saja, tetapi juga harus ditambah dengan media tradisional. - Padukan nama perusahan dengan nama situs webdengan memadukan nama perusahaan dengan situs web akan memudahkan pengunjung untuk mendatangi situs anda. Misalnya www.microsoft.com, www.ge.com
- Pastikan alamat situs web anda selalu muncul di lembar cetakan alamat Ecommerce anda harus tercantum di kop surat, amplop brosur, kartu nama, papan nama, stiker dan lainnya.
Pelayanan pengiriman untuk pelanggan pada internet
Mengacu pada pembelian online di Amazon.com, dimensi kualitas pelayanan dicontohkan sebagai berikut :- TangiblesTampilannya rapi dan tersusun baik, ada catalog, mudah digunakan dan mudah dipahami.
- ReliabilityProduk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan
- ResponsivenessTersedia panduan yang membantu saat terjadi error dan memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah.
- AssuranceAdanya layanan untuk mendampingi pelanggan dalam memasuki suatu proses dan juga adanya layanan tambahan seperti rekomendasi dan vendor.
- EmpathyAdanya personalized service, seperti personalized content, sambutan secara personal, dan email pribadi.
Iklan
Alasan Beriklan di internet- Iklan dapat diupdate setiap waktu dengan biaya minimal, karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa tampil baru.
- Iklan dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
- Iklan pada E-Commerce dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
- Manfaat internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.
Enam Metode Webvertisinga.
A. Banners.Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan di Internet. Ada 2 jenis banner :
- Keyword BannerKeyword Banner muncul ketika dilakukan query atas satu kata pembuka dari search engine.
- Random BannerRandom banner muncul secara acak.
B. Splash screen
Splash screen adalah halaman pertama dari sebuah website yang digunakan untuk menarik perhatian para pemakai internet untuk jangka pendek sebagai promosi atau wahana untuk memasuki homepage situs.
C. Spot leasing
Search engines biasanya menyediakan ruang (spot) dalam homepage-nya untuk disewakan kepada setiap pelaku bisnis yang berminat.
D. URL (Uniform Resource Locator)
Rangkaian karakter menurut standar format tertentu, yang digunakan untuk menunjukan alamat suatu situs. Setiap orang bisa mendaftarkan URL-nya di search engine tertentu.
E. E-mail
Cara lain untuk beriklan di internet adalah membeli daftar alamat e-mail yang kemudian dijadikan sumber informasi untuk keperluan pengembangan database pelanggan.
F. Chatting room
Fasilitas chatting room merupakan ruang diskusi interaktif secara virtual antara sejumlah partisipan mengenai apa saja, termasuk promosi produk.
Baca juga: Membangun Infrastruktur dan Apliaksi E-Commerce
E-Tailing (ElectronizcRetailing)
Adalah suatu perantara penjualan, seorang penjual yang beroperasi antar pelanggan dan pabrikan. Atau pemanfaatan e-commerce untuk keperluan membuat toko eceran.Contoh: www.amazone.com, www.walmart.com,www.tesco.com
Karakteristik Keberhasilan E-Tailing
- Content dari websiteYaitu tampilan dan juga kemudahan yang didapatkan dari sebuah situs
- Komunitas dalam internetDimana setiap pelaku bisnis e-tailing harus mampu membangun komunitas khusus dalam situsnya. Komunitas yang dibangun antara lain didasarkan pada : Kesamaan hobi Kesamaan minat Kesamaan pengalaman Kesamaan keperdulian Kesamaan regional wilayah tempat tinggal, dll
- KomersialisasiYaitu menyangkut segala sesuatu yang ditawarkan untuk menarik konsumen agar bersedia melakukantransaksi pembelian.
Terdapat 4 konsep dasar model bisnis e-tailing yang dikemukanan oleh Calkins
1. Chanel Support
Usaha untuk meningkatkan penjualan tambahan dengan cara memanfaatkan pengecer yang menggunakan internet untuk mendukung distribusi yang ada. Contohnya : mirip toko
kelontong
2. Category Killer
Adalah pengecer yang menawarkan kelengkapan untuk kategori yang bersangkutan meskipun sebenarnya spesialisasinya adalah pengecer untuk satu macam produk saja. Contohnya: Home Depot (home improvement), Toys R Us (mainan anak-anak), dan lain-lain.
3. Auctioner
Dikenal sebgai perusahaan yang melakukan transaksi lelang online. Pedagang melakukan content (produk yang ditawarkan, informasi rinci, dan harga penawaran).
4. Vertical Portal
Bisnis ini melibatkan beberapa merchant yang memiliki modal yang sangat kuat, merk yang terkenal, skala bisnis yang besar, dan kredibilitas yang meyakinkan. Contoh pelaku bisnis ini dapat ditemukan di www.pikenet.com
Permasalahan E-Tailing
1. Profitability- Mengalami kerugian pada tiap-tiap penjualan yang dilakukan, ketika mencoba untuk tumbuh dalam ukuran dan skala mencari keuntungan.
- Dasar Pendapatan dan biaya tidak jelas
- Sukses Jangka Panjang memerlukan kelangsungan hidup keuangan
2. Manage New Risk Exposure
- Perusahaan lokal bertentangan dengan pelanggan lokal dan peraturan lokal
- Perusahaan nasional mempunyai unsur lebih
- Perusahaan global berhadapan dengan banyak perspektif budaya
3. Branding
Sebagai pengarah sebagai pendorong kearah belanja yang berlebihan
4. Starting with insufficient funds
Memulai usaha dengan dana yang tidak cukup
5. Keep In Interesting
Design yang Statis akan mati, Web Site yang Dinami dengan informasi database yang besar, kebanyakan berupa permohonan dari customer.
Penelusuran yang terkait dengan Pengertian E-Marketplace, Iklan dan E-Tailing
contoh e-marketplace
komponen e-marketplace
perbedaan e-marketplace dan e-marketspace
pengertian e-marketspace
tipe-tipe e-marketplace
pengertian e-marketplace menurut para ahli
e-market space adalah
contoh e-tailing
Posting Komentar